Home » Kongkow » Beasiswa » Beasiswa Korea 2022 Full (GKS/KGSP) untuk S1 dan Diploma

Beasiswa Korea 2022 Full (GKS/KGSP) untuk S1 dan Diploma

- Sabtu, 25 September 2021 | 10:01 WIB
Beasiswa Korea 2022 Full (GKS/KGSP) untuk S1 dan Diploma

Mungkin Anda salah satu yang menantikan Beasiswa Pemerintah Korea 2022 ini. Global Korea Scholarship (GKS) atau Korean Government Scholarship Program (KGSP). Kali ini beasiswa GKS/KGSP ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin menempuh kuliah diploma atau sarjana di universitas-universitas Korea. Beasiswa disediakan full yang menanggung kebutuhan selama studi di Korea.

Pendidikan berlangsung sekitar dua hingga tiga tahun untuk diploma (associate degree)  dan empat hingga enam tahun untuk sarjana (bachelor's degrees). Plus akan menjalani kursus bahasa Korea sekitar setahun sebelum perkuliahan. Sehingga durasi total sekitar 3 atau 4 tahun untuk diploma dan 5 sampai 7 tahun untuk S1.

Khusus bagi pelamar Indonesia, ada tiga jenis beasiswa KGSP 2022 yang bisa dilamar. Yakni beasiswa diploma (setara D2), beasiswa S1 khusus jurusan natural science dan engineering via Universitas regional di Korea, dan beasiswa S1 via Kedubes Korea di Jakarta.

Beasiswa diploma (associate degree) menyediakan kuota sebanyak 35 beasiswa dan terbuka bagi 17 negara anggota ODA. Dari total kuota beasiswa diploma tersebut, Indonesia kebagian 2 kursi beasiswa. Selanjutnya, beasiswa S1 khusus jurusan natural science dan engineering via universitas regional Korea tersedia 60 kursi beasiswa keseluruhan untuk 72 negara. Di kategori beasiswa S1 via universitas ini, Indonesia kebagian 3 kursi beasiswa. Pendaftaran untuk kedua jenis beasiswa tersebut diajukan langsung ke universitas yang ada di Korea.

Terakhir beasiswa S1 via Kedubes Korea. Total beasiswa disediakan sebanyak 115 kursi yang dibagi untuk 67 negara. Khusus Indonesia, tersedia 5 kursi beasiswa melalui Kedubes Korea ini. Pendaftarannya melalui Kedubes Korea di Jakarta. Jadi, secara keseluruhan kuota beasiswa KGSP 2022 untuk pelamar Indonesia dari tiga kategori di atas sebanyak 10 kursi beasiswa.

Selain ditanggung biaya pendidikan penuh selama masa studi, juga disediakan biaya kursus bahasa Korea selama 1 tahun, kemudian diberikan tunjangan hidup bulanan sebesar 900 ribu won, tunjangan kedatangan 200 ribu won, tunjangan pemulangan 100 ribu won, asuransi kesehatan, dan tentunya tiket pesawat ke Korea dan kepulangan setelah menyelesaikan studi. Yang menarik, beasiswa Korea 2022 ini juga menyediakan tambahan tunjangan 100 ribu won per bulan selama kuliah jika Anda memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) level 5 atau 6 setelah terdaftar di universitas Korea.

Universitas Tujuan Associate degree (diploma):
1. Chejuhalla University
2. Dong-Ah Institute of Media and Arts
3. Inha Technical College
4. Kyungbok University
5. Yeungjin University
6. Yeungnam University College

Universitas Tujuan S1 Jurusan Natural Science dan Engineering:
1. Busan University of Foreign Studies
2. Chungnam National University
3. Chonnam National University
4. Daegu University
5. Daejeon University
6. Dongseo University
7. Handong Global University
8. Hannam University
9. Inje University
10. Jeju National University
11. Kangwon National University
12. Keimyung University
13. Kongju National University
14. Konyang University
15. Kyungpook National University
16. National Korea Maritime & Ocean University
17. Pai Chai University
18. Pukyong National University
19. Pusan National University
20. Semyung University
21. Silla University
22. Soonchunhyang University
23. Sun Moon University
24. Sunchon National University

Universitas Tujuan S1 (Via Kedubes):

Tipe A: 
1. Ajou University
2. Dongguk University
3. Duksung Women's University

4. Ewha Womans University
5. Hanyang University

6. Konkuk University
7. Kookmin University
8. Korea Polytechnic University
9. Korea University
10. Kyung Hee University
11. Seoul National University
12. Seoul National University of Science and Technology
13. Sookmyung Women's University
14. Sungkyunkwan University
15. Yonsei University

Tipe B:

1. Busan University of Foreign Studies
2. Chungnam National University
3. Chonnam National University
4. Daegu University
5. Daejeon University
6. Dongseo University
7. Handong Global University
8. Hannam University
9. Inje University
10. Jeju National University
11. Kangwon National University
12. Keimyung University
13. Kongju National University
14. Konyang University
15. Kyungpook National University
16. National Korea Maritime & Ocean University
17. Pai Chai University
18. Pukyong National University
19. Pusan National University
20. Semyung University
21. Silla University
22. Soonchunhyang University
23. Sun Moon University
24. Sunchon National University

Persyaratan:
1. Merupakan warganegara dari negara yang ditawarkan beasiswa (salah satunya Indonesia)
2. Berusia di bawah 25 tahun per 1 Maret 2022 (Lahir setelah 1 Maret 1997)
3. Memiliki kesehatan yang baik, jasmani maupun rohani
4. › Pelamar yang telah lulus (atau bakal lulus) dari SMA/sederajat bisa mendaftar ke jenjang sarjana atau diploma. Kemudian pelamar yang telah lulus (atau bakal lulus) dari diploma bisa mendaftar ke jenjang sarjana.
   › Pelamar yang bakal lulus paling lambat 28 Februari 2022 harus mengirimkan surat keterangan lulus terlebih dahulu. Ijazah resmi dan transkrip nilai akhir dikirim (menyusul) ke GKS Center, NIIED paling lambat 28 Februari 2022.
5. › Memiliki nilai rata-rata komulatif 80 persen atau lebih dari skala 100 poin atau berada dalam peringkat 20 persen terbaik selama SMA/sedarajat atau diploma (IPK: 2.64/4.0, 2.80/4.3, 2.91/4.5, atau 3.23/5.0)
6. Belum pernah menerima beasiswa dari pemerintah Korea sebelumnya

7. Bagi yang lulus SMA di Korea (termasuk sekolah internasiona di Korea) atau memiliki gelar sarjana tidak dapat mendaftar ke program ini
8. Pelamar hanya boleh memilih satu jalur pendaftaran, melalui Kedubes Korea atau langsung ke universitas. Pelamar hanya boleh memilih satu universitas dan satu jurusan untuk pendaftaran beasiswa melalui universitas.

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi yang telah diisi (form 1)
2. Personal statement (form 2)
3. Rencana studi (form 3)
4. Satu surat rekomendasi, bisa dari kepala sekolah, guru, atau pembimbing (form 4)
5. Perjanjian pelamar GKS (form 5)
6. Penilaian kesehatan diri (form 6)
7. Salinan ijazah SMA/sederajat atau surat keterangan lulus (SKL)
8. Salinan transkrip nilai sekolah
9. Bukti dokumen kewarganegaraan pemohon (contoh: akte kelahiran, kartu keluarga)

10. Bukti dokumen kewarganegaraan orang tua pemohon (contoh: akte kelahiran, kartu keluarga)
11. (Opsional) salinan sertifikat kemampuan bahasa Korea (TOPIX) atau salinan skor sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL, TOEIC, atau IELTS)
12. (Opsional) penghargaan dan sertifikat lainnya
13. (Opsional) copy paspor pelamar

* Ctt: Form 1, form 2, form 3, form 4, form 5, dan form 6, bisa Anda peroleh di laman Kedubes Korea overseas.mofa.go.kr. Buka laman tersebut, unduh dokumen yang diperlukan, termasuk panduannya. Formulir yang dibutuhkan tertera di dalam formulir aplikasi. Silakan gunakan laptop untuk memudahkan.

Pendaftaran:

Pendaftaran beasiswa GKS atau KGSP 2022 dilakukan sesuai dengan jenis beasiswa dan jenjang yang ingin dilamar, baik untuk S1 maupun diploma. Silakan simak detilnya dan pilih salah satu:

▪ Associate degree (diploma)
Pendaftaran beasiswa dilakukan di masing-masing universitas (mulai September 2021). Pelamar harus mengecek langsung instruksi pendaftaran beasiswa tersebut di laman web universitas yang diminati termasuk mengajukan dokumen aplikasi di atas. Perlu diingat, pelamar hanya boleh mengajukan di satu universitas Korea saja. Unduh panduannya. Link universitas untuk jenjang Associate degree juga tertera di laman Kedubes Korea di atas. Deadline pendaftaran diputuskan oleh masing-masing universitas.

▪ Sarjana (S1) Jurusan Natural Science dan Engineering via Universitas
Pendaftaran beasiswa S1 jurusan natural science dan engineering dari KGSP juga dilakukan langsung di universitas Korea. Siapkan dokumen aplikasi yang diperlukan kemudian ajukan ke universitas Korea yang diminati. Silakan dicek langsung ke website universitasnya mengenai deadline pendaftaran (September - Oktober 2021. Petunjuk lebih lanjut juga tertera di panduan beasiswa dan link universitas pada laman Kedubes Korea di atas.

▪ Sarjana (S1) via Kedubes Korea
Bagi Anda yang ingin mendaftar beasiswa GKS melalui Kedubes Korea. Siapkan dokumen aplikasi yang dibutuhkan di atas. Buat satu (1) rangkap (asli/legalisir). Khusus untuk Surat Rekomendasi diminta satu (1) asli dimasukkan ke dalam amplop.

Jika sekolah menggunakan skala penilaian yang berbeda dari yang disyaratkan, harap melampirkan surat keterangan dari sekolah mengenai sistem penilaian yang digunakan.

Dokumen diterjemahkan ke dalam bahasa Korea atau Inggris jika dokumen asli menggunakan bahasa Indonesia. Susun semua dokumen aplikasi menggunakan kertas ukuran A4 sesuai dengan checklist. Khusus pendaftaran beasiswa S1 melalui Kedubes Korea ini, pelamar bisa memilih 3 universitas dan 3 jurusan berbeda yang ada di Korea.

Kirimkan dokumen aplikasi beasiswa di atas via pos ke alamat:

[ Full Name ]
2022 Global Korea Scholarship
Embassy of the Republic of Korea
JL.Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950
Tel : 021-2967-2555

Silakan isi nama Anda pada kolom "Full Name". Setelah mengirimkan dokumen aplikasi, isi juga formulir online untuk database pelamar di sini (https://forms.gle/). Dokumen aplikasi sudah harus diterima paling lambat 1 Oktober 2021 pukul 17.00. Wawancara akan digelar antara 10 Oktober 2021 (tentatif). Hasil seleksi tahap pertama akan diumumkan Kedubes Korea pada 22 Oktober 2021. Kemudian hasil seleksi tahap kedua diumumkan oleh NIIED pada November 2021. Kemudian seleksi putaran ketiga oleh pihak universitas pada Desember 2021. Selanjutnya diikuti pengumuman hasil final juga pada Desember 2021.

Kontak:

[t] 021-2967-2555 

[e] [email protected]

[w] https://overseas.mofa.go.kr/id-id/index.do 

[w] https://www.studyinkorea.go.kr

Cari Artikel Lainnya