Home » Kongkow » Biologi » Kelainan pada Tulang Manusia

Kelainan pada Tulang Manusia

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 07:00 WIB
Kelainan pada Tulang Manusia

Hai teman-teman, tahukah kalian saat kita melakukan aktifitas yang tertentu dan lumayan berat itu akan menyebabkan tulang dan otot kita lama kelamaan mengalami kelainan lho. Memang ada beberapa kasus kelainan pada tulang itu dikarenakan cacat sejak lahir, namun ada juga hal tersebut karena kegiatan kita sendiri. Nahh berikut ini adalah beberapa macam bentuk kelainan pada tulang manusia.

Macam-macam Kelainan pada Tulang

1. Patah Tulang/ Fraktur

Kondisi terputusnya tulang keutuhan susunan tulang pada tubuh manusia yang bisa disebabkan oleh kecelakaan, baik kendaraan bermotor atau jatuh.

Dibedakan menjadi 2 yaitu fraktura yang tertutup (patah tulang yang tidak sampai merobek kulit/otot) dan fraktura yang terbuka (patah tulang yang merobek/menembus kulit/otot).

2. Osteoporosis

Kelainan pada tulang yang disebabkan karena adanya pengeroposan tulang. Hal ini karena tubuh kekurangan kandungan kalsium secara normal. Osteoporosis terjadi ketika kepadatan tulang berkurang, sehingga menjadi sangat rapuh. Kondisi ini membuat tulang menjadi rentan patah, terutama di bagian pinggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang.

3. Lordosis

Orang dengan lordosis tulang belakangnya melengkung ke depan. Secara normal, tulang belakang manusia memang melengkung. Namun pada penderita lordosis lekukan terlalu menjorok ke depan.

Lordosis juga bisa terjadi karena berbagai sebab. Seperti, terjadi pergeseran ruas tulang, cedera tulang, atau obesitas.

4. Skoliosis

Kelainan ini membuat tulang belakang tampak melengkung ke samping. Sehingga tulang belakang seperti huruf S atau C. Orang yang skoliosis biasanya tampak dari tidak sejajarnya bahu dan pinggul dan postur tubuhnya tampak miring. Penyebabnya bisa bermacam-macam.

Contoh kelaina tulang Skoliosis diantaranya bawaan lahir, cedera tulang, atau penyakit tulang lainnya.

5. Kifosis

Orang dengan kifosis ini tampak dari postur tubuhnya yang bungkuk. Tulang belakang melengkung ke depan dan tampak bungkuk.

Kadang tulang belakangnya tampak menonjol di punggung. Kelainan ini bisa terjadi karena berbagai sebab seperti keropos tulang, membawa beban terlalu berat, obesitas, sikap tubuh yang kurang baik, atau penyakit lainnya.

Pada orang yang sudah tua, kifosis biasanya disebabkan oleh pengeroposan tulang.

6. Cedera tulang

Cedera pada tulang bisa terjadi akibat kecelakaan, jatuh saat olahraga, atau karena tertimpa benda-benda tertentu. Cedera ini biasanya menyebabkan patah tulang, sendi geser, nyeri otot, hingga otot sobek. Cedera tulang dibagi menjadi dua, yaitu akut dan kronis.

• Cedera tulang akut

Contoh cedera tulang akut adalah keseleo dan patah tulang akibat sesuatu yang terjadi secara mendadak, seperti kecelakaan. Gejala cedera tulang akut di antaranya adalah muncul nyeri secara tiba-tiba, bengkak, memar, tulang tidak bisa digerakkan, atau bahkan terlihat jelas terjadi pergeseran tulang dan patahan tulang.

• Cedera tulang kronis

Sementara itu cedera tulang kronis adalah cedera yang terjadi karena tekanan terus menerus di satu tulang, akibat olahraga atau melakukan aktivitas fisik dalam jangka panjang. Kondisi ini sering terjadi pada para atlet.Gejala cedera kronis antara lain adalah nyeri tajam saat melakukan olahraga, muncul nyeri tumpul saat posisi istirahat, dan pembengkakan.

Nahh otakers, itulah 6 bentuk kelainan pada tulang manusia. Penderita kelainan tulang ini, sebaiknya melakukan pengobatan, terapi, atau konsultasi pada dokter spesialis tulang. Dan penting juga untuk menjaga pola hidup sehat seperti rajin olahraga, berjemur pagi hari, dan cukup kalsium.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya