Home » Kongkow » Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan » Latihan yang Bisa Membuat Perut Menjadi Sehat

Latihan yang Bisa Membuat Perut Menjadi Sehat

- Sabtu, 30 April 2022 | 11:00 WIB
Latihan yang Bisa Membuat Perut Menjadi Sehat

Aktivitas fisik untuk membuat perut menjadi sehat tergolong mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Selain membuat perut menjadi sehat, latihan mengecilkan perut juga merupakan salah satu upaya untuk menjalankan diet.

Namun untuk memperoleh perut yang sehat, menjalani aktivitas fisik saja tidak cukup. Latihan harus diiringi dengan penerapan pola hidup sehat, misalnya mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan menghindari diri dari penggunaan rokok dan alkohol.

Berikut Latihan yang bisa membuat perut sudah menjadi sehat, diantaranya:

Sit Up

Gerakan sit up disebut bisa membentuk perut menjadi rata jika dilakukan secara rutin. Gerakan ini membantu mengencangkan otot perut, terutama bagian atas. Ada baiknya melakukan gerakan ini selama 30 kali dalam satu sesi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Senam Zumba

Selain sit up, ada satu latihan yang mudah dan seru untuk kalian coba yaitu senam zumba. Senam zumba adalah latihan fisik yang memadukan kombinasi tari salsa dan gerakan aerobik yang menyenangkan. Senam zumba merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan anak muda. Ritme gerakan yang cepat tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menurunkan berat badan secara signifikan dan tentunya baik untuk kesehatan. Tidak ada gerakan khusus dalam senam zumba, sebab fokus senam ini adalah menggerakkan seluruh anggota badan dengan mengikuti irama musik.

Berenang

Olahraga menyehatkan perut lain yang bisa dipilih adalah berenang teratur tiap hari. Berenang adalah olahraga populer yang memungkinkan tubuh tetap terasa nyaman saat berada di kolam. Renang tidak hanya fokus pada area perut untuk menghasilkan lingkar yang lebih kecil. Hasilnya efek renang terasa hampir di seluruh tubuh misal otot lengan dan paha yang lebih kencang.

Riset Harvard membuktikan berenang selama 30 menit bisa membakar hingga 233 kalori dalam tubuh. Studi dilakukan terhadap responden dengan bobot tubuh 70 kilogram.

Bersepeda

Pilihan olahraga bersepeda bisa dilakukan di luar rumah atau menggunakan alat olahraga statis. Bersepeda tidak hanya olahraga mengecilkan perut namun juga bisa melatih kardio.

Riset membuktikan, bersepeda bisa membakar hingga 260 kalori bila dilakukan selama 30 menit. Studi dilakukan terhadap responden berbobot 70 kilogram yang bersepeda dengan kecepatan 19-22 Km per jam. Hasilnya tubuh lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit kronis misal diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya