Home » Kongkow » Kesehatan » Berapa Lamanya Tidur Manusia yang Ideal?

Berapa Lamanya Tidur Manusia yang Ideal?

- Kamis, 15 April 2021 | 11:00 WIB
Berapa Lamanya Tidur Manusia yang Ideal?

Apakah kalian sudah memenuhi gaya hidup sehat? makan makanan yang bergizi dan olahraga yang teratur? Jika sudah, kalian juga perlu memastikan kebutuhan tidur kalian sudah cukup ya.

Mengapa kita butuh jangka panjang tidur tertentu?

Menurut National Sleep Foundation, tidur adalah kunci kesehatan fisik dan mental dan berapa lamanya waktu tidur tergantung pada usia dan kondisi seseorang.

"Tidur sangat penting untuk fungsi mental, kewaspadaan, konsolidasi memori, regulasi mood dan kesehatan fisik, " kata  Phyllis C. Zee, MD, PhD, profesor of neurologi dan direktur Sleep Disorders Center di Northwestern University Feinberg School of Medicine di  Chicago.

Terlalu sedikit tidur atau kualitas tidur  yang buruk  bisa membuka jalan untuk segudang masalah emosional dan fisik, memicu diabetes dan obesitas, papar Dr Zee. "Bahkan, data menunjukkan bahwa  kurang tidur akan menyebabkan perubahan dalam cara tubuh menangani glukosa, yang pada akhirnya menyebabkan resistensi insulin (pre-diabetes)," kata Zee. "Ada juga bukti bahwa kurang tidur bisa memicu selera makan berlebihan yang dapat berkontribusi untuk kelebihan berat badan dan obesitas."

Dilansir dari laman Independent, National Sleep Foundation (NSF) dan panel yang terdiri dari 18 ilmuwan medis dan para peneliti mengulas lebih dari 300 penelitian tentang tidur. Mereka mencoba menemukan jumlah waktu yang tepat seseorang harus tidur sesuai dengan usia.

Sementara jawaban sederhana mengatakan tidak ada jumlah waktu tidur sempurna untuk memenuhi setiap individu, NSF menerbitkan laporan yang memperbarui rekomendasi tidur untuk segala usia.

Jumlah waktu tidur yang ideal adalah sebagai berikut:

  1. Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14 sampai 17 jam

  2. Bayi (4-11 bulan): 12 sampai 15 jam

  3. Balita (1-2 tahun): 11 sampai 14 jam

  4. Anak-anak pra sekolah (3 sampai 5 tahun): 10 sampai 13 jam

  5. Usia sekolah anak-anak (6-13 tahun): 9 sampai 11 jam

  6. Remaja (14 sampai 17 tahun): 8 sampai 10 jam

  7. dewasa muda (18 sampai 25 tahun): 7 sampai 9 jam

  8. Dewasa (26-64 tahun): 7 sampai 9 jam

  9. orang dewasa yang lebih tua (65 tahun atau lebih tua): 7 sampai 8 jam

Rekomendasi bagi orang dewasa tidak berubah. Namun, laporan itu menambahkan dua kategori baru, orang dewasa muda dan orang dewasa yang lebih tua. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tergantung pada usia, seperti dijelaskan oleh NSF. Gaya hidup dan kesehatan sangat memengaruhi kebutuhan tidur seseorang.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya