Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Jam 10 Malam Jadi Waktu Terbaik untuk Memulai Tidur

Jam 10 Malam Jadi Waktu Terbaik untuk Memulai Tidur

Jam 10 Malam Jadi Waktu Terbaik untuk Memulai Tidur

Studi terbaru dari European Heart Journal mengatakan bahwa pada pukul 10.00 hingga 10.59 malam adalah waktu emas dalam memulai tidur.

Tidur merupakan salah satu agenda rutin kebutuhan tubuh manusia. Melalui tidur, tubuh akan mendapatkan manfaat yang beragam, seperti mendukung fungsi otak, sistem kekebalan tubuh, hingga memperbaiki yang erat kaitanya dengan kondisi jantung.

Melansir laman Wellandgood.com, studi terbaru dari European Heart Journal mengatakan bahwa pada pukul 10.00 hingga 10.59 malam adalah waktu emas dalam memulai tidur dan akan berdampak baik bagi kesehatan jantung.

Baca juga: Tidur Siang yang Terlalu Lama Sebabkan Diabetes

Ada sekitar 88.026 peserta yang diambil datanya oleh peneliti melalui UK Biobank (database penelitian biomedis). Dari tali monitor jantung yang dipasang pada pergelangan tangan, sehingga dokter dapat mengukur kebiasaan tidur peserta secara dua kali.

Sang penulis studi juga memaparkan jika dari temuan itu masih belum memperlihatkan kasualitas, waktu tidur telah muncul sebagai faktor risiko jantung potensial.

Lebih lanjut, beliau memberitahu tidur melewati jam tengah malam merupakan hal yang tidak dianjurkan. Karena dapat memengaruhi siklus atau jam tubuh dalam mendapatkan cahaya pagi.

Baca juga: Arti Mimpi di Pagi Hari Menurut Islam

Melalui sumber yang sama, Alicia N. Pate, PhD, seorang asisten professor Anatomi dan Fisiologi Medis di Ponce Health menyarankan bahwa sebelum tidur untuk menghindari hal yang mampu mengganggu waktu bangun tidur.

Direkomendasikan juga beberapa cara dalam mempersiapkan tidur, seperti membaca buku, melakukan pernapasan dalam, meditasi, peregangan ringan, mendengarkan musik bersuasana tenang, atau mandi air panas.

Cari Artikel Lainnya