Home » Kongkow » Tematik » Kekayaan dan Pemanfaatan Sumber Energi | IPA Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 dan 2

Kekayaan dan Pemanfaatan Sumber Energi | IPA Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 dan 2

- Selasa, 05 April 2022 | 12:00 WIB
Kekayaan dan Pemanfaatan Sumber Energi | IPA Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 dan 2

Halo teman-teman, pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang Kekayaan Sumber Energi yang ada di Indonesia serta pemanfaatannya. Tentunya kalian sudah mempelajari sebelumnya mengenai sumber energi dan manfaatnya. Nahh untuk melanjutkannya, kita langsung ambil contoh saja salah satu sumber energi alternatif di bumi yaitu Air.

Apa saja sih bentuk pemanfaatan air sebagai sumber Alternatif?

Energi Air adalah satu dari lima sumber terbesar energi terbarukan. Energi ini dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan Pembangkit Listrik Tenaga Air tanpa meninggalkan emisi gas rumah kaca seperti yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil. Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya, air akan terus menghasilkan tenaga non-stop dan ketersediaannya terus dihasilkan karena adanya siklus hidrologi.

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dihasilkan dari energi potensial air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin dan energi tersebut yang selanjutnya diubah untuk menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air. Salah satu PLTA yang ada di Indonesia adalah PLTA Sutami di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bagaimana Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Untuk mengetahui proses kerja dari PLTA perhatikan gambar di bawah ini yah otakers

Keterangan gambar di atas beserta fungsi dari setiap bagian:

  1. Sungai/waduk berfungsi sebagai tempat menandon atau penampungan air

  2. Intake adalah pintu masuk air sungai/tandon

  3. Katup pengaman berfungsi sebagai katup pengatur intake

  4. Headrace tunnel merupakan pipa antara tandon dan sebelum masuk penstock

  5. Surge tank berfungsi sebagai pengaman tekanan air yang tiba-tiba naik saat katup pengatur ditutup.

  6. Penstock (pipa pesat), funsinya untuk mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin serta untuk mendapatkan tekanan hidrostatis yang besar.

  7. Main stop valve berfungsi sebagai katup pengatur turbine

  8. Turbine berfungsi untuk mengubah energi potensial air menjadi energi gerak

  9. Generator yang menghasilkan energi listrik dari energi gerak

  10. Main transformer untuk transfer energi listrik antar dua sirkuit dengan induksi elektromagnetik.

  11. Transmission line penyalur energi listrik ke konsumen

Cara kerja PLTA berdasarkan pada siklus di atas:

  1. Waduk atau bendungan mengumpulkan air yang berada dalam jumlah yang sangatlah besar dengan tujuan turbin agar mendapatkan sebuah pasokan dari air yang sangatlah banyak dan harus tetap stabil.

  2. Air dari tandon/sungai masuk pada turbin melalui penstock untuk memperbesar tekanan hidrostatis. Katup pengaman berguna untuk mengatur aliran air yang masuk ke headrace tunnel, juga untuk menghentikan aliran air.

  3. Selanjutnya, air akan terjatuh dan mengenai turbin. Energi potensial air menggerakkan turbin sehingga menghasilkan energi gerak sehingga mendorong baling-baling berputar.

  4. Lalu, Generator akan ikut berputar ketika air memutar turbin. Kemudian energi gerak ini dikonversi menjadi energi listrik oleh generator.

  5. Energi listrik dari generator ini diatur dan ditransfer oleh main transformer agar sesuai dengan kapasitas transmission line (tegangan, daya, dll) untuk dibagikan ke rumah-rumah.

Manfaat Energi Listrik

Setelah kita mengetahui cara kerja PLTA yang menghasilkan energi listrik kalian juga perlu memahami bahwa Energi listrik memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Berikut adalah manfaat listrik dalam kehidupan manusia sehari-hari:

  1. Sebagai alat penerang saat malam hari, listrik yang kita gunakaan saat ini menggunakan listrik dari PLN.

  2. Sebagai sumber energi karena listrik berfungsi sebagai sumber energi dari beberapa alat keperluan rumah tangga, seperti barang elektroik.

Demikian yah pembahasan materi tentang Kekayaan dan  Pemanfaatan Sumber Energi di Indonesia. Semoga materi ini bisa membantu dan teman-teman bisa memahaminya dengan baik.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya