Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Suku Minahasa, Suku yang Mendiami Daerah Sulawesi

Suku Minahasa, Suku yang Mendiami Daerah Sulawesi

- Minggu, 03 April 2022 | 11:00 WIB
Suku Minahasa, Suku yang Mendiami Daerah Sulawesi

Indonesia tidak hanya kaya akan alamnya saja, namun juga kaya akan kebudayaan, suku, dan tradisi. Negara Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri dari berbagai ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Indonesia memiliki suku yang cukup beragam yang menempati setiap pulau Indonesia, mulai dari Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Madura dan yang menempati Pulau Jawa, suku Batak, Nias, Melayu yang menempati Pulau Sumatra, dan lain sebagainya. Salah satu suku yang terkenal adalah Suku Minahasa yang berasal dari daerah Sulawesi. Lalu tahukah kamu apa saja tradisi suku Minahasa?

Suku minahasa merupakan salah satu suku bangsa yang terdapat di Sulawesi bagian utara, Indonesia. Suku atau orang Minahasa pada umumnya lebih dikenal sebagai orang Manado yang merupakan salah satu suku bangsa yang mendiami wilayah semenanjung Pulau Sulawesi atau pada zaman dulu dikenal dengan sebutan Celebes.

Rumah adat suku Minahasa adalah Rmah Walawengko. Begitu juga Pakaian Adat Minahasa menjadi salah satu kekayaan budaya Sulawesi Utara. Baju Bajang yang unik terdiri dari atasan dan bawahan yang umumnya digunakan untuk pesta adat dan kegiatan resmi lainnya.

Suku Minahasa merupakan suku asli tanah adat Wenang atau dikenal sebagai Kota Manado sekarang ini. Suku Minahasa terbagi atas sembilan subsuku yaitu: 1.Babontehu, 2.Bantik, 3.Pasan Ratahan (Tounpakewa), 4.Ponosakan, 5.Tonsea, 6.Tontemboan, 7.Toulour, 8.Tonsawang, 9.Tombulu.

Sejarah Suku Minahasa

Berdasarkan pendapat para ahli diantaranya A.L.C Baekman dan M.B Van Der Jack yaitu berasal dari ras Mongolscheplooi yang sama dengan pertalian Jepang dan Mongol ialah memiki lipit Mongolia. Memang bangsa mongol terkenal dengan dengan gaya hidup berperang dengan menguasai 1/2 dunia saat dipimpin oleh Genghis Khan, dan bangsa Mongol menyebar tidak terkecuali pergi ke Manado.

Persamaan dengan Mongol dalam sistem kepercayaan dapat dilihat pada agama asli Minahasa Shamanisme sama seperti Mongol. Dan juga dipimpin oleh Walian yang langsung dimasuki oleh opo. Agama Shamanisme ini memang dipegang teguh secara turun temurun oleh suku Mongol. Dapat dilihat juga di Kalimantan Dayak, dan Korea Jadi orang Minahasa memang berasal dari keturunan ras Mongoloid, tetapi bukan orang Mongol. Ras ini juga terdapat pada suku Dayak, Nias dan Mentawai.

Tradisi dan Budaya Suku Minahasa

1.Kolintang

Kolintang adalah salah satu alat musik tradisional khas Suku Minahasa yang menawarkan perpaduan suara yang menenangkan. Biasa dimainkan dalam bentuk orkes dan sudah diajarkan sejak kanak-kanak. Terbuat dari kayu belar yang juga sering disebut sebagai wunut. Dengan seiringnya waktu, kolintang dibuat dari kayu cempaka.

2. Tari Kabasaran

Tarian kabasaran adalah tari perang yang ditarikan oleh beberapa pria. Tak mudah menjadi penari ini, karena mereka yang menjadi penari mewariskannya dari nenek moyang terdahulu. Dahulu pada penari ini bukanlah sekedar penari. Mereka adalah prajurit yang sesungguhnya bila desa mereka diserang.Pada saat ini Kabasaran dapat ditemukan saat acara-acara tradisional seperti pagelaran seni budaya atau menyambut tamu.

3. Waruga

Waruga adalah tradisi pemakaman Suku Minahasa pada masa lalu. Pada masa itu posisi jenazah ke arah utara dan kaki jenazah ditekuk hingga tumit kaki menempel pada bagian bokong dan kepala mencium lutut.

Posisi jenazah yang dihadapkan ke utara bertujun untuk memberikan unsur simbolik yang menandakan bahwa nenek moyang Suku Minahasa berasal dari bagian Utara. Setelah itu, jenazah dikubur dalam sebuah bangunan batu yang bernama Waruga.

4. Upacara Toki Pintu

 

Upacara Toki Pintu ini tradisi yang sakral karena dilakukan pada saat pernikahan adat Suku Minahasa. Acara ini dilakukan dengan makan malam dan acara kebaktian penganut Kristen Protestan. Untuk menyaksikannya, orang asing harus meminta izin dulu kepada pihak keluarga.

Upacara Toki Pintu sendiri terdiri dari antar harta sampai prosesi upacara adat ini dirangkai dalam satu hari pelaksanaan.

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya