999 +
0
47
0
Bagian-bagian Mata, Fungsi dan Jaringan Penyusun
1 month 'ago'

Mata adalah bagian yang sangat penting, karena merupakan salah satu dari panca indera manusia. Mata dapat berfungsi dengan baik apabila ada cahaya. Dengan adanya cahaya ini maka mata akan dapat melihat dengan baik. Bila di dalam kegelapan maka mata tidak mampu melihat benda dikarenakan tidak ada cahaya yang masuk. 

Jaringan penyusun organ mata adalah jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf. Jaringan epitel berfungsi untuk melindungi organ. Jaringan ikat contohnya adalah darah. Jaringan otot berfungsi menggerakkan bola mata. Jaringan saraf berfungsi meneruskan rangsang ke otak.

Bagian-bagian Mata dan Fungsinya



Mata merupakan alat optik, sehingga cara kerjanya berdasarkan sifat-sifat cahaya. Berikut adalah keterangan dari gambar di atas:

1. Kornea
Bagian ini adalah bagian terluar mata, kornea sendiri memiliki karakteristik kuat dan tembus terhadap cahaya. Fungsi dari kornea sendiri adalah menerima serta meneruskan cahaya yang masuk ke mata dan memberikan perlindungan terhadap bagian sensitif mata yang ada di bawahnya. cahaya yang diterima kornea akan diteruskan ke bagian dalam mata yang kemudian berakhir di retina.

2. Aqueous humor
Adalah lensa mata dan cairan kornea, fungsinya adalah membiaskan cahaya ke bagian dalam mata

3. Lensa kristalin
lensa mata ini mempunyai peran yang penting yaitu mengatur letak bayangan supaya jatuh tepat di bintik kuning. Lensa mata mempunyai tugas untuk memfokuskan cahaya dan meneruskanya supaya jatuhnya tepat di bagian retina.

4. Iris
selaput ini di bagian tengahnya membentuk celah lingkaran. Fungsi dari iris adalah memberikan warna mata, dan mengatur perbesaran pupil (kondisi ini dilakukan untuk membatasi banyaknya jumlah cahaya yang dapat masuk ke iris). letaknya sendiri berada di tengah bola mata dan tepat di belakang kornea. Jenis ras atau bangsa menjadi faktor yang mempengaruhi warna iris yang beda-beda.

5. Pupil
Adalah celah yang terbentuk akibat iris, fungsi dari celah ini adalah tempat cahaya masuk. Fungsi dari pupil adalah mengatur jumlah cahaya yang masuk. Fungsinya ini hampir sama dengan diagfragma pada kamera atau alat potret. pupil ini berbentuk seperti celah bulat yang letaknya berada di tengah iris.

6. Otot mata
Otot ini berfungsi untuk mengatur besar dan kecilnya lensa, selain itu juga berfungsi sebagai penyangga lensa kristalin.

7. Vitreus humor
Bentuknya seperti cairan bening dan biasanya mengisi rongga mata. Fungsinya meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina.

8. Retina
Lapisan yang terdapat di bagian belakang dinding bola mata dimana disitu tempat bayangan akan dibentuk. Istilah lain dari bagian ini adalah selaput jala, dimana bagian ini adalah bagian yang peka terhadap cahaya. Terlebih pada bintik kuning, retina sendiri memiliki fungsi untuk menangkap cahaya dan  kemudian meneruskannya sampai ke saraf mata. kemudian cahaya akan diterima di ujung-ujung saraf yang ada di bagian selaput jala.

9. Bintik kuning
Lengkungan yang terdapat di retina dan merupakan bagian yang paling peka.

10. Syaraf optik
Syaraf ini berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang datang dari retina menuju ke otak. Tugasnya sendiri memang untuk meneruskan rangsang cahaya supaya sampai ke otak. Saraf optik membawa semua informasi yang akan diproses di dalam otak. Pada akhirnya kita dapat melihat suatu objek atau benda.

Baca Juga :

Cara Kerja Mata Sebagai Alat Optik

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

 

Cara Mata Bekerja

Mata adalah mesin yang rumit dengan banyak bagian. Hal ini memungkinkan tidak hanya untuk melihat objek, tetapi untuk melihat warna, ukuran, dan lain-lain secara detail. Mata bekerja dengan pembiasan dan memfokuskan cahaya ke retina. Mata bisa melihat benda karena adanya cahaya yang dipantulkan benda tersebut ke mata, jika tidak ada cahaya yang dipantulkan oleh benda, maka mata tidak bisa melihat benda tersebut. Cahaya yang dipantulkan oleh benda di tangkap oleh mata, menembus kornea dan diteruskan melalui pupil. Ketika cahaya menyerang retina, jutaan batang rhodopsin yang bertanggung jawab untuk penglihatan malam, mengkonversi cahaya menjadi impuls listrik, yang dikirim ke otak.

Otak kemudian menerjemahkan apa yang diterimanya dari saraf optik sehingga kita dapat memahami apa yang kita lihat. Retina juga mengandung jutaan kerucut yang berisi iodopsin dan digunakan untuk cahaya terang dan persepsi warna. Ada sekitar 17 kali lebih batang dari kerucut, sekitar 120 juta batang dan 7 juta kerucut di retina setiap mata.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow