Home » Kongkow » Tips & Trik » 7 Tips Mengatasi Bosan Belajar

7 Tips Mengatasi Bosan Belajar

- Rabu, 13 Januari 2021 | 11:00 WIB
7 Tips Mengatasi Bosan Belajar

Halo Otakers, memasuki semester kedua pembelajaran dimasa pandemi apa kalian sudah melakukan dengan maksimal ?

Belajar dirumah dan tidak melalui proses tatap muka sepertinya sudah hampir setahun yah kita jalani, gimana bosen nggak nih?

Nahh untuk mengatasi rasa bosan dan kebingungan dalam proses belajar seperti ini kami siapkan beberapa tips nih buat kalian. Mengutip dari salah satu tweet @studentsproblem ada 7 tips mengatasi bosan belajar yaitu diantaranya'

1. Belajarlah dengan metode 50 10, apasih itu?

Jadi dalam proses belajar kita sebaiknya gunakan waktu 50 menit untuk belajar dan 10 menit selanjutnya istirahat. Hal ini mempertimbangkan kemampuan maksimal kerja otak kita nih otakers, jangan terlalu lama juga karena itu tidak baik. Belajar dengan waktu yang lama, materi yang kita pelajari tidak akan terserap secara maksimal.

2. Membuat Target Belajar

Nahh sebelum kalian belajar, buatlah target untuk capaian proses belajar kalian. Target ini bisa berupa soal-soal yang nanti akan dikerjakan. Hal ini untuk mengukur seberapa paham kalian setelah mempelajari materi.

3. Rewards/ Punishment

Menyiapkan rewards atau punishment bisa jadi alternatif buat kalian agar belajarnya sedikit menantang. Jika kalian bisa mencapai target yang sudah dibuat di langkah sebelumnya kalian bisa memberikan rewards untuk diri sendiri, namun jika tidak mencapai target yang sudah ditentukan siapkan juga hukuman ringan untuk diri sendiri. Tapi jangan yang yang berat-berat lho yah, agar tidak membahayakan hehe...

4. Cari Media Belajar Lain

Jai otakers, kalian jangan terpaku pada satu sumber atau misal buku dari sekolah saja. Kalian bisa lho membandingkan setiap materi yang kalian dapat atau mungkin mencari informasi sebanyak-banyaknya dari media lain misalkan website, blog atau bisa bisa beli buku lain. Ini untuk menambah wawasan kalian lho!

5. Cari Suasana Baru

Belajar tidak harus di dalam rumah, tapi kalian bisa cari alternatif tempat lain. Jika di masa pandemi ini mengharuskan kalian belajar dari rumah tapi bukan berarti kalian hanya mendekam di dalam kamar saja ya kan. Kalian bisa cari spot disekitar rumah dengan udara yang baik.

6. Cari Komunitas Belajar

Kalian boleh juga membentuk suatu komunitas belajar atau bergabung dengan komunitas yang sudah ada. Ini dimaksudkan agar kalian bisa saling berbagi dan bertukar pikiran tentang pelajaran yang akan kalian pelajari. Bisa dari teman sekelas atau temen antar sekolah, ini juga sekaligus bisa menambah lingkaran pertemanan kalian bukan?

7. Jangan Lupa Berdo'a

Dan inilah yang terpenting dan yang utama otakers. Kalo bisa kalian biasakan untuk berdo'a baik sebelum dan sesudah belajar yah, agar selalu dimudahkan dan ilmu yang terserap dengan baik bisa bermanfaat nantinya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya