Home » Kongkow » Materi » Inilah Daftar Senyawa yang Bersifat Basa

Inilah Daftar Senyawa yang Bersifat Basa

- Kamis, 03 Februari 2022 | 11:00 WIB
Inilah Daftar Senyawa yang Bersifat Basa

Manfaat Senyawa Basa dalam Kehidupan Sehari-hari

Senyawa basa adalah senyawa organik yang juga memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat dari senyawa kimia basa elektrolit adalah sebagai berikut…

NaOH (Natrium Hidroksida)

Natrium hidroksida dalam kehidupan sehari-hari berfungsi sebagai pembersih kotoran yang menyumbat pada saluran-saluran pipa atau biasa disebut sebagai anti mampet. Tidak hanya itu, senyawa ini juga bermanfaat sebagai bahan baku pembuat sabun cuci.

KOH (Kalium Hidroksida)

Dalam kehidupan sehari-hari, senyawa ini bermanfaat sebagai larutan elektrolit pada baterai alkali. Selain itu juga bermanfaat sebagai bahan campuran dalam pembuatan sabun cuci atau sabun mandi juga.

Lithium Hidroksida (LiOH)

Lithium Hidroksida bermanfaat sebagai campuran semen. Senyawa kimia ini memang biasa digunakan sebagai bahan campuran pembuatan semen di pabrik. Tidak hanya itu, lithium hidroksida juga digunakan sebagai elektrolit pada baterai alkali litium.

NH3 (Ammonium Hidroksida)

Yang terakhir yaitu ammonium hidroksida yang sering kita ketahui pada proses pembuatan bahan baku pupuk. Ya, senyawa ini memang salah satu campurannya. Namun tidak hanya itu lho, senyawa ammonium hidroksida juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan asam nitrat.

Daftar Senyawa Yang Bersifat Basa Lengkap

Inilah Daftar Senyawa yang Bersifat Basa

Senyawa basa dibagi menjadi dua macam jenis yaitu basa kuat dan basa lemah. Untuk masing-masing ulasan mengenai basa kuat dan basa lemah akan dijelaskan dalam daftar senyawa bersifat basa berikut ini.

Daftar Senyawa Bersifat Basa Kuat

Sebelum menginjak pembahasan mengenai daftar senyawa yang bersifat basa kuat secara lengkap, alangkah baiknya jika kalian mengetahui apa itu basa kuat.

Basa kuat adalah sebuah senyawa yang mendeprotonasi asam yang sangat lemah dalam reaksi asam-basa. Dalam unsur periodik, kation basa kuat dibagi menjadi dua grup yaitu alkali dan alkali tanah.

Sifat dari basa kuat sendiri yaitu tidak larut dalam air.

Nah langsung saja yuk bahas mengenai daftar senyawa bersifat basa kuat dengan lengkap:

  1. Lithium Hidroksida (LiOH)
  2. Natrium Hidroksida (NaOH)
  3. Kalium Hidroksida (KOH)
  4. Kalsium Hidroksida (CA(OH)2)
  5. Rubidium Hidroksida (RbOH)
  6. Stronsium Hidroksida (Sr(OH)2)
  7. Sesium Hidroksida (CsOH)
  8. Barium Hidroksida (Ba(OH)2)
  9. Magnesium Hidroksida (Mg(OH)2)
  10. Berilium Hidroksida (Be(OH)2)

Daftar Senyawa Bersifat Basa Lemah

Setelah mengetahui penjelasan mengenai basa kuat, kalian juga ingin tahu kan pastinya mengenai basa lemah. Nah basa lemah adalah sebuah senyawa yang perubahan ion hidroksida pada larutannya tidak berubah secara menyeluruh dalam larutan. Langsung saja yuk bahas daftar senyawa bersifat basa lemah dengan lengkap seperti berikut ini:

  1. Amonium Hidroksida (NH4OH)
  2. Alumunium Hidroksida (Al(OH)3)
  3. Besi (III) Hidroksida (Fe(OH)3)
  4. Amoniak (NH3)
  5. Besi (II) Hidroksida (Fe(OH)2)
  6. Karbosium Hidroksida (CA(OH)3)
  7. Nikel Hidroksida (Ni(OH)2)
  8. Metil Hidroksida (CH3OH)
  9. Metilamina (CH3NH2)
  10. Hidroksilamida (HONH2)
  11. Hidrasim (H2NNH2)
  12. Dimetilamina ((CH3)2 NH)
  13. Anilia (C6H5NH2)
  14. Mangan Hidroksida (Mn(OH)2)
  15. Raksa (I) Hidroksida (Hg(OH))
  16. Emas (I) Hidroksida (Au(OH))

Itu tadi adalah ulasan mengenai daftar senyawa yang bersifat basa secara lengkap yang ada dalam kehidupan sehari-hari juga manfaatnya.

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi kan membedakan mana senyawa basa kuat dan mana basa lemah. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi semua.

kimia larutan basa larutan bersifat basa kimia ciri asam ciri basa ciri garam contoh asam contoh basa contoh garam contoh larutan basa pengertian asam pengertian basa pengertian garam pengertian larutan basa pengertian larutan garam sifat asam sifat basa sifat garam 10 contoh larutan asam dan basa 10 sifat asam dan basa air abu asam atau basa air suling termasuk asam atau basa al(no3)3 asam atau basa apa yang dimaksud dengan asam apa yang dimaksud dengan larutan asam asam + basa menghasilkan asam basa dan garam brainly asam basa dan garam kelas 11 asam basa dan garam lakmus asam basa dan garam pdf asam basa dan garam ppt asam basa garam smp kelas 7 ppt asam basa pembentuk nacl bacl2 asam atau basa bahan berikut yang bersifat basa adalah berikut senyawa yang termasuk basa adalah ciri ciri asam basa dan garam ciri ciri asam kuat ciri ciri larutan basa adalah nomor contoh asam basa contoh asam basa dalam kehidupan sehari hari contoh asam basa dan garam contoh asam basa dan garam brainly contoh asam organik dan anorganik contoh garam asam contoh garam lemah contoh garam yang bersifat basa contoh larutan netral contoh netral dalam kimia contoh senyawa basa contoh senyawa garam contoh soal asam basa dan garam dampak negatif asam basa dan garam dampak negatif senyawa asam basa dan garam fungsi garam garam yang bersifat basa dalam air indikator asam basa indikator asam dan basa ion apa yang menjadi pembawa sifat basa jelaskan apa yang dimaksud dengan basa jelaskan definisi asam basa menurut arrhenius jelaskan perbedaan asam dengan basa jelaskan yang dimaksud dengan asam basa dan garam berikan dua contoh untuk setiap senyawa tersebut jenis asam basa dalam kehidupan sehari hari jenis jenis asam basa dan garam jenis jenis asam kuat dan asam lemah jenis jenis basa jenis jenis buah asam kegunaan asam basa dan garam klasifikasi asam basa konsep larutan asam dan basa kscn bersifat larutan alcl3 dalam air akan bersifat asam larutan asam dan basa macam macam asam kuat beserta rumusnya macam macam garam makalah asam basa dan garam manfaat asam basa dan garam materi asam basa dan garam kelas 11 materi asam basa dan garam pdf materi asam basa dan garam smp kelas 7 materi singkat asam basa mencari garam yang bersifat asam menentukan unsur senyawa dan campuran nacn bersifat nh4cl bersifat pengertian asam basa menurut para ahli pengertian asam dan basa pengertian larutan asam basa pengertian larutan netral perbedaan asam basa dan garam perbedaan asam dan basa perbedaan asam organik dan asam anorganik rangkuman materi asam basa reaksi ionisasi asam basa rumus asam dan basa rumus kimia larutan gula sebutkan 5 sifat sifat basa senyawa garam sifat asam basa dan garam brainly sifat asam dan basa sifat sifat garam sifat unsur dan senyawa tata nama senyawa asam dan basa teori asam basa trayek ph dari larutan amonia adalah tuliskan reaksi pembentukan garam berikut unsur garam unsur senyawa dan campuran smp
Cari Artikel Lainnya