Home » Kongkow » Rekayasa Perangkat Lunak » Macam-macam Sistem Operasi

Macam-macam Sistem Operasi

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Macam-macam Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berisi program untuk mengendalikan sistem yang ada pada perangkat komputer. Sistem operasi bekerja sebagai penghubung antar software dan hardware dalam sistem komputer. Sistem operasi mempunyai instruksi-instruksi dasar yang dapat dimengerti oleh software dan hardware. Dalam hal ini sistem operasi juga dibantu oleh perangkat lunak sistem dari perangkat keras terkait yang disebut dengan driver.

Macam-macam Sistem Operasi Komputer

1. Microsoft Windows

Foto: Microsoft

Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1985 dengan menggunakan antarmuka grafis (GUI). Microsoft Windows menjadi sistem operasi komputer paling populer di dunia. Microsoft Windows dikembangkan dengan bahasa pemrograman C, C++, dan C#. Microsoft Windows sangat populer di kalangan pengguna komputer pada umumnya, karena kemudahan penggunaan, dukungan software-software utama untuk kebutuhan sehari-hari misalnya Microsoft Office hingga game yang banyak. Sebagai point kelebihan Windows di tingkat server, sistem Windows Server menyediakan teknologi Azure yang dapat membantu manajemen server.

Mac OS

Foto: Apple Inc.

Sistem Operasi Mac OS atau Macintosh Operating System merupakan sistem operasi pertama berbasis GUI yang dirilis Apple Computer pada tahun 1984. Apple sendiri merupakan perusahaan perangkat komputer yang memiliki teknologi sangat maju dan ekslusif pada awal kemunculannya.

Baca Juga :

Apa Itu Sistem Operasi ?

Sistem operasi Mac OS memang khusus digunakan untuk perangkat keras keluaran Apple. Secara keseluruhan Mac OS memang berbeda dengan sistem operasi yang lain. Mac OS adalah sistem operasi yang tidak mempunyai baris perintah (command line) seperti pada sistem operasi lain.

Unix

Unix adalah sistem operasi yang dikembangkan pada tahun 1965 dengan proyek awal yang disebut Multiplexed Information and Computing Service (Multics). Pada tahun 1973 sistem operasi UNIX di-rework menggunakan bahasa pemrograman C oleh Dennis Ritchie.

Sistem operasi UNIX kemudian dikembangkan oleh perusahaan AT and T Bell Laboratories dan meluncurkan sistem operasi UNIX yang bersifat komersial dengan nama UNIX System V. Sistem operasi UNIX biasa digunakan untuk menjalankan jaringan komputer. Sama seperti MS-DOS, pada awalnya UNIX merupakan sistem operasi  bersifat Command line interface yang kemudian dibuat versi Graphical User Interface atau GUI untuk memudahkan para pengguna.

GNU/Linux

Foto: GNU/Linux

GNU/Linux adalah sistem operasi mirip UNIX yang merupakan sistem operasi komputer sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh komunitasnya sejak 1991. GNU merupakan kependekan dari "Gnu's Not Unix", merupakan sebuah proyek sistem operasi sumber terbuka sejak 1984. Linux merupakan sistem kernel yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Kernel Linux kemudian dikembangkan dalam proyek GNU hingga sekarang.

GNU/Linux terbukti sebagai sistem operasi yang paling stabil dan mempunyai manajemen memori yang sangat baik. GNU/Linux sangat populer di kalangan manajemen server dan sysadmin. Bahasa yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan GNU/Linux adalah C dan Assembly. Selain itu kernel Linux terbukti kebal terhadap virus, namun untuk perangkat lunak tambahan masih rawan terhadap risiko berbahaya seperti malware pada web server.

Terdapat banyak jenis GNU/Linux yang dikembangkan oleh berbagai komunitas misalnya Ubuntu, Debian, Fedora, dan lain-lain. Kumpulan sistem operasi tersebut lebih dikenal dengan sebutan "distro". Linux merupakan sistem kernel yang menjadi sistem inti dari distro-distro tersebut. Kernel Linux memberikan kontribusi yang besar dalam pengembangan sistem operasi sumber terbuka oleh GNU, sehingga secara keseluruhan keluarga sistem operasi tersebut dapat disebut keluarga GNU/Linux.

FreeBSD 

Foto: FreeBSD Foundation

FreeBSD adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh FreeBSD Foundation sejak 1995 yang dapat digunakan untuk keperluan desktop, server, dan embed system (sistem komputer dengan tambahan hardware khusus) secara gratis. FreeBSD populer digunakan untuk keperluan jaringan, keamanan, dan manajemen data oleh server-server yang menampung website yang sangat sibuk. Penggunaan FreeBSD hampir sama dengan GNU/Linux, namun kedua sistem ini menggunakan kernel sistem yang berbeda. FreeBSD berjalan dengan kernel buatannya sendiri yang bernama kernel monolitik. Walaupun seperti itu, FreeBSD tetap dapat menjalankan software GNU/Linux. Hal ini disebabkan karena FreeBSD menggunakan binari-binari Linux® sebagai fitur sistem operasinya.

Chromium OS

Foto: Chromium Organization

Chrome OS adalah salah satu sistem operasi yang terbilang baru. Chrome OS dirilis tahun 2010 yang dikembangkan oleh Google Inc. Sistem operasi Chrome OS sendiri berbasis pada Linux. Chrome OS bekerja secara khusus mengandalkan aplikasi web dari sistem operasi tersebut.

Sistem operasi ini hanya dapat dioperasikan di perangkat keras yang dirancang khusus oleh perusahaan Google dan dapat di gunakan di Chrome book yang di luncurkan oleh beberapa brand Netbook terkenal seperti DELL, ASUS, ACER dan lain-lain.

Referensi :

https://www.advernesia.com/

https://carisinyal.com/

Sumber :
Cari Artikel Lainnya