Home » Kongkow » Multimedia » Macam- Macam Setting Mode Jaringan pada Virtualbox

Macam- Macam Setting Mode Jaringan pada Virtualbox

- Selasa, 03 Mei 2022 | 07:00 WIB
Macam- Macam Setting Mode Jaringan pada Virtualbox

Dalam Virtualbox, setelah menginstall suatu Sistem Operasi bukan berarti sistem operasi virtual itu menjadi sebuah sistem yang hidup sendirian seperti pajangan saja. Sistem Operasi tersebut bisa berjalan selayaknya komputer biasa yang dapat dihubungkan kedalam suatu jaringan komputer. bahkan ada beberapa pilihan mode jaringan yang bisa kita pilih untuk di terapkan. Untuk mengkonfigurasi mode jaringan pada virtualbox dapat dilakukan pada menu Setting (setelah memilih os) kemudian Network lalu sesuaikan pilihan Attached to seperti pada gambar.

Berikut ini penjelasan Mode-Mode jaringan pada Virtualbox:

1. NAT
Merupakan setting jaringan default pada Virtualbox. Mode NAT memungkinkan komputer utama kita (host) berbagi jaringan Internet terhadap komputer virtual (guest). Dalam mode
NAT komputer guest akan menggunakan IP komputer host untuk terhubung ke Internet. Setting jaringan dengan model ini akan membuat komputer guest dapat melakukan ping ke komputer host namun komputer host tidak dapat melakukan ping ke komputer guest. Jika Anda hanya ingin agar mesin virtual Anda dapat terkoneksi ke internet maka gunakan mode NAT.

2. Bridged Adapter

Mode Bridged Adapter membuat guest dan host terlihat seperti dua komputer berbeda yang terhubung secara fisik ke jaringan yang sama. komputer guest tidak lagi dianggap virtual melainkan terbaca seperti komputer asli. oleh karena itu dalam mode ini IP komputer guest harus disamakan subnetnya dengan host.Penggunaan mode Bridged ini ada syaratnya, yaitu komputer host harus terhubung ke dalam suatu jaringan.

3. Internal Network

Mode Internal Network membuat komputer guest terhubung pada jaringan internal yang dapat berkomunikasi hanya sesama komputer di lingkungan virtual saja. Biasanya digunakan untuk simulasi jaringan dengan menghidupkan banyak mesin virtual sekaligus.

4. Host-only Adapter

Mode Host-only dapat menghubungkan komputer guest dengan komputer host seolah-olah terhubung melalui jaringan. Bedanya dengan mode Bridged adalah Mode Host-only Adapter tidak mengharuskan host terhubung ke jaringan.

Itulah 4 mode yang sering digunakan dalam konfigurasi Network pada Virtualbox.

Cari Artikel Lainnya