Home » Kongkow » Materi » Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

- Kamis, 24 Maret 2022 | 11:00 WIB
Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia tidak diproklamasikan secara tiba-tiba. Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia sesungguhnya merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Mahakuasa. Selain itu juga karena kegigihan perjuangan pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Sejak kapan perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajahan dan mencapai kemerdekaan?

Perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajahan sesungguhnya telah dimulai sejak adanya penjajahan di bumi Indonesia. Di setiap daerah pasti ada perlawanan terhadap penjajah, sekalipun dalam kapasitas kecil. Apa yang mendorong rakyat di setiap daerah melakukan perlawanan terhadap penjajah? Tentu saja karena mereka mengalami nasib dan menanggung penderitaan akibat penjajahan. Setiap orang tentunya tidak ada yang senang dijajah dan menderita. Namun, perlawanan dan perjuangan rakyat di setiap daerah seringkali mengalami kegagalan. Makna kewajiban asasi manusia Hal ini disebabkan kurangnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi penjajah.

Setelah tahun 1908, perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan mengalami perubahan. Pada sekitar tahun itu, bangsa Indonesia mulai menyadari pentingnya persatuan dan semangat nasionalisme (kebangsaan). Perjuangan bangsa Indonesia tidak lagi dilakukan secara fisik dan kedaerahan. Perjuangan melawan penjajahan dilakukan dengan melalui pergerakan organisasi modern yang bersifat nasional. Organisasi modern yang bersifat nasional pertama berdiri pada tanggal 20 Mei 1908, yaitu Budi Utomo. Oleh karena itu, tanggal 20 Mei sampai sekarang diperingati sebagai hari kebangkitan nasional.

Pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa oleh pemuda-pemudi Indonesia ditegaskan dalam ikrarnya pada tanggal 28 Oktober 1928 yang sekarang dikenal dengan istilah “Sumpah Pemuda”. Melalui sumpah pemuda, bangsa Indonesia mempertegas sikap dan pendiriannya sebagai satu tanah air dan satu bangsa yaitu Indonesia. Selain itu juga menjunjung bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia. Persatuan dan kesatuan bangsa yang kokoh merupakan modal utama dalam berjuang menghadapi penjajahan. Dengan persatuan dan kesatuan yang kokoh, bangsa Indonesia memiliki kekuatan. Dengan kekuatan tersebut bangsa Indonesia dapat berjuang mengusir penjajahan. Tanpa perjuangan suatu bangsa tidak akan berhasil mengusir penjajah dan mencapai kemerdekaan.

Meski berlangsung singkat, namun peristiwa proklamasi kemerdekaan mengandung arti sangat penting dan membawa perubahan sangat besar dalam kehidupan bangsa Indonesia, yaitu:

  1. Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaannya.
  2. Dengan proklamasi berarti bangsa Indonesia mendapat kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa yang berdaulat.
  3. Proklamasi merupakan jembatan emas untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.
Sumber :
Cari Artikel Lainnya