Home » Kongkow » Materi » Flora dan Fauna di Indonesia

Flora dan Fauna di Indonesia

- Jumat, 07 Agustus 2020 | 16:41 WIB
Flora dan Fauna di Indonesia

Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil, sudah tidak diragukan lagi jika menyimpan kekayaan hayati di dalamnya. Flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) endemik di Indonesia pun tak kalah banyak jumlahnya. Bahkan bisa dibilang di setiap pulau atau provinsi di Indonesia pasti memiliki setidaknya satu flora dan fauna khasnya. Untuk mempelajari lebih dalam tentang flora dan fauna di Indonesia tersebut, berikut adalah flora dan fauna khas di Indonesia yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Letak geografis Indonesia yang sangat strategis ternyata tidak hanya berpengaruh pada sektor ekonomi saja. Letak geografis ini ternyata juga berpengaruh pada kekayaan hayati di Indonesia, termasuk juga sebagai faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna.

Seperti yang sudah umum diketahui bahwasannya flora dan fauna di Indonesia terbagi ke dalam tiga tipe, yaitu tipe Asiatik, Autralis dan Tipe Peralihan. Berdasarkan ketiga tipe ini jugalah, flora dan fauna di Indonesia juga memiliki karakteristik yang beragam tergantung pada kelompok tipenya. Beberapa jenis flora dan fauna berikut contoh kekayaan alam di Indonesia.

1. Bunga Sedap Malam dan Elang Bondol
Dari pulau Jawa, flora dan fauna asli yang khas yang berasal dari daerah Jawa adalah elang bondol dan bunga sedap malam. Meskipun bunga sedap malam bukan termasuk flora yang hampir punah, namun bunga ini adalah flora khas yang banyak dicari di Jawa terutama Jawa Timur.

Untuk fauna, elang bondol adalah fauna khas dari daerah Jawa yang keberadaannya sudah hampir punah. Jenis Elang Bondol ini juga merupakan salah satu penciri fauna Indonesia bagian barat.

2. Harimau Sumatera dan Bunga Bangkai
Jika berbicara Sumatera, ada banyak sumber daya alam yang busa ditemukan disini, termasuk flora dan fauna. Flora khas daerah Sumatera yang banyak dikenal secara luas adalah Bunga Bangkai Raksasa.

Meskipun bunga ini memiliki ciri khas baunya yang menyengat, namun ketika mekar bunga ini adalah bunga yang sangat dilindungi di Indonesia. Sedangkan untuk faunanya, semua pasti setuju jika Harimau Sumatera adalah fauna yang sangat populer dan benar-benar merepresentasikan Pulau Sumatera.


3. Orang Utan dan Bunga Anggrek Hitam
Dari daerah di Pulau Kalimantan, ada bunga anggrek hitam yang banyak tumbuh dan ditemukan di hutan Kalimantan. Sayangnya sebagai flora kebanggaan masyarakat Kalimantan ini pun terancam punah karena semakin rusak dan semakin hilangnya habitat asli bunga ini.

Hal serupa juga terjadi pada Orang Utan, fauna endemik yang hanya bisa ditemukan di hutan Kalimantan ini. Sebagai salah satu hewan langka di Indonesia, keberadaan Orang Utan sangat dilundungi oleh Pemerintah Indonesia.

4. Burung Maleo dan Kayu Eboni
Dari daerah Sulawesi ada burung maleo dan kayu eboni. Flora dan fauna ini adalah jenis yang sangat populer di masyarakat dan menjadikan keduanya sebagai simbol flora dan fauna khas dari daerah Sulawesi Tengah. Sayangnya keduanya termasuk dalam flora dan fauna endemik yang hampir punah.

5. Buah Merah dan Burung Cendrawasih
Tak ada fauna lain yang bisa merepresentasikan Papua selain burung cenderawasih. Ya, keindahan burung ini diyakini merupakan penggambaran dari keindahan Papua. Sedangkan Buah Merah adalah tanaman dengan banyak khasiat yang hanya bisa Anda temukan di Papua. Burung Cenderawasih sangat terkenal di mancanegara dan merupakan salah satu penciri fauna Indonesia bagian timur.

 

Asal Daerah

Flora dan Fauna Populer

Jawa

Bunga Sedap Malam dan Elang Bondol

Sumatera

Bunga Bangkai dan Harimau Sumatera

Kalimantan

Orang Utan dan Bunga Anggrek Hitam

Sulawesi

Burung Maleo dan Pohon Eboni

Papua

Burung Cendrawasih dan Buah Merah


Itulah tadi penjelasan lengkap tentang flora dan fauna di Indonesia yang khas dan populer dari masing-masing daerah. Dengan informasi ini Anda jadi semakin tahu jika setiap daerah di Indonesia memiliki flora dan fauna khas dan mencerminkan daerah tersebut.

Cari Artikel Lainnya