0
11
0
Cara Sederhana Agar Tetap Sehat Selama New Normal
6 days 'ago'

New normal merupakan gaya hidup baru dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Di era kebiasaan baru ini, kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan dan kebersihan diri dengan mematuhi protokol pemerintah, tetap menjaga jarak (physical distancing), menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan membawa hand sanitizer.

Tak hanya itu, mengonsumsi air putih yang cukup juga penting dilakukan agar terhindar dari dehidrasi dan tidak lupa mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pastikan makanan yang kamu konsumsi sudah memenuhi kebutuhan serat untuk menjaga daya tahan tubuh. Misalnya dengan mengonsumsi korma, Jinten Hitam (habbatussauda), dan madu.

Ya, menurut lembaga penelitian Departemen Kesehatan Amerika Serikat, National Institute of Health, kurma merupakan jenis buah yang kaya akan nutrisi dan mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Tak hanya itu, buah yang tumbuh di daerah tropis ini juga mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh, seperti serat untuk menjaga kesehatan saluran cerna, karbohidrat untuk memberikan energi, juga mineral untuk memperkuat tulang serta melawan osteoporosis.

Habbatussauda biasa dikenal dengan jinten hitam. Sejak dahulu, habbatussauda telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit karena memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Oleh karena itu, tanaman ini termasuk ke dalam kelompok imunostimulan fitogenik sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhmu.

Sementara itu, madu mengandung kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti karbohidrat, vitamin C dan B, asam amino, zinc, dan kalium. Selain rasanya enak, cairan manis yang diproduksi lebah ini juga kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol. Sama seperti habbatussauda, madu juga memiliki sifat antibakteri dan antiradang.

Melihat beragam manfaat yang ditawarkan dari ketiga bahan herbal tersebut, mengonsumsi kurma, habbatussauda, dan madu tentu dapat menjadi salah satu cara agar daya tahan tubuh tetap terjaga saat beraktivitas new normal. Mengingat di era kebiasaan baru ini, perkantoran, pusat perbelanjaan, sudah mulai dibuka. Masyarakat pun juga sudah banyak yang melakukan aktivitas di luar rumah seperti bersepeda.

Tapi sebaiknya kita jangan gegabah untuk bepergian. Ingat, kurva pasien positif Corona di Indonesia belum sepenuhnya menurun. Apalagi mereka yang terjangkit, tidak selalu menunjukkan gejala. Walaupun sudah mulai beraktivitas, jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow