Home » Kongkow » Beasiswa » Beasiswa Lulusan SMA Sederajat – Program Fair and Lovely Bintang Beasiswa

Beasiswa Lulusan SMA Sederajat – Program Fair and Lovely Bintang Beasiswa

- Sabtu, 08 Februari 2020 | 06:00 WIB
Beasiswa Lulusan SMA Sederajat – Program Fair and Lovely Bintang Beasiswa

Satu lagi nih beasiswa untuk pelajar kelas 12 (akan lulus tahun 2020) dan yang sudah lulus SMA/SMK/Sederajat tahun-tahun sebelumnya yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sejak tahun 2017, Fair and Lovely bekerjasama dengan Hoshizora Foundation menyelenggarakan Program Fair & Lovely Bintang Beasiswa. Beasiswa ini ditujukan bagi perempuan Indonesia kelas 12 atau yang sudah lulus SMA/SMK/Sederajat dan memiliki keterbatasan secara finansial tetapi ingin melanjutkan kuliah di PTN seluruh Indonesia.

Beasiswa Lulusan SMA Sederajat – Program Fair and Lovely Bintang Beasiswa

  1. Bantuan biaya pendidikan tunai yang disalurkan setiap awal semester ganjil, untuk memenuhi kebutuhan akademik dan kemahasiswaan.
  2. Pendampingan (capacity building) setiap tahun selama 4 tahun perkuliahan. Konten capacity building sebagai berikut
  • Tahun I : Personality Development (Self Awareness & Management)
  • Tahun II : Critical Thinking Through Community Involvement
  • Tahun III : Career Overview and Entrepreneurship
  • Tahun IV : Leadership & Professional Readiness

PERSYARATAN:

  1. Merupakan siswi kelas 12 (akan lulus tahun 2020) ATAU sudah lulus SMA/SMK/MA/sederajat pada tahun-tahun sebelumnya, yang dapat mendaftar seleksi masuk PTN tahun 2020.
  2. Siswi berasal dari wilayah sebagai berikut :
  • Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur dan Madura
  • Jawa Barat
  • Banten
  • Sumatera Utara
  • Sumatera Barat
  • Sumatera Selatan
  • Kalimantan Barat
  • Kalimantan Timur
  • Sulawesi Selatan
  1. Siswi mendaftarkan diri pada PTN terakreditasi A atau B melalui salah satu jalur berikut:
    a. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    b. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    c. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB PTAIN)
    d. Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN tujuan siswi sebelum Bulan Juli 2020
  2. Mempunyai potensi akademik dibuktikan dengan fotocopy atau scan raport, piagam prestasi lomba (jika ada), atau fotocopy ijazah & SKHUN bagi yang sudah lulus sekolah.
  3. Mempunyai rencana studi di PTN yang diinginkan dan memiliki gagasan untuk berkontribusi kepada masyarakat, berprestasi, dan bermotivasi tinggi namun mempunyai keterbatasn finansial.
  4. Berkomitmen untuk menyelesaikan kuliah dan tidak menikah selama menerima Beasiswa Fair and Lovely.
  5. Tidak berlaku untuk mahasiswa yang sudah berkuliah.
  6. Penerima Fair & Lovely Bintang Beasiswa diperkenankan mendapatkan beasiswa dari pihak lain asalkan sesuai dengan ketentuan beasiswa pihak lain tersebut.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (Softcopy):

  1. Pas foto terbaru ukuran 3×4.
  2. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua atau Slip Gaji dari Instansi tempat bekerja atau Surat Keterangan dari Kelurahan/Balai Desa. Selain itu, untuk memastikan keadaan ekonomi, mohon turut melampirkan Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau bukti Program Indonesia Pintar (PIP), atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau sejenisnya. Atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa (jika ada).
  3. Kartu Keluarga (KK) atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga.
  4. Rekening listrik terbaru (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/walinya.
  5. Bagi pelajar kelas 12 melampirkan fotocopy / scan raport semester 1 s/d 5, sedangkan bagi yang sudah lulus sekolah melampirkan fotocopy ijazah dan SKHUN.
  6. Piagam prestasi baik akademik maupun non-akademik dan juga kegiatan kepanitiaan yang sedang/pernah diikuti selama 3 tahun terakhir (jika ada).
  7. Menuliskan penghasilan orang tua yang akan sahih jika dilengkapi dengan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat (RT, RW, Kelurahan, atau Kecamatan).

Seluruh berkas dokumen di atas di-scan (jadikan softcopy) dengan format “Image / Gambar”. Ukuran file maksimal 1 MB.

CARA MENDAFTAR:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Lulusan SMA / Sederajat, calon peserta mendaftarkan diri dengan mekanisme simple sign up pada form online yang tersedia di: www.kelasberbagicerah.com. Setelah mengisi form online, peserta akan mendapatkan email terkait langkah selanjutnya yaitu pelengkapan berkas dokumen. Batas waktu mengisi form online sebelum tanggal 31 MARET 2020.
  2. Setiap calon peserta yang sudah menerima email, wajib mengisi form online lanjutan dari Hoshizora Foundation sesuai dengan instruksi yang tertera pada email.
  3. Setiap peserta yang dinyatakan lulus di setiap tahapan seleksi akan mendapatkan konfirmasi melalui SMS/Email/Whatsapp dari Hoshizora Foundation. Bagi yang tidak mendapatkan konfirmasi tersebut, artinya tidak lulus seleksi.
  4. Tim Hoshizora Foundation akan menyeleksi berkas pendaftar dan mengumumkan hasil seleksi berkas pada bulan April 2020.
  5. Calon peserta yang lolos seleksi berkas akan melanjutkan ke tahap seleksi wawancara selama bulan Mei-Juni 2020 di kota masing-masing. Wawancara diselenggarakan oleh tim Hoshizora Foundation. Apabila karena suatu hal proses wawancara tidak dapat dilaksanakan secara langsung, tim Hoshizora Foundation dapat menggunakan media lain seperti telepon dan video call.
  6. Peserta yang lolos seleksi wawancara akan melanjutkan ke tahap home visit selama bulan Mei-Juni 2020 di kota masing-masing.
  7. Peserta yang tidak lolos seleksi masuk PTN lewat jalur apapun, secara otomatis gugur.
  8. Pengumuman para penerima Fair & Lovely Bintang Beasiswa Lulusan SMA / Sederajat bisa dilihat di website: www.kelasberbagicerah.com yang akan dilakukan di bulan Juli 2020. Inaugurasi dan sesi orientasi akan dilaksanakan pada awal Agustus 2020.

Pihak INDBeasiswa hanya membantu menyebarkan informasi ini, jika ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Lulusan SMA /Sederajat atau Pelajar Kelas 12 oleh Fair and Lovely Bintang Beasiswa dapat menghubungi kontak berikut:
Kantor Pusat Hoshizora Foundation
Hoshizora Education Center
Jl. Bantul KM 5 No.235, Panggungharjo, Sewon, Bantul 55797
Telp. +62274 428 7042 / +62821-3439-5655

No HP: 0821 3439 5655 (Milah)
Email: [email protected]
Sumber Informasi Resmi: www.kelasberbagicerah.com

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya