Home » Kongkow » Materi » Macam-Macam Virus Beserta Penjelasnnya

Macam-Macam Virus Beserta Penjelasnnya

- Rabu, 23 Maret 2022 | 12:00 WIB
Macam-Macam Virus Beserta Penjelasnnya

gambar macam-macam virus

Untuk lebih jelasnya kita membahas mengenai virus, maka langsung saja disimak artikel dibawah ini.

1. Virus HIV/AIDS

Virus HIV/AIDS merupakan 2 virus yang sangat berbahaya. HIV (Human Immunodeficiency) merupakan jenis virus yang akan dapat memperlemah kekebalan tubuh pada manusia. Orang-orang yang terkena virus HIV ini akan menjadi rentan terhadap infeksi atau mudah terkena tumor.

Walaupun penanganan yang ada dapat memperlambat laju perkembangan dari  virus HIV ini, namun jenis penyakit dari virus ini belum benar-benar dapat disembuhkan.

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndromemerupakan sekumpulan gejala atau infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan pada tubuh manusia akibat dari infeksi virus HIVataupun infeksi dari virus-virus lain yang mirip.

2. Virus Rabies

Rabies merupakan penyakit infeksi tingkat akut yang terjadi pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Virus Rabies yang masuk golongan keluarga virus Rhabdoviridae dan genus Lysavirus. Penyakit yang timbul dari virus rabies in bersifat zoonotik, yang maksdunya dapat ditularkan dari hewan kepada manusia. Virus rabies dapat ditularkan kepada manusia melalui gigitan hewan seperti oleh gigitan kucinganjing, kera, kelelawar dan rakun.

Rabies disebut juga sering dikatakan sebagi penyakit anjing gila.

BACA JUGA : Lima Tahap Reproduksi Virus

3. Virus Sapi Gila

gambar <a href=virus sapi gila" src="https://www.ayoksinau.com/wp-content/uploads/2017/10/gambar-virus-sapi-gila-e1508646561320.jpg" style="height:225px; width:307px" />

Virus sapi gila akan dapat menyebabkan penyakit Creutzfeldt-Jackob atau disingkat CJD (Creutzfeldt-Jacob disease) yang merupakan jenis penyakit langka dan sangat fatal yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak manusia secara cepat. penyakit ini termasuk pada golongan penyakit yang dikenal dengan istilah Transmissible Spongioform Encephalopaties yang juga menyerang hewan dan dikenal dengan penyakit sapi gila atau “mad cow”.

Otak manusia yang terserang jenis penyakit ini akan berbentuk seperti sponge (berlubang-lubang).

Jenis penyakit Sapi Gila pada manusia bukan disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit akan tetapi melainkan sejenis protein yang disebut dengan  “Prion”.

Bahkan,  dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa “Prion” tidak memiliki rantai DNA yang berarti bukan termasuk dalam golongan mikroorganisme hidup.

Baca Juga :

Virus - BAB 2 kelas 10 sma

Sejarah Penemuan Virus

4. Virus Ebola

Virus Ebola akan dapat menyebabkan penyakit virus ebolaatau demam berdarah. Ebola merupakan jenis penyakit pada manusia yang penyebabnya adalah virus Ebola.

Masa inkubasi pada tubuh biasanya akan dimulai dua hari sampai tiga minggu setelah terjangkit virus, dengan adanya demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan sakit kepala.

Gejala yang akan terjadi pada penderita penyakit ebola biasanya dengan mual, diare, muntah serta menurunnya fungsi liver serta ginjal. Sehingga pada kondisi tersebut, orang yang terjangkit virus Ebola mulai mengalami masalah pendarahan.

Virus ebola mungkin dapat ditularkan melalui kontak yaitu melalui darah ataupun cairan tubuh pada hewan yang terinfeksi (biasanya pada monyet ataupun kelelawar).Kelelawar buah yang diyakini dapat membawa dan kemudian menyebarkan virus tanpa terjangkit.

Begitu terjadi infeksi pada manusia, penyakit ebola kemudian akan dapat menyebar pada orang lain yang berada di sekitarnya.

5. Virus Polio

Virus polio merupakan virus yang masuk dalam keluargaPicornaviridaeyang merupakan penyebab dari penyakit poliomielitis. Virus polio ini memiliki diameter kurang lebih 30 nm, yang tahan pada keadaan asam (yaitu pH 3 atau lebih rendah), dan berbentuk ekosahedral. Partikel penyusunvirus polioini terdiri dari empat protein kapsid yang berbeda-beda, disebut VP1, VP2, VP3, dan juga VP4.

Virus polio dapat diklasifikasikan menjadi tiga golongan yang berdasarkan sifat antigenik protein penyusunnya.

Virus polio ini dapat menyebar melalui kontaminasi tinja pada makanan ataupun pasokan air. Apabila virus polio ini telah berhasil menginfeksi usus maka akan dapat terjadi kerusakan pada jaringan dan mengakibatkan manusia diare.

Demikianlah ulasan mengenai macam-macam virus dan penjelasannya, semoga bisa bermanfaat dan bermanfaat.

Baca Juga :

Klasifikasi Virus

Virus: Struktur, Sifat-sifat, dan Senyawa Penyusun Virus

Cari Artikel Lainnya