Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Bagaimana Cara Termometer Mengukur Suhu

Bagaimana Cara Termometer Mengukur Suhu

- Sabtu, 30 Mei 2020 | 12:00 WIB
Bagaimana Cara Termometer Mengukur Suhu

Termometer adalah alat yang mengukur suhu. Dapat mengukur suhu zat padat seperti makanan, cairan seperti air atau gas seperti udara. Tiga unit pengukuran yang paling umum untuk suhu adalah derajat Celsius, derajat Fahrenheit dan Kelvin.

Skala Celcius adalah bagian dari sistem metrik. Sistem pengukuran metrik juga mencakup satuan massa, seperti kilogram, dan unit jarak, seperti kilometer. Sistem metrik, termasuk Celsius, adalah sistem pengukuran resmi untuk hampir semua negara di dunia. Sebagian besar ilmuwan mengukur suhu menggunakan skala Celcius. Nol derajat Celcius adalah titik beku air. Seratus derajat Celcius adalah titik didih air.

Bagaimana Cara <a href=Termometer Mengukur Suhu" src="https://i1.wp.com/profesorku.com/wp-content/uploads/2018/11/Termometer.jpg?resize=885%2C496&ssl=1" style="height:224px; width:400px" />

Pada saat matahari bersinar termometer taman menunjukkan 36 derajat Celcius (96,8 derajat Fahrenheit) pada hari musim panas.

Amerika Serikat, Myanmar dan Liberia mengadopsi skala Fahrenheit untuk mengukur suhu. Namun, para ilmuwan di sini juga sering menggunakan skala Celcius atau Kelvin untuk mengukur suhu. Air membeku pada 32 derajat Fahrenheit dan mendidih pada 212 derajat Fahrenheit.

Skala Kelvin digunakan oleh para ilmuwan yang perlu mencatat suhu yang sangat tepat. Skala Kelvin adalah satu-satunya unit pengukuran yang mencakup suhu untuk “nol mutlak.” Ini adalah ketiadaan total energi panas. Banyak ilmuwan menggunakan Kelvins untuk menghitung suhu benda dingin, termasuk dingin di luar angkasa. Air membeku di 273 Kelvin, dan mendidih pada 373 Kelvin. 75 derajat Fahrenheit akan dibaca sebagai 297 Kelvin

Termometer Cair
Ketika dipanaskan, cairan mengembang pada laju biasa. Untuk alasan ini, bentuk termometer yang umum mengandung cairan dalam tabung kaca yang sempit. Daniel Gabriel Fahrenheit adalah seorang ilmuwan Polandia yang menemukan salah satu jenis termometer yang paling dikenal. Ia menggunakan merkuri logam cair dalam kaca. Merkuri adalah bahan umum yang digunakan dalam termometer cair. Alkohol juga bisa digunakan sebagai cairan termometer.

Bagaimana Cara <a href=Termometer Mengukur Suhu" src="https://i0.wp.com/profesorku.com/wp-content/uploads/2018/11/termometer-cair.jpg?resize=320%2C162&ssl=1" style="height:162px; width:320px" />

Termometer Cairan

Dalam termometer ini, cairan berada di dasar wadah, atau bola lampu. Ketika panas naik, cairan mengembang dari wadah ke area kosong, memanjat tabung. Ketika suhu turun, cairan menyusut dan kembali turun. Termometer cair sering mencakup skala suhu Celcius dan Fahrenheit, yang ditampilkan di kedua sisi tabung.

Termometer cair dapat dibatasi oleh jenis cairan yang digunakan. Merkuri, misalnya, menjadi padat pada -38,83 derajat Celcius (-37,89 derajat Fahrenheit). Termometer merkuri tidak dapat mengukur suhu di bawah titik ini. Alkohol mendidih pada sekitar 78 derajat Celcius (172 derajat Fahrenheit). Ini tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu di atas titik ini.

Termometer Elektronik

Merkuri dan termometer cair lainnya tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu di Kelvin. Termometer Kelvin biasanya listrik. Mereka dapat merekam variasi kecil dalam radiasi, atau gelombang energi, yang tidak dapat kita lihat. Variasi ini tidak dapat menaikkan tingkat merkuri dalam termometer cair

Bagaimana Cara <a href=Termometer Mengukur Suhu" src="https://i0.wp.com/profesorku.com/wp-content/uploads/2018/11/Termometer-digital.jpg?resize=1000%2C667&ssl=1" style="height:267px; width:400px" />

Termometer elektronik medis. Termometer ini mengukur suhu tubuh pasien

Termometer lainnya
Sekarang ini, termometer khusus digunakan untuk berbagai tujuan. Sebuah cryometer mengukur suhu yang sangat rendah. Cryometers digunakan untuk mengukur suhu di ruang angkasa. Pirometer digunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi. Perusahaan baja menggunakan pirometer untuk mengukur suhu besi dan logam lainnya.

Astronom menggunakan termometer inframerah untuk mengukur suhu di ruang angkasa, misalnya. Inframerah adalah jenis radiasi. Termometer ini dapat mengambil radiasi inframerah pada jarak yang sangat jauh. Mereka dapat menghubungkan radiasi ini dengan suhu tertentu di permukaan planet.

Pelatih atletik menggunakan termometer tablet. Ini dapat mencegah dan mengobati penyakit terkait panas. Seorang atlet menelan termometer tablet, yang kemudian mengirimkan informasi tentang suhu inti tubuh selama 18 hingga 30 jam. Termometer tablet menggunakan kristal cair untuk melacak perubahan panas tubuh. Mereka mengirim pesan ke suatu tempat di luar tubuh, seperti komputer, yang menunjukkan data ini.

Para peneliti di Universitas Harvard telah menciptakan nanothermometer. Ia mampu mengukur perubahan suhu kecil di dalam satu sel hidup. Para ilmuwan sekarang membuat teknologi yang dapat mengubah suhu seluler. Teknologi ini akhirnya dapat digunakan dalam perawatan medis yang terlalu panas dan membunuh kanker di dalam sel.

Bagaimana Cara <a href=Termometer Mengukur Suhu" src="https://i1.wp.com/profesorku.com/wp-content/uploads/2018/11/termometer-tertinggi.jpg?resize=678%2C1024&ssl=1" style="height:604px; width:400px" />

Termometer terbesar di dunia di luar Las Vegas, Nevada

Termometer terbesar di dunia ada di Las Vegas. Termometer ini mempunyai tinggi 134 kaki tinggi dan memperingati suhu tertinggi yang pernah tercatat di Amerika Utara: 134 derajat Fahrenheit. Gurun di dekatnya yang disebut Death Valley mendapat panas ini 80 tahun yang lalu.

Cari Artikel Lainnya