0
28
0
Teknik Pernapasan 4-7-8: Bikin Ngantuk dan Tertidur Pulas Kayak Bayi dalam Waktu Semenit
4 weeks 'ago'

Banyak orang yang hingga saat ini masih sering mengeluh susah tidur alias insomnia. Penyebabnya beragam, ada yang disebabkan oleh makanan atau ada juga yang karena banyak pikiran. Padahal, jika sering mengalami insomnia, bisa-bisa esok paginya jadi ngantukan dan nggak konsen saat bekerja.

Nah, buatmu yang sering mengeluh susah tidur, coba deh teknik pernapasan 4-7-8 ini.  Konon katanya, metode ini mampu membuatmu tertidur hanya dalam waktu satu menit lo! Yuk, simak ulasan berikut untuk tahu lebih dalam.

Melansir laman Healthline, pernapasan 4-7-8 yang dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil ini terinspirasi dari teknik yoga kuno yakni pranayama

Teknik ini mampu membantumu untuk mendapatkan kendali pernapasan agar lebih rileks dan tenang. Jika dilakukan secara benar, teknik ini mampu membuatmu tertidur lebih cepat. Kamu harus fokus mengambil napas panjang dan dalam untuk dapat melakukan teknik ini.

Pernapasan ini bekerja dengan cara mengatur keluar masuknya oksigen dari dalam paru-paru

Jika kamu rileks, peredaran oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh akan lebih lancar. Dengan begini, tubuh akan memiliki keseimbangan cukup yang dapat membuat detak jantung jadi lebih stabil. Nah, kalau detak jantung stabil sistem saraf pun akan lebih tenang, sehingga kamu bisa mudah tertidur dengan lelap.

Teknik pernapasan 4-7-8 ini sangat sederhana, nggak memakan banyak waktu, dan hanya butuh lima langkah untuk melakukannya

Sebelum melakukan teknik ini, kamu disarankan untuk duduk atau rebahan dengan posisi punggung lurus. Selama proses ini berjalan, kamu harus meletakkan ujung lidah di punggung jaringan yang berada di belakang gigi depan atas. Setelah itu, cobalah hembuskan napas melalui mulut di sekitar lidahmu, lalu lakukan lima langkah berikut:

  1. Buat suara mendesing dan buang napas sepenuhnya melalui mulut.
  2. Tutup mulut dan tarik napas pelan-pelan melalui hidung dalam empat detik.
  3. Tahan napas selama tujuh hitungan.
  4. Kemudian, buang napas melului mulut dan buat suara whoosh hingga hitungan ke delapan.
  5. Tarik napas lagi dan ulangi siklus selama tiga kali, jadi total kamu melakukan empat kali pernapasan.

Bagian terpenting dari proses ini ialah menahan napas selama delapan detik. Proses menahan napas ini mampu membantu peredaran oksigen ke seluruh tubuh yang sebelumnya ada di paru-paru. Nah, hal inilah yang bisa menghasilkan proses relaksasi dalam tubuh.

Untuk benar-benar bisa membuatmu tertidur, kamu perlu rutin melakukan teknik pernapasan ini selama dua kali sehari dalam jangka waktu dua bulan

Melalui laman Medical Daily, pendiri Northern Westchester Surgical Associates General, Dr. Michelle E. Gordon, menyebut bahwa cara ini memang ampuh untuk membuatmu lebih rileks. Ia pun bahkan melakukan cara ini untuk menenangkan pasiennya setelah operasi. Namun, untuk bisa membuatmu tertidur, perlu waktu sesuai yang telah dijelaskan di poin sebelumnya.

Hingga saat ini memang belum ada hal yang bisa membuatmu cepat tidur, kecuali obat. Namun, cara ini tetap bisa kok jadi salah satu alternatif latihan pernapasan untuk merilekskan tubuh dan mengundang kantuk. Lagipula, kamu nggak perlu banyak tenaga untuk dapat melakukan latihan ini. Cukup sederhana dan bisa jadi solusi, kan?

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
Lencana
Kongkow