0
18
0
5 Tingkatan Suhu Api Berdasarkan Warna Nyala Apinya
2 weeks 'ago'

Bukan bara yang warna oranye lho!

5 Tingkatan Suhu Api Berdasarkan Warna Nyala Apinyabeautifuljava.co.id

Api merupakan oksidasi yang cepat terhadap suatu material dalam proses pembakaran kimiawi yang menghasilkan panas, cahaya, serta hasil kimia yang lain. Api berupa energi berintensitas yang bervariasi serta memiliki cahaya. Penemuan cara menghasilkan api merupakan salah satu hal yang paling berguna bagi kehidupan manusia. Banyak sekali manfaat api yang kita rasakan sehari-hari. Tingkatan suhu api bisa kita lihat dari warna nyala api tersebut yang menunjukkan tingkat efisiensi pembakarannya. Berikut daftarnya.

1. Api Putih

5 Tingkatan Suhu Api Berdasarkan Warna Nyala Apinyanewshub.co.nz

Api yang paling panas ini berada di dalam inti matahari, api putih muncul akibat adanya reaksi fusi oleh matahari. Karena suhunya yang melebihi 2000 derajat celcius, api putih banyak dipakai di pabrik-pabrik yang memproduksi material besi dan bahan sejenisnya. Api ini mungkin sangat jarang kita temui.

2. Api Biru

5 Tingkatan Suhu Api Berdasarkan Warna Nyala Apinyatanamen.com

Api biru mempunyai suhu sekitar 1500 derajat celcius, mungkin api ini sering kita jumpai di kompor gas yang ada di dapur. Api biru berbahan bakar gas serta mengalami pembakaran yang sempurna. Tingkatan api ini masih di bawah api putih, tetapi masih di atas api berwarna kuning, jingga, dan merah yang umum kita jumpai.

3. Api Kuning

5 Tingkatan Suhu Api Berdasarkan Warna Nyala Apinyapixabay.com/HolgersFotografie

Api yang satu ini mempunyai suhu sekitar 1200 sampai 1500 derajat celcius, masih sangat panas bukan? Tingkat efisiensi dari pembakaran api kuning berada di bawah api biru. Api kuning biasanya dihasilkan oleh pembakaran minyak tanah yang juga cenderung ke jingga. Api ini biasanya sering kita lihat di bagian tengah nyala api.

4. Api Jingga

5 Tingkatan Suhu Api Berdasarkan Warna Nyala Apinyaunsplash.com/Cullan Smith

Api berwarna jingga sering kita jumpai pada pembakaran kayu atau arang. Api ini mempunyai suhu yang lebih dingin dibandingkan api kuning, suhunya berada di kisaran 1000 sampai 1200 derajat celcius. Mungkin api jingga merupakan warna api yang paling sering kita jumpai.

5. Api Merah

5 Tingkatan Suhu Api Berdasarkan Warna Nyala Apinyapexels.com/icon0.com

Api merah merupakan api dengan suhu yang paling rendah. Suhunya berada di bawah 1000 derajat celcius. Api ini biasanya kita temui di bagian paling luar dari nyala api, pembakarannya pun bisa dibilang kurang sempurna. Namun tetap jangan bermain-main dengan api ini ya!

Itulah 5 tingkatan suhu api berdasarkan warna nyala apinya. Walaupun berbeda warnanya, api tetaplah api yang punya suhu tinggi. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow