Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Benang Putih Pada Pisang, Ternyata Ini Manfaatnya!

Benang Putih Pada Pisang, Ternyata Ini Manfaatnya!

- Selasa, 20 Agustus 2019 | 12:18 WIB
Benang Putih Pada Pisang, Ternyata Ini Manfaatnya!

Benang Putih Pada Pisang, Ternyata Ini Manfaatnya!

Pisang merupakan buah yang sudah umum kita konsumsi dan kita dengar. Mungkin kita semua pernah memakan buah berwarna kuning ini.  saat mengupas buah pisang terutama pada bagian pisang yang menempel langsung pada pisang, ada benang putih pada pisang tersebut.

Yaps, kita semua mungkin sudah pernah tahu mengenai benang putih pada pisang tersebut. Kita mungkin hanya menganggapnya sebagai pengganggu saat kita memakan buah berwarna kuning ini. Namun tahukah Anda ternyata ada manfaat benang putih pada pisang tersebut. Bahkan manfaatnya sangat luar biasa untuk tubuh kita. Apa saja?

Manfaat Benang Putih Pada Pisang yang Perlu Anda Tahu

Saat memakan buah pisang kita pasti menemukan benang putih pada pisang dan saat hendak memakannya kita mungkin membuangnya karena menganggapnya tidak penting bahkan mengganggu kita saat hendak memakan pisang. sebenarnya benang putih pada pisang yang sering kita anggap sebagai pengganggu itu adalah sebuah jaringan pengangkut makanan pada pisang. Jaringan tersebut sering kita sebut dengan nama jaringan phloem.

Di sekolah kita mungkin sudah pernah mendengarnya bukan? Jaringan phloem ini merupakan jaringan kompleks yang bertugas untuk mengantarkan makanan, nutrisi, mineral dan air pada buah pisang.

Untuk lebih jelasnya jika dianalogikan, benang putih pada pisang ini mirip seperti pembuluh darah pada tubuh kita. Yang mana pembuluh darah itu berfungsi untuk mendistribusikan nutrisi ke seluruh bagian tubuh kita.

Begitupun yang berlaku pada buah pisang ini. benang putih pada pisang bertugas mendistribusikan nutrisi ke seluruh bagian buah pisang agar buah pisang bisa tumbuh dengan adanya nutrisi atau makanan tersebut.

Disebutkan bahwa direktur Dole Nutrition Institute dalam kimia fisik/ non organik dan merupakan VP penelitian nutrisi yang bernama Nicholas D. Gillitt menyebutkan bahwa terdapat perbedaan gizi pada benang putih pada pisang dan daging buah pisang itu sendiri. Karena benang putih pada pisang memiliki tugas khusus dan struktur tersendiri sehingga benang putih pada pisang memiliki komposisi atau kandungan yang berbeda dari bagian dalam atau daging buah pisang itu sendiri.  Sementara kandungan yang terdapat pada benang putih pada pisang yaitu kandungan serat yang lebih banyak dari daging buah pisang.

Baca Juga :

Manfaat Minum Air Rebusan Pisang Sebelum Tidur

Betulkah Pisang Bisa Bikin Perut Buncit? Ini Faktanya

Bonggol Pisang Dapat Dibuat Jadi Mikroorganisme Lokal

Dari penuturan tersebut bisa disimpulkan bahwa manfaat yang terkandung dalam benang putih pada pisang sangatlah penting, tak hanya untuk buah pisang itu sendiri namun juga pada orang yang mengkonsumsinya. Namun tak jarang dari kita menganggapnya pengganggu dan membuangnya saat hendak memakan buah pisang.

Memang bentuknya atau tekstur yang dimiliki terasa aneh saat kita makan. benang putih pada pisang tersebut benar-benar terasa seperti kit memakan benang. Namun ternyata tampilan dan tekstur dari benang putih pada pisang menyembunyikan manfaat yang baik untuk kita jika kita memakannya.

Karena kandungan seratnya yang tinggi maka jaringan phloem atau pembuluh darah dari pisang ini bisa memenuhi kebutuhan serat pangan kita sehari-hari. Karena kandungan serat yang terkandung dalam benang putih pada pisang ini, maka benang putih pada pisang aman untuk dikonsumsi bahkan bisa melancarkan pencernaan kita.

Jadi, jika kita memakan buah pisang dan menemukan benang putih pada pisang, jangan lagi menganggapnya sebagai pengganggu. Kita aman memakan benang putih pada pisang ini serta mengambil manfaat yaitu kandungan serat tinggi di dalamnya.

Itulah tadi manfaat benang putih pada pisang yang ternyata belum banyak orang yang tahu. Semoga informasi yang kami bagikan diatas bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya