0
28
0
7 Perbedaan Introvert Dan Antisosial Dalam Psikologi
4 weeks 'ago'

Orang yang kurang memahami pengertian dari introvert dan antisosial terkadang menyamakan kedua istilah tersebut sama. Namun sebetulnya tidak sama, banyak orang yang mengartikan introvert adalah anti sosial dan sebaliknya. 

Padahal kedua istilah tersebut merupakan dua hal yang berbeda artinya. Introvert tidak bisa dikatakan sebagai antisosial, begitu juga sebaliknya. Untuk mengetahui apa saja perbedaan introvert dan antisosial, berikut ini contoh juga penjelasannya di bawah ini:

1. Introvert merasa nyaman dengan diri sendiri namun mampu memiliki hubungan baik dengan orang lain sedangkan antisosial dirinya tidak mampu berhubungan dengan orang lain secara sehat

Orang yang memiliki sikap introvert, dirinya cenderung hanya suka melakukan segala hal sendiri, ia merasa nyaman dengan keadaan sepi daripada ramai. Namun, introvert mampu menjalin sebuah hubungan yang baik kepada orang sekitarnya. Berbeda dengan antisosial, dirinya lebih memilih menarik diri dari lingkungan. Sehingga untuk berinteraksi dengan orang lain agak sulit. 

2. Introvert merupakan bentuk kepribadian namun antisosial adalah masalah pada kesehatan mental seseorang

Selanjutnya perbedaan introvert dan antisosial adalah Anda harus berhati – hatilah apabila memiliki rekan atau kerabat dengan indikasi antisosial. Karena orang yang antisosial hampir sama dengan orang psikopat. Mereka suka menipu, mempengaruhi, membenci dan menolak segala sesuatu yang bersifat baik. Karena antisosial memandang segalanya secara buruk dimata mereka. Berbeda dengan introvert yang memiliki karakter tertutup, namun cenderung jarang membenci orang lain.

3. Seseorang yang antisosial bisa menjadi orang yang sangat ekstrovert dan terbuka sedangkan introvert tidak bisa menjadi seorang ekstrovert

Umumnya orang mengira bahwa seseorang yang antisosial lebih suka sendiri dan tidak suka berkumpul dengan orang lain. Siapa sangka mereka juga mampu bisa menjadi bersikap ektrovert dan terbuka bagi orang lain semau mereka. Namun, umumnya dalam tujuan tertentu, seringnya tujuan negatif. Sedangkan introvert berbeda dikarenakan mereka tidak bisa menjadi sosok yang ektrovert karena hal tersebut merupakan kepribadian yang tidak bisa dirubah.

4. Introvert bisa berhubungan dengan orang yang dekat dengan dirinya, sedangkan antisosial tidak memiliki rasa empati terhadap orang lain

Untuk tahu perbedaan introvert dan antisosial adalah jika introvert memiliki rasa empati. Mereka juga dapat menjalin satu hubungan dengan orang terdekat dengan dirinya dan memiliki rasa peduli tentang perasaan orang lain. Namun orang yang antisosial tidak memiliki perasa peduli dan juga sangat egois, ia hanya peduli dengan dirinya sendiri.

5. Seorang yang memiliki sikap introvert tidak bisa diubah namun orang yang antisosial masih bisa diubah

Berikutnya perbedaan intovert dan antisosial adalah jika introvert tidak bisa diubah. Hal itu merupakan kepribadian yang positif dan tidak bermasalah apabila seseorang memiliki kepribadian sebagai introvert. Namun, orang yang berjiwa antisosial hal ini merupakan penyakit yang perlu disembuhkan. Sehingga butuh diubah karena kalau tidak akan berdampak kepada hal yang lebih parah, karena dia akan menyakiti orang lain juga dirinya sendiri. 

6. Introvert bisa beradaptasi dan bersikap ramah kepada siapa saja sedangkan antisosial beranggapan semua orang adalah musuhnya

Sebagai introvert yang biasa bersikap tertutup, introvert masih bisa bersikap ramah kepada siapa saja. Berbeda dengan si antisosial yang menganggap semua orang merupakan musuhnya, dirinya tidak mudah percaya kepada orang lain dan menganggap orang memiliki tujuan jahat pada dirinya.

7. Introvert cenderung suka menghabiskan waktu dengan melakukan hal yang dia suka namun antisosial lebih senang menghabiskan waktunya untuk berpikir bagaimana caranya berbuat buruk pada orang lain

Sosok introvert walau dirinya lebih menyukai kesendirian mengenai kegiatan yang disukai, namun mereka melakukan dengan tujuan baik. Berbeda dengan orang yang merasa antisosial yang cenderung mekakukan dan berpikir untuk diri sendiri atau membuat manipulasi jahat kepada orang lain. 

Demikianlah beberapa contoh juga penjelasan mengenai perbedaan introvert dan antisosial. Semoga menjadi manfaat dan pengetahuan untuk Anda.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Arifah
80
4
5
Lencana
Sandrina M.Drone
Upload Kongkow Badges
Kongkow