Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mayones, Menyehatkan dan Menambah Cita Rasa namun Ada pula Bahayanya

Mayones, Menyehatkan dan Menambah Cita Rasa namun Ada pula Bahayanya

- Selasa, 27 April 2021 | 15:00 WIB
Mayones, Menyehatkan dan Menambah Cita Rasa namun Ada pula Bahayanya

Penggunaan mayones dalam makanan semakin populer. Salad, pizza dan beberapa makanan lain selalu menyertakan mayones sebagai penambah rasa. Demikian pula dengan makanan yang di goreng, seperti  udang, kentang, dan sebagainya.

Namun tahukah Anda, apakah mayones baik untuk kesehatan?

Mayones diketahui terbuat dari minyak, kuning telur, jus lemon atau cuka, garam dan mustard. Secangkir mayones mengandung 1440 kalori, 24 gram lemak jenuh, dan 160 gram lemak. Selain itu mayones juga mengandung vitamin dan mineral. Dalam 100 gram mayones terkadung 20 gram kalium, 635 miligram natrium, satu gram protein, 42 miligram kolesterol, serta masing-masing  satu persen vitamin A, B12, D, E, K, dan zat besi.

Beberapa jenis mayones seperti  light mayonnaise, memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit. Sedangkan reduced fat mayonnaise memiliki kalori dan lemak jenuh rendah. Ada pula mayones yang berbahan sayur seperti veg mayones.

Bagi orang yang sedang menjalani program diet sebaiknya tidak mengonsumsi mayones. Kandungan lemak tinggi dalam mayones dikhawatirkan justru merusak program diet yang dilakukan. Meskipun mayones dibuat menggunakan minyak cair yang tidak seluruhnya terbuat dari lemak jenuh. Minyak zaitun yang kerap ditambahkan dalam mayones memiliki kandungan lemak yang tinggi serta 124 kalori setiap sendok makan.

Mengonsumsi mayones dalam jumlah besar juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan arteri koroner. Penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat menyebutkan, mayones yang mengandung natrium dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sedangkan telur yang digunakan untuk membuat mayones dikhawatirkan juga menyebabkan beberapa penyakit seperti diare, demam, dan infeksi bakteri salmonella.

Namun di sisi lain, mayones juga memiliki berbagai manfaat. Salah satunya membantu tubuh menyerap nutrisi seperti vitamin A, D, E, dan K. Semua vitamin tersebut akan larut dalam lemak. Sehingga tubuh membutuhkan lemak agar vitamin-vitamin tersebut terserap dengan baik.

Mayones juga dapat membantu memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Pasalnya mayones mengandung jus lemon dan minyak zaitun yang mampu meningkatkan sistem imun. Sedangkan kandungan vitamin C dan omega 3 dapat menghindarkan tubuh dari penyakit akibat patogen mikroorganisme.

Sedangkan kuning telur yang digunakan membuat mayones sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Pasalnya kuning telur tidak hanya tinggi protein tetapi juga banyak mengandung mineral penting yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Mayones juga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini lantaran rasa asam dan manis dalam mayones dapat menambah cita rasa. Kandungan minyak mayones memiliki palatabilitas  atau kemampuan untuk merasa, mencicipi, mengecap makanan yang tinggi dan membuat orang ingin mencicipi.

Melihat beberapa penjelasan tersebut maka tidak masalah kita mengonsumsi mayones. Namun tetap dalam jumlah secukupnya dan tidak berlebihan. Namun bagi Anda yang memiliki masalah dengan kalori sebaiknya tidak mengonsumsi mayones.

Cari Artikel Lainnya