Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 7 Macam Ilmu Sains Yang Selama Ini Kita Pelajari

7 Macam Ilmu Sains Yang Selama Ini Kita Pelajari

- Jumat, 19 Juli 2019 | 10:54 WIB
7 Macam Ilmu Sains Yang Selama Ini Kita Pelajari

Ilmu pengetahuan merupakan sebuah informasi yang akan terus berkembang setiap waktunya. Dengan perkembangan akan ilmu pengetahuan tersebut, manusia dapat hidup dengan baik dan mudah dalam menjalankan aktifitasnya. Sains atau ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai fenomena alam membuat manusia memiliki gambaran akan jawaban atas fenomena yang mereka rasakan selama ini. Sains sendiri memiliki ciri khas yang melengkapi ilmu pengetahuan tersebut yang terdiri dari benda konkret yang merupakan objek dari sains tersebut, dapat dikembangkan dengan pengalaman empiris, bersifat objektif, melahirkan hukum yang bersifat universal dan dapat dimanfaatkan untuk berpikir secara logis. Sains sendiri dibagi menjadi beberapa ilmu yang masing-masing ilmu tersebut mengatur objek yang berbeda-beda. Meskipun memiliki objek yang berbeda-beda, ilmu sains tersebut memiliki kaitan yang erat dengan kehidupan manusia. Untuk mengetahui ilmu sains secara lengkap, simak 7 macam ilmu sains berikut ini.

Berikut 7 Macam Ilmu Sains Sesuai dengan Kegunaannya

  • Fisika

7 macam ilmu sains

Fisika yang berasal dari Bahasa Yunani dan memiliki arti ala mini merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai sifat dan gejala yang terjadi pada benda-benda yang terdapat di alam. Gejala yang terjadi di alam merupakan hal yang wajar terjadi di lingkungan manusia. Fisika merupakan ilmu sains yang penting untuk dipelajari karena memiliki peranan yang sangat penting untuk mengetahui struktur benda mati. Sebagai ilmu sains tertua, ilmu fisika telah dipelajari sejak jaman dahulu dan melahirkan banyak penemu terkenal sekelas Newton dan Galileo.

  • Biologi

Biologi merupakan ilmu sains yang berhubungan dengan seluk beluk terjadinya kehidupan. Manfaat ilmu sains tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak manfaat yang dihasilkan oleh ilmu sains tersebut dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pengobatan, pertanian, peternakan, industry dan perikanan. Bioteknologi merupakan salah satu hasil ilmu biologi yang mengalami perkembangan sehingga menimbulkan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.

  • Kimia

Selain biologi dan fisika, kimia merupakan ilmu sains yang bermanfaat bagi manusia. Kimia yang merupakan turunan dari Ilmu Pengetahuan Alam ini sangat membantu manusia dalam mengetahui teka-teki kehidupan yang sulit untuk dipecahkan. Dengan mempelajari ilmu tersebut, manusia dapat mengetahui akan bahaya dari bahan-bahan kimia, mengetahui proses alam yang berlangsung, memahami bahan olahan pembuatan alat kosmetik, bahan bakar dab pupuk yang digunakan merupakan beberapa manfaat yang diperoleh dalam pemahaman ilmu kimia.

  • Geografi

7 macam ilmu sains

Geografi menjadi ilmu sains lainnya yang berguna dan dibutuhkan oleh manusia. Dengan ilmu tersebut, manusia dapat melakukan pemetaan akan potensi untuk tanah pertanian, mengarahkan pembangunan daerah, dapat mengetahui potensi alam yang dimiliki oleh suatu daerah, melakukan pemetaan pada daerah yang rawan bencana dan mengetahui jumlah kepadatan penduduk.

  • Matematika

7 macam ilmu sains

Ilmu sains lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah matematika. Ilmu tersebut dapat membantu manusia untuk melancarkan proses berdagang, dijadikan sebagai dasar pokok ilmu, melatih cara berpikir seseorang dan melatih kesabaran.

  • Sosiologi

  • Astronomi

7 macam ilmu sains

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan manusia satu dengan manusia lain. Dengan ilmu tersebut, manusia dapat melatih diri bagaimana menempatkan diri mereka di tengah masyarakat. astronomi merupakan 7 macam ilmu sains yang lain. Dengan mempelajari ilmu tersebut, manusia akan memiliki pengetahuan seputar perbintangan. Manusia dapat menghitung tanggal, mengetahui cuaca yang sedang berlangsung, mengetahui arah mata angin dan digunakan sebagai bahan untuk melakukan ramalan.

Cari Artikel Lainnya