Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 10 Pegunungan di Indonesia – Ketinggian dan Letaknya (#Paling Lengkap)

10 Pegunungan di Indonesia – Ketinggian dan Letaknya (#Paling Lengkap)

- Kamis, 11 Juli 2019 | 10:10 WIB
10 Pegunungan di Indonesia – Ketinggian dan Letaknya (#Paling Lengkap)

Pegunungan merupakan rangkaian dari gunung-gunung yang memiliki kaitan geologis antara satu dengan yang lainnya. Jenis-jenis rantai pegunungan dibedakan dari cara-cara terbentuknya. Pegunungan yang terbentuk dari proses pelipatan dari lapisan bumi di bagian dalam disebut sebagai pegunungan lipatan. Sementara itu, pegunungan yang terbentuk dari peristiwa bengkahan yang mengakibatkan adanya pengangkatan pada kulit bumi hingga membentuk tonjolan-tonjolan pegunungan.

Pegunungan di Indonesia

Pegunungan di Indonesia

Di Indonesia sendiri banyak terdapat pegunungan yang membentang di pulau-pulau besarnya seperti Sulawesi, Sumatera, Jawa, dan Papua. Rangkaian pegunungan yang ada di Indonesia membentuk suatu kekayaan bentang alam yang menakjubkan.  Keberadaan pegunungan-pegunungan ini selain menjadi bagian penting dalam ekosistem, ternyata juga memberikan kontribusi besar sebagai potensi wisata Indonesia.  Jenis pegunungan yang terakhir adalah pegunungan berapi yang terbentuk dari adanya lelehan material yang terangkat ke permukaan bumi hingga membentuk lapisan-lapisan yang menonjol. Berikut ini adalah daftar dari pegunungan yang ada di Indonesia yang perlu untuk diketahui.

1. Pegunungan Bukit Barisan

Pegunungan Bukit Barisan

Salah satu pegunungan yang paling terkenal di wilayah Barat Indonesia adalah Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan ini membentang sepanjang 1.650 kilometer dari utara ke selatan Pulau Sumatera. Pegunungan Bukit Barisan melintasi Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung dan seolah membelah Pulau Sumatera menjadi sisi Timur dan sisi Barat dengan kondisi geologis yang berbeda. Pegunungan Bukit Barisan memiliki lokasi yang berdekatan dengan lempeng tektonik Eurasia dan Australia. Puncak dari Pegunungan Bukit Barisan yang paling tinggi adalah Gunung Kerinci di Provinsi Jambi (dekat dengan perbatasan Sumatera Barat), dengan ketinggian gunung mencapai 3.805 meter dari permukaan laut.

2. Pegunungan Kapur Utara

Pegunungan Kapur Utara

Pegunungan Kapur Utara merupakan pegunungan yang membentang di pesisir utara Pulau Jawa. Pegunungan ini membentang melewati Pati, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Lamongan. Pegunungan Kapur Utara tidak sepanjang Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera. Jika ditarik garis dari Pati hingga Lamongan, panjang total dari Pegunungan Kapur Utara adalah sekitar 50 kilometer. Rata-rata gunung di Pegunungan Kapur Utara bukan merupakan gunung yang tinggi. Ketinggian gunung-gunung yang menyusun barisan Pegunungan Kapur Utara rata-rata hanya sekitar 800 meter dari pemukaan laut. 

3. Pegunungan Menoreh

Pegunungan Menoreh

Pegunungan Menoreh adalah pegunungan yang menjadi batas alami antara Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Purworejo. Pegunungan Menoreh dibentuk dari gabungan proses endogenik dan proses eksogenik. Keindahan dari Pegunungan Menoreh sangat terkenal di kalangan para pecinta wisata, khususnya yang mengagumi keindahan Candi Borobudur. Pegunungan ini memang sangat identik dengan Candi Borobudur, karena apabila dilihat dari candi ini, Pegunungan Menoreh di kejauhan terlihat membentuk sosok seseorang yang sedang tertidur. Oleh penduduk setempat, sosok ini diyakini sebagai Gunadarma, yaitu sang arsitek dari Candi Borobudur yang terkenal di seluruh dunia. 

4. Pegunungan Schwaner

Pegunungan Schwaner

Tidak hanya pulau Jawa dan Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan ternyata juga memiliki pegunungan yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Pegunungan Schwaner adalah pegunungan indah yang membentang di perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Nama dari pegunungan ini diambil dari nama Carl Schwaner, yaitu seorang naturalis asal Jerman yang pernah menjelajahi Pulau Kalimantan. Pegunungan Schwaner seringkali disandingkan keberadaannya dengan Pegunungan Muller. Pegunungan Muller juga terletak di Kalimantan, tepatnya berada di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Biasanya kedua pegunungan ini dikenal sebagai Pegunungan Muller-Schwaner untuk mempermudah penyebutan.

5. Pegunungan Meratus

Pegunungan Meratus

Pegunungan di Indonesia selanjutnya adalah pegunungan Meratus. Selain memiliki Pegunungan Muller-Schwaner yang luar biasa indah, Pulau Kalimantan rupanya masih menyimpan kekayaan bentang alam yang berupa pegunungan. Pegunungan Meratus merupakan pegunungan yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Selatan. Pegunungan Meratus membelah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi dua dan masih terus membujur hingga ke Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Pegunungan Meratus tersusun dari gunung-gunung yang melintasi tiga belas kabupaten di tiga provinsi ini, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Balangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kabupaten Tabalong, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Barito Utara, dan Kabupaten Barito Timur.

6. Pegunungan Barisan Sudirman

Pegunungan Barisan Sudirman

Pegunungan Barisan Sudirman adalah pegunungan yang terletak di pulau paling timur Indonesia, Papua. Selain dikenal dengan nama Barisan Sudirman, pegunungan ini juga disebut sebagai Dugunduguoo atau Barisan Nassau. Nama Pegunungan Barisan Sudirman diambil dari nama salah satu pahlawan nasional Indonesia, yaitu Jenderal Besar Sudirman. Bersama degan Pegunungan Jayawijaya yang juga membentang di Pulau Papua, Pegunungan Barisan Sudirman sering disebut sebagai penyusun dari Pegunungan Maoke. Pegunungan ini membelah Papua menjadi dua dari arah barat ke timur. 

7. Pegunungan Jayawijaya

Pegunungan Jayawijaya

Sebagaimana Pegunungan Barisan Sudirman, Pegunungan Jayawijaya merupakan barisan pegunungan yang ikut menyusun Pegunungan Maoke. Puncak tertinggi dari Pegunungan Jayawijaya adalah Puncak Jaya yang memiliki ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut. Karena dipenuhi dengan gunung-gunung yang memiliki puncak tinggi, maka Pegunungan Jayawijaya diakui sebagai pegunungan tertinggi di Indonesia. Sering pendaki pendaki gunung yang penasaran dengan ketinggian dan juga rintangan yang akan dihadapi untuk menaklukan gunung tertinggi di indonesia ini. 

8. Pegunungan Cyclop

Pegunungan Cyclop

Pegunungan di Indonesia selanjutnya adalah Pegunungan Cyclop yang merupakan pegunungan yang terdapat di Provinsi Papua. Pegunungan ini berlokasi di bagian Barat Pulau Papua, serta berada di sebelah utara Danau Sentani. Pegunungan Cyclop merupakan pegunungan yang juga disebut sebagai Pegunungan Dafonsoro dan Pegunungan Dabonsolo. Puncak tertinggi dari pegunungan ini adalah Gunung Ifar yang memiliki ketinggian 2.160 meter dari permukaan laut, atau sekitar 7.090 kaki. Nama dari Pegunungan Cyclop diberikan oleh Louis De Bogainville, seorang petualang terkenal dari Perancis. 

9. Pegunungan Foja

Pegunungan Foja

Pegunungan Foja atau yang juga dikenal sebagai Pegunungan Membramo-Foja terletak di Pulau Papua. Pegunungan ini terletak di sebelah utara Sungai Membramo, sebuah sungai yang memiliki fungsi penting bagi masyarakat Papua yaitu memasok air bersih. Selain terkenal karena keindahan alamnya, Pegunungan Foja juga menyimpan kekayaan alam flora dan fauna yang luar biasa. Banyak tumbuhan dan hewan langka yang dilindungi hidup di area pegunungan ini.

10. Pegunungan Karst Bantimurung

Pegunungan Karst Bantimurung

Pegunungan Karst Bantimurung merupakan pegunungan yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Tak sama seperti pegunungan pada umumnya, Pegunungan Karst Bantimurung merupakan suatu pegunungan kapur yang sangat unik dan sayang dilewatkan oleh para pecinta alam maupun para peneliti lingkungan. Pegunungan Karst Bantimurung merupakan area wisata yang sangat terkenal. Di pegunungan ini berlokasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang menyimpan panorama alam yang sangat cantik di antara tebing-tebing yang terjal.

Demikianlah 10 pegunungan di Indonesia yang perlu untuk diketahui. Kekayaan bentang alam berupa pegunungan adalah sebuah anugerah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Di atas pegunungan yang indah tak hanya dapat ditemukan pemandangan yang menakjubkan, melainkan juga dapat ditemukan berbagai keanekaragaman hayati yang patut untuk dijaga agar tak mengalami kepunahan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Cari Artikel Lainnya