0
31
0
Manfaat Belajar Pemrograman? Penting Untuk Masa Depan!
1 week 'ago'

Bagi computer scientist, programmer atau developer, belajar pemrograman tentu sudah menjadi hal wajib. Bagi mereka, belajar bahasa pemrograman sangatlah penting terutama untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang pekerjaan mereka. Apalagi jika mereka sedang dalam suatu proyek baru yang sebelumnya tidak pernah disentuh. Namun, bagaimana manfaat belajar bahasa pemrograman untuk orang awam atau yang masih sedang belajar? Table of Contents [hide] 1 Apa Itu Pemrograman? 2 Apa Saja Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman? 2.1 Menghasilkan Uang Tambahan 2.2 Melatih Logika dan kreativitas 2.3 Mendapatkan Skill Baru 3 Bagaimana Memulai Belajar Menjadi Programmer? 3.1 #1 Memilih Bahasa Pemrograman 3.2 #2 Mempelajari Bahasa Pemrograman 4 Dimana Tempat Kursus Terbaik untuk Pemrograman? 4.1 Related posts:

Apa Itu Pemrograman? Sebelum kita memulai untuk belajar pemrograman atau mendalami manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari belajar ilmu pemrograman ini, tentu ada baiknya kita kupas terlebih dahulu apa itu pemrograman. Pemrograman sendiri adalah proses menulis, menguji serta memperbaiki dan memelihara kode yang membangun suatu program tertentu di komputer. Tujuan dari pemrograman ini tentu untuk membuat suatu program sesuai dengan keinginan sang pemrogram (programmer). Apa Manfaat Belajar Pemrograman? Temukan Jawaban dan Cara Mempelajarinya Tanpa Bosan Disini Apa Saja Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman? Tidak hanya sebatas untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan pemrograman saja yang bisa didapatkan dari manfaat belajar pemrograman ini. Ada beberapa hal lain juga yang bisa meningkatkan motivasi kita untuk mempelajari bahasa pemrograman. Bukan hal yang baru jika belajar bahasa pemrograman dianggap sebagai suatu yang sulit dan membosankan.

Karena itu, memiliki motivasi yang kuat tentu akan menumbuhkan semangat lebih untuk belajar.   Menghasilkan Uang Tambahan   Banyak orang belajar bahasa pemrograman dengan alasan ini. Ya, dengan belajar pemrograman dan menguasainya, kita akan mendapat kesempatan besar untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Baik dilakukan sebagai pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama, menjadi programmer memberikan penghasilan yang sangat menjanjikan. Apalagi jika mengingat saat ini masih sedikit orang di Indonesia yang menguasai skill ini. Padahal banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang handal di bidang programming.  

Melatih Logika dan kreativitas   Selain soal uang dan penghasilan, manfaat belajar pemrograman juga bisa melatih logika dan menumbuhkan kreativitas. Sama halnya dengan belajar fisika dan matematika, bahasa pemrograman juga menuntut kita untuk menggunakan logika yang luas saat menyelesaikan masalah. Selain itu, kita juga dituntut untuk menjadi orang yang kreatif dan memiliki imajinasi tinggi. Sebab, dengan kreativitas yang tinggi kita akan dimudahkan dalam hal membuat sebuah sistem atau aplikasi.   Mendapatkan Skill Baru   Dan yang pasti, belajar pemrograman akan membuat kita memiliki skill baru yang tentunya akan membuka lebih banyak peluang di masa depan. Apalagi jika mengingat saat ini skill pemrograman sangat dibutuhkan di perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.

Selain itu, kita juga akan mengenal ilmu lainnya karena mempelajari pemrograman dan mempraktekannya bukan melulu soal bahasa pemrograman saja. Itulah beberapa alasan yang bisa semakin memotivasi kita untuk memulai belajar pemrograman. Selain hal-hal di atas, kita juga bisa semakin lihai dalam mengetik dengan 10 jari karena secara tidak langsung kita akan terlatih untuk mengetik dengan 10 jari saat melakukan pemrograman.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita memulai untuk mempelajari bahasa pemrograman ini? Baca Juga: Machine Learning Adalah Bagaimana Memulai Belajar Menjadi Programmer? Setelah mengetahui berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari belajar pemrograman, tentu kita ingin tahu bagaimana cara untuk memulai belajar menjadi seorang programmer. Belajar bahasa pemrograman bisa jadi suatu yang rumit dan membosankan, tetapi dengan motivasi yang baik dan cara yang tepat, kita akan bisa mempelajarinya dengan baik. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk memulai belajar menjadi programmer. #1 Memilih Bahasa Pemrograman Umumnya dalam pemrograman komputer akan dilakukan dengan menulis satu set perintah yang dilakukan di dalam komputer. Perintah ini biasanya ditulis dengan bahasa tertentu yang umumnya disebut sebagai “bahasa pemrograman”.

Saat memulai belajar pemrograman, penting untuk memilih bahasa pemrograman yang cocok untuk program tertentu yang ingin dibuat. Tapi untuk pemula, coba pertimbangkan untuk mempelajari C, C++ dan juga C# terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa melanjutkan untuk mempelajari bahasa pemrograman lain seperti JavaScript atau Java. Bahasa yang satu ini baik untuk dipelajari terutama jika kamu ingin membuat plug-in untuk aplikasi ponsel dan web.

Keduanya saat ini sedang banyak diminati, jadi pertimbangkan untuk mempelajarinya juga. Setelah itu, kamu tidak boleh lupa dengan Python yang saat ini banyak dipakai di berbagai platform juga. #2 Mempelajari Bahasa Pemrograman Setelah menentukan bahasa pemrograman apa yang ingin kamu dalami, inilah saatnya untuk mempelajari bahasa pemrograman tersebut. Bagaimana caranya? Saat ini ada cukup banyak cara yang bisa kita pilih untuk memulai belajar bahasa pemrograman mulai dari belajar mandiri secara otodidak, masuk kuliah di jurusan pemrograman atau mengikuti kursus dengan program pemrograman. Yang pasti, saat ini belajar pemrograman bisa dilakukan dimana saja.   Masuk Kuliah Pemrograman   Meskipun saat ini banyak perusahaan yang tidak mempermasalahkan gelar saat mencari seorang pemrogram handal, namun kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil kuliah di jurusan pemrograman untuk mendalami bahasa pemrograman yang kamu sukai. Selain belajar, kamu juga bisa mendapatkan gelar akademis setelah menyelesaikan kuliah. Menariknya lagi, saat ini banyak juga beasiswa dan hibah untuk belajar pemrograman di bangku kuliah.  

Belajar Sendiri   Selain itu, kamu juga bisa memulai dengan belajar sendiri. Kamu bisa memulai dengan membaca buku panduan maupun tutorial pemrograman yang baik. Kamu bisa mendapatkan buku yang sesuai dengan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari. Kemudian, kamu juga bisa mencoba untuk memanfaatkan informasi di internet untuk belajar pemrograman secara mandiri. Saat ini ada cukup banyak situs panduan pemrograman yang bisa kamu coba.  

Mengikuti Kursus Pemrograman   Untuk kalian yang tidak ingin lama-lama belajar di bangku kuliah dengan berbagai macam tugas yang menumpuk dan tidak mau pusing belajar sendiri, mengikuti sebuah kursus pemrograman bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan mengikuti kursus pemrograman, kamu bisa lebih fokus hanya untuk mempelajari pemrograman saja. Saat ini ada banyak kursus pemrograman bersertifikat yang sangat menjanjikan. Menariknya, kursus pemrograman saat ini juga memungkinkan untuk belajar pemrograman secara online.   Dimana Tempat Kursus Terbaik untuk Pemrograman? Lalu, dimana tempat kursus terbaik yang bisa kita pilih untuk memulai mempelajari pemrograman secara mendalam dan konsisten? BootUP Academy adalah jawabannya! Menjadi salah satu pilihan terbaik untuk siapa saja yang ingin mendalami ilmu pemrograman, BootUP Academy menyediakan tiga level kelas yang bisa kamu ikuti sekarang juga. Menariknya, kamu bisa memilih untuk mengikuti program belajar pemrograman secara online maupun offline. Lalu, mengapa BootUP Academy menjadi pilihan terbaik? Salah satu alasannya adalah materi lengkap yang ditawarkan oleh akademi yang satu ini. Selain itu, BootUP Academy juga menawarkan kesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan mitra seperti IBM, 45Rice, Soulscape dan QuickDesk. Yang pasti, dengan akademi teknologi terbaik seperti BootUP Academy, manfaat belajar pemrograman pun akan menjadi lebih terarah dan menyenangkan.

Read more at: https://bootup.ai/blog/manfaat-belajar-pemrograman-dan-tujuan/

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow