0
88
0
6 Tanaman Parasit dengan Bentuk dan Warna Indah
4 months 'ago'

Salah satunya ada yang endemik dari Indonesia

6 Tanaman Parasit dengan Bentuk dan Warna Indah

Tanaman menjadi salah satu makhluk di muka Bumi yang memiliki peran sangat penting sebagai produsen dalam suatu ekosistem. Namun terdapat beberapa tumbuhan yang bersifat merugikan, yang mana tanaman ini hinggap dan menyerap nutrisi yang dimiliki oleh tanaman inangnya. Meskipun merugikan, nyatanya tanaman ini justru memiliki tampilan fisik yang menarik dengan warna indah serta bentuk yang cukup unik. Pastinya menarik untuk melihat berbagai tanaman parasit cantik tersebut, meskipun sebenarnya sangat merugikan. Berikut beberapa tumbuhan parasit dengan penampilan menawan dan warna yang indah. 

1. Western Australian Christmas Tree

6 Tanaman Parasit dengan Bentuk dan Warna Indah

rgbstock.com

Western Australian Christmas Tree termasuk jenis pohon tinggi berbunga dengan warna bunga kuning indah yang hanya dapat terdapat di Australia. Namun tumbuhan ini termasuk parasit walaupun sebenarnya mampu melakukan fotosintesis sendiri, tetapi saat memasuki iklim kering biasanya ia menjadi parasit pada tumbuhan lain. Pohon yang disebut juga dengan Nuytsia floribunda ini mampu merampas air yang dimiliki oleh tanaman di sekitarnya, sehingga membuatnya tetap segar pada musim kering, sebaliknya tanaman di sekitarnya menjadi kering dan layu. 

2. Mistletoe

6 Tanaman Parasit dengan Bentuk dan Warna Indahwoodlandtrust.org.uk

Siapa yang tidak mengenal Mistletoe, yang merupakan tanaman khas saat perayaan Natal dan biasa digunakan sebagai hiasan rumah. Akan tetapi siapa sangka ternyata tanaman satu ini termasuk parasit dan tumbuh pada pohon lain serta mengambil nutrisi yang terkandung dalam tanaman lain.Selain itu tanaman bernama latin Viscum album ini dapat tumbuh dalam berbagai macam tanaman serta berdampak perlambatan pertumbuhan bahkan mampu membuat inangnya mati. Mistletoe tersebar di berbagai belahan bumi, termasuk Amerika Utara, Eropa dan Asia. 

3. Cytinus

6 Tanaman Parasit dengan Bentuk dan Warna Indah

funghiitaliani.it

Cytinus adalah tanaman yang hidup di Kawasan Mediterannia, Madagaskar, dan Afrika Selatan. Tanaman ini tidak dapat memproduksi klorofil dan memperoleh kebutuhan nutrisinya dari tanaman inangnya yang umumnya Cistus dan Halimium. Jenis tanaman ini terdiri dari beberapa spesies yang mempunyai sedikit perbedaan dalam warna dan bentuk. Namun tanaman ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit seperti disentri dan tumor. 

4. Rafflesia Arnoldii

6 Tanaman Parasit dengan Bentuk dan Warna Indahmongabay.co.id

Selanjutnya terdapat tanaman terkenal asal Indonesia yakni Rafflesia Arnoldi atau disebut dengan corpse lilly serta menjadi bunga terbesar di Dunia. Tanaman ini tersebar di Sumatera dan Kalimantan, namun siapa sangka jika tanaman ini juga parasit. Biasannya bunga raksasa ini tumbuh pada tanaman Tetrastigma yang banyak ditemui di hutan-hutan di Asia Tenggara. Selain itu bunga yang mampu tumbuh hingga berdiameter 100 cm dan berat 10 kg ini menyerap air dan nutrisi dari tanaman inangnya, karena tidak mempunyai akar. 

5. Thurber’s stemsucker

6 Tanaman Parasit dengan Bentuk dan Warna Indahcalflora.org

Selanjutnya ada Thurber’s stemsucker atau yang disebut juga dengan Pilostyles thurberi yang merupakan tanaman asli dari selatan Amerika Serikat dan utara Meksiko. Tanaman ini memiliki habitat pada area gurun dan hutan di Texas, Arizona dan utara Meksiko. Ukuran tanaman parasit ini sangat kecil, yang hanya mencapai beberapa milimeter saja yang tumbuh pada sel pohon kecil. Tanaman ini mendapatkan seluruh air dan nutrisi dari inangnya, meskipin merugikan tanaman ini memiliki bunga merah yang cantik. 

6. Tristerix aphyllus

6 Tanaman Parasit dengan Bentuk dan Warna Indah

flickr.com

Tristerix aphyllus merupakan tanaman asli dari Chile yang masuk dalam genus Tristerix dan hinggap pada sejumlah kaktus. Jenis kaktus yang dihinggapi oleh tanaman parasit ini berupa Echinopsis chiloensis dan Eulychnia acida, serta tumbuh di tempat kering. Tumbuhan ini hanya tumbuh bunga dan buahnya saja dengan warna merah menyala. Dampak yang ditimbulkan dari parasit ini adalah berkurangnya pertumbuhan kaktus inangnya dan kurangnya asupan air serta nutrisi dalam tanaman kaktus. 

Meski parasit, namun tanaman di atas indah-indah ya!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow