0
65
0
Tanda-tanda yang Menunjukkan Sebenarnya Kamu Cerdas, Tapi Tidak Pernah Kamu Sadari
5 months 'ago'

“Kalau ada yang bilang kamu bodoh, berarti merekalah yang bodoh.”

 

Kecerdasan nggak diukur dari angka dan prestasimu di sekolah. Percaya atau tidak, semua orang dilahirkan dengan kecerdasan yang sama. Hanya mereka yang tau cara menerapkan potensi dirinya yang akan sukses dalam berkarir dan menghadapi masalah didepannya. Kamu masih nggak percaya kalau kamu cerdas? Ini lho buktinya kamu itu cerdas, tapi kamu nggak sadar kalau kamu cerdas.

1. Kamu Pribadi yang Skeptis (Nggak Gampang Percaya dengan Hal-Hal Non-Logis)

Setiap orang memiliki kepribadian skeptis. Artinya kamu enggak gampang percaya dengan jawaban-jawaban yang enggak logis. Kamu juga hanya mempercayai hal-hal yang sudah dibuktikan oleh fakta.

2. Punya Rasa Ingin Tau yang Tinggi

Kamu punya rasa ingin tau yang tinggi. Kamu nggak puas dengan jawaban satu orang saja. Kalau kamu kurang puas, kamu akan bertanya kepada orang lain hingga menemukan jawaban yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Kamu Mengakui Kesalahan dan Berusaha Memperbaikinya

Kamu tau cara belajar dari kesalahan dan mengantisipasi agar hal yang sama tidak terjadi lagi di kemudian hari.

4. Selalu Bertanya Kenapa dan Bagaimana

Kamu sering mengajukan pertanyaan: "kenapa" dan "bagaimana" karena orang yang cerdas lebih fokus pada proses bagaimana itu bisa terjadi dan kenapa.

5. Kamu Berpikir Apa yang Kamu Pikirkan

Maksud dari “kamu memikirkan apa yang kamu pikirkan” adalah kamu menyadari proses berpikirmu. Bagaimana kamu berpikir dan memeriksa kembali, lalu bagaimana kamu memecahkan masalah. Dalam bahasa ilmiah, ini disebut sebagai meta-cognition.

6. Kamu Suka dengan Hal-Hal Berbau Seni

Meski kadang tidak mengakuinya, tidak ada orang di dunia ini yang tidak suka dengan sesuatu yang berbau seni. Yang pasti, orang yang suka seni menandakan bahwa mereka adalah orang yang cerdas. Seni bukan cuma terbatas dalam aspek patung saja, tapi juga musik, puisi, lukisan, pahatan dan lainnya.

7. Kecerdasan Itu Relatif

Kecerdasan juga mengacu pada kemampuan mengontrol emosi. Kalau kepintaran hanya sekedar pemahaman dan pengetahuan. Namun, cerdas merupakan perpaduan antara pintar dan EQ (emotional intelligence) atau kecerdasan emosional.  Jadi orang yang cerdas adalah mereka yang pintar dalam akademik dan emosi.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow