0
18
0
Ragam Tanaman yang Ampuh Kembalikan Kesehatan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari
2 weeks 'ago'

menyehatkan-kulit-akibat-matahari-doktersehat-1

Photo Credit: Pexels.com

Sinar matahari merupakan salah satu bahan alami yang dibutuhkan oleh kulit, terutama dalam memproduksi vitamin D yang memiliki khasiat baik untuk kulit. Kendati demikian, terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama dan intensif ternyata memberikan dampak buruk. Sinar matahari mengandung UV yang sangat berbahaya dan dapat merusak jaringan kulit. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatasi hal tersebut menggunakan sejumlah tanaman berikut yang dapat mengembalikan kesehatan kulit setelah terpapar sinar UV.

1. Mentimun

Salah satu tanaman yang disarankan untuk mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari oleh Annmarie Gianni adalah mentimun. Hal ini ternyata juga dibuktikan dengan metode pengobatan atau perawatan kulit secara tradisional ala Ayurveda yang menggunakan mentimun. Apalagi mentimun memberikan sensasi rasa dingin yang ampuh dalam menenangkan kulit yang terbakar atau terkena sunburn. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C di dalamnya juga melindungi kulit secara ampuh dari dampak buruk radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari.

2 . Lidah Buaya

Selain mentimun, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang mengandung beragam vitamin dan bahan aktif yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sebagai tambahan informasi, gel lidah buaya mengandung bahan anti peradangan yang mencegah kulit mengalami ruam atau pun sunburn. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan pada gel lidah juga mencegah terbentuknya jerawat yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

3. Jahe

Sinar matahari identik dengan sinar UV yang menyebabkan kulit mengalami kerusakan dan penuaan. Kendati demikian, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan jahe. Tanaman yang juga digolongkan ke dalam rempah-rempah ini memiliki kandungan antioksidan yang melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV, terutama dalam mencegah proses penuaan sel-sel kulit. Tidak heran jika jahe menjadikan kulit selalu tampak awet muda dan bebas kerutan.

Nah, bahan-bahan di atas termasuk bahan alami yang mudah untuk didapatkan. Tidak heran jika hal tersebut menjadikan Anda lebih sering dan rajin dalam merawat kulit secara alami. Apalagi sejumlah bahan tersebut juga dilengkapi dengan antioksidan yang melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow