Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Sulit Kuasai Kosakata Baru dari Bahasa Asing? Yuk Lihat Tipsnya!

Sulit Kuasai Kosakata Baru dari Bahasa Asing? Yuk Lihat Tipsnya!

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 07:00 WIB
Sulit Kuasai Kosakata Baru dari Bahasa Asing? Yuk Lihat Tipsnya!

Apakah anda sedang mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris atau bahasa lainnya? Seringkali ada beberapa kosakata dari bahasa asing yang membuat kita sulit untuk diingat karena mungkin saja kosakata tersebut jarang dipakai dalam percakapan sehari-hari.

Seperti mengenal orang, tidaklah mudah untuk mengingat suatu kosakata dapat langsung diingat hanya sekali mendengar atau melihat namun perlu dipelajari agar bsia melekat di ingatan kita. Padahal, untuk bisa dikatakan mampu bercakap-cakap dalam suatu bahasa asing, paling tidak seseorang perlu memiliki perbendaharaan minimal 120 kata.

Namun tidak ada yang tidak mungkin jika anda mau berusaha untuk melengkapi kekurangan anda. Jika anda mau berlatih, sesulit apapun kosakatanya akan dapat diingat dengan baik.

Supaya dapat melatih kosakata yang baru dengan mudah, anda juga dapat lakukan hal berikut:

1. Buat jadwal target seberapa bisa anda bisa menguasai kosakata

Seseorang biasanya belajar 10-20 kata per waktu belajar. Cobalah sediakan waktu khusus untuk belajar bahasa asing selama 15 menit per hari dan tetapkan target menguasai 20-25 kata atau frase setiap minggunya. Dengan demikian, hanya butuh 6 minggu untuk anda bisa mengingat 120 kata atau frase.

2. Lakukan klasifikasi

Cobalah fokus mengingat kata yang memiliki tema sama setiap minggunya. Anda akan diajak untuk mengelompokkan kata atau frase yang berhubungan secara alamiah dan melakukan klasifikasi informasi dengan baik.

3. Pelajari sinonim kata lebih dulu dibandingkan dengan antonimnya

Tinggalkan cara belajar kata yang berlawanan secara bersamaan. Pelajari kata-kata yang sifatnya lebih umum. Setelah bisa mengingat padanan suatu kata dengan baik, mulailah pelajari lawan katanya.

4. Sesering mungkin membaca ulang kosakata

Ingat, membaca sangat besar pengaruhnya untuk membantu Anda mengingat kembali perbendaharaan kata serta cara penggunaannya dalam kalimat dan konteks baru. Cobalah belajar melalui bahan bacaan dengan bahasa asing yang Anda pelajari sesuai tingkatan kemampuan Anda atau juga bisa melalui iklan dan menu di restoran.

5. Memilah struktur kata yang pernah didengar

Lihat struktur kata ketika menemukan kata baru. Banyak kata terdiri dari prefiks dan sufiks, dan pemahaman yang tepat terhadap struktur kata tersebut sangatlah menguntungkan. Ini membantu Anda memahami konjugasi dan struktur sehingga mudah mempelajari kata-kata baru lainnya

6. Fokus pada frase

Pelajari kata-kata baru dalam bahasa asing melalui konteksnya daripada mengingat arti kata per kata. Dalam bahasa Inggris, misalnya, banyak frase-frase sederhana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti "switch on", " wait a minute", dan " see you tomorrow". Ketika baru mempelajari suatu bahasa, mulailah dengan mengingat frase-frase sederhana.

7. Ingat kembali kosakata yang diajarkan dihari -hari yang lalu

Saat belajar, kata-kata yang sudah dipelajari kemarin lebih penting daripada kata-kata yang dipelajari hari ini. Anda perlu mentransfer memori jangka pendek Anda tentang kata-kata baru ke memori jangka panjang. Mengingat ulang menjadi aktivitas yang penting, terutama dalam beberapa hari atau minggu pertama belajar kata-kata yang baru, seperti juga metode yang biasa digunakan oleh buku teks bahasa dan program online yang baik.

8. Visualisasikan dengan kosakata yang dikenal

Gunakan trik Keyword Method untuk menguasai kata baru. Visualisasikan kata yang baru Anda ketahui dalam bentuk gambar atau adegan. Jika anda ingin mengingat bahasa Spanyol "Carta" yang berarti letter atau surat berarti dapat mengingat bahasa Inggris "Cart". Meskipun kelihatan aneh, namun untuk mengingat kosakata yang sulit menjadi lebih efektif.

Tips diatas akan mampu membantu jika anda mau berlatih tanpa menyerah.

Cari Artikel Lainnya