0
21
0
Ternyata Tidur Siang Itu Bikin Pintar! Lalu Apa Saja Manfaat Lainnya?
2 weeks 'ago'

Banyak orang gak menganggap bahwa tidur siang itu penting dan bahkan ada yang bangga karena merasa gak pernah butuh tidur siang. Padahal tidur siang itu membawa banyak sekali manfaat. Inilah 10 fakta soal tidur siang yang perlu diketahui setiap mahasiswa dan karyawan!

1. Itu akan membuatmu lebih pintar dan responsif

Menurut Dr. Matthew Walker dari University of California, tidur siang setidaknya sejam akan menguatkan ulang memori jangka pendekmu dan membuatmu mempelajari hal baru lebih mudah, setelah bangun.

2. Jangan terlalu bermain logika soal tips tidur yang sebentar satu ini

Kalau kamu tahu kamu harus begadang, coba lakukan tidur "prophylactic" di sore hari. Itu adalah tidur sebentar dengan tujuan untuk mendapatkan gangguan tidur malam, yang akan membuatmu terjaga 10 jam ke depan.

3. Kamu gak bisa menghindari ngantuk setelah jam makan siang dengan gak makan siang

Tubuh manusia secara alami mengalami dua kali kelelahan yang mendalam, yang pertama di antara jam 2-4 pagi, sedangkan yang kedua antara jam 1-3 siang. Gak makan siang itu gak akan membantu meningkatkan keawasan, konsentrasi dan kordinasi.

4. Tidur siang beberapa jam memang enak tapi tidur siang sebentar itu yang terbaik

Tidur sejam akan membuatmu terjaga 10 jam, meski begitu tidur di atas 45 menit akan membuatmu mengalami "inersia tidur": sebuah perasaan belum siap beraktivitas sampai selama 30 menit. Untuk anak muda yang sehat, tidur siang selama 20, 10 atau bahkan 2 menit saja itu sudah cukup untuk mengembalikan kesiapan mentalmu, tanpa berisiko harus loadingsetelah bangun.

5. Minum kopi tepat saat kamu akan tidur siang singkat itu booster yang luar biasa

Minumlah kopi tepat ketika kamu akan tidur siang selama 20 menit, itu adalah lamanya waktu kopi akan bereaksi. Jadi ketika kamu bangun, kamu gak hanya merasa segar, tapi langsung siap beraktivitas lagi.

6. Gak bisa tidur siang? Jangan stres!

Walaupun kamu gak bisa tidur siang, hanya berbaring sambil mengistirahatkan badan juga bermanfaat. Penelitian menemukan bahwa beristirahat akan melancarkan aliran darahmu dan menormalkan tekanan darah. Ini utamanya penting bagi mereka yang sering mengalami tekanan darah tinggi.

7. Tidur siang sangat sehat dan bisa menyelamatkan nyawamu

Penelitian selama bertahun-tahun dari Yunani menemukan bahwa tidur siang setidaknya 3 kali seminggu selama 30 menit, mengurangi risiko kematian akibat masalah kesehatan jantung sampai 37 persen. Tidur siang juga meningkatkan staminamu sampai 11 persen, meningkatkan kemampuan untuk tetap tertidur nyenyak saat malam sampai 12 persen dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur malam sampai 14 persen.

8. Jangan menahan tidur siang terlalu lama dan baru tidur sore hari, atau jangan tidur siang terlalu lama

Waktu yang pas bagi kamu untuk bangun setelah tidur siang adalah setidaknya 5 jam sebelum waktu tidur malammu. Jika gak, kamu berisiko kesulitan tidur malam.

9. Gula bukan pengganti tidur siang yang bagus

Ketika kelelahan, kita cenderung mencari sesuatu yang manis. Namun ketika efek gula sebagai penyemangat tersebut hilang, kita akan menjadi lebih lelah dari sebelumnya.

10. Jangan menyetir dalam keadaan mengantuk, itu fatal!

Jangan takut dan jangan khawatir untuk "tidur siang darurat" di pinggir jalan sambil meminggirkan kendaraanmu. Setiap tahun, tercatat ada ratusan ribu kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengendara yang ngantuk.

Penelitian juga menemukan bahwa kelompok usia 18-24 tahun mengalami gangguan tidur yang paling parah dibandingkan kelompok usia lainnya. Atur jadwal keseharianmu dengan benar agar kamu mendapatkan siklus istirahat yang cukup dan alami. Pentingkan lah kesehatanmu!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow