0
103
0
Tambah Pengetahuan Yuk! Ketahui Manfaat dan Efek Samping Getah Labu Siam
4 weeks 'ago'

 

source: https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/0d58cc5cb7440c4b365c48d6d3b60b7a.jpeg

Labu siam merupakan buah yang berasal dari Siam (Thailand) dan saat ini menjadi salah satu makanan yang bisa diolah oleh ibu-ibu Indonesia. Getahnya selalu menjadi momok yang membuat ibu-ibu malas memasak makanan yang satu ini. Tapi tahukan ? Getah labu siam kabarnya memiliki manfaat nih.

Kandungan Nutrisi Labu Siam

Labu siam bisa menjadi makanan yang baik bagi  yang ingin menurunkan berat badan lho. Hal ini karena labu siam merupakan salah satu sayuran rendah kalori sehingga juga direkomendasikan bagi orang-orang yang ingin menurunkan kolesterol.

Satu buah labu siam yang kira-kira berukuran panjang 14 cm memiliki kandungan kalori 35 kkal. Kalori dalam labu siam mengandung karbohidrat sebesar 78%, lemak 6, dan protein 26%. Labu siam sendiri adalah salah satu sayur yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral.

source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c9/Sechium_edule_flower_and_fruit_2.JPG/1200px-Sechium_edule_flower_and_fruit_2.JPG
Selain rendah kolesterol, labu siam memiliki kandungan kaya zat besi, antioksidan, seng, fosfor, potassium, serat, tembaga, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C. Meski sedikit, labu siam juga memiliki sejumlah kandungan kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid untuk memerangi radikal bebas yang terserap tubuh.

Buah siam juga memiliki kandungan folat yang membantu dalam pembetukan sel dan sintesis DNA. Fakta lainnya, labu siam memiliki sifat diuretik yang dapat membuang kelebihan garam dalam darah. Kandungannya yang rendah kalium juga dapat membantu penderita batu ginjal.

Lebih jauh mengenai manfaat labu siam dengan kandungan nutrisi di dalamnya bisa kita lihat lewat pembahasan selanjutnya, 

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Berkat kayanya kandungan nutrisi, labu siam memiliki sejumlah manfaat sebagai sayuran sehat yang bisa dikonsumsi oleh keluarga. Berikut adalah manfaat labu siam untuk kesehatan.

1. Baik untuk diet dan menjaga kolesterol tubuh
Kandungannya yang rendah kalori membuat labu siam pas untuk  yang sedang menjaga diet. Selain itu, labu siam juga bagus bagi anggota keluarga yang harus menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Baik dikonsumsi untuk wanita hamil

source: http://hirawebzine.or.kr/wp-content/uploads/2017/09/%EC%9E%84%EC%82%B0%EB%B6%80-%EC%9D%98%EC%95%BD%ED%92%88_tip014t011874.jpg
Folat atau asam folat (vitamin B9) menjadi kandungan nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh wanita hamil. Kekurangan zat ini bisa membuat kesehatan bayi dalam kandungan terganggu. Bagi yang sedang hamil atau mempersiapkan kehamilan, tambahkan labu siam dalam menu makanan wajib ya.

3. Membuang kelebihan garam dalam darah
Berkat sifat diuretiknya, labu siam bisa membuang kelebihan garam dalam tubuh. Untungnya, sifat diuretik yang dimiliki labu siam cukup ringan sehingga pas juga untuk yang ingin mengontrol tekanan darah tinggi.

4. Menangkal radikal bebas
Kandungan vitamin C sebagai antioksidan yang kuat membuat labu siam juga memiliki kekuatan memerangi radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga terkenal merupakan zat yang membuat mencegah penuaan dini.

5. Mengatasi anemia
Berkat kandungan zat besi dalam buah labu, sayuran ini juga pas dikonsumsi bagi   anggota keluarga yang memiliki riwayat anemia.

6. Mencegah kanker

source: https://ugm.ac.id/galleries/crop/9040--730x420px.jpg
Di tahun 2017, sejumlah mahasiswa UGM berhasil membuktikan bahwa labu siam dapat mencegah kanker, khususnya kanker kulit (melanoma). Ekstrak labu siam yang diubah menjadi salep ternyata efektif menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini berkat kandungan saponin dan flavonoid yang ada dalam labu siam.

Manfaat dan Efek Samping dari Getah Labu Siam

Jika buah labu siam memiliki sejumlah manfaat yang sangat berguna bagi manusia, lalu bagaimana dengan getah labu siam?

Getah labu siam menjadi momok merepotkan bagi  yang ingin mengolah sayuran ini. Efek samping getah labu siam jika banyak terpapar oleh kulit dapat menyebabkan gatal-gatal. Selain itu, getahnya membuat tangan menjadi lengket dan sulit dibersihkan.

Karena getahnya yang membuat gatal, sebelum mengonsumsi labu siam, Anda harus membuang getahnya terlebih dahulu. Ada dua cara populer untuk menghilangkan getah labu siam, yaitu labu siam dipotong kecil-kecil lalu direndam air garam lalu diremas-remas sampai getah keluar. Cara kedua, labu siam dibelah dua dan kedua saling digosokkan sampai getahnya keluar semua.

source: https://assets.epicurious.com/photos/57fd1faabb27c57c7c67345c/master/pass/sauteed-chayote-with-garlic-and-herbs.jpg
Beberapa sumber menyatakan bahwa getah labu siam memiliki sejumlah manfaat yang sama dengan daging labu siam sendiri. Akan tetapi, belum ada literasi ilmiah yang membahas khusus mengenai manfaat dari getah labu siam.

Penelitian dari mahasiswa UGM di tahun 2017 sendiri menyatakan bahwa getah yang terkandung dalam kulit labu siam juga memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sayangnya, penelitian tersebut juga tidak khusus meneliti getah dari labu siam itu sendiri.

Sebelum ada uji klinis,  jangan coba-coba memakan getah labu siam dulu ya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow