0
35
0
20 Jenis Tanaman Hias Beracun Yang Wajib Dihindari
4 weeks 'ago'

20-jenis-tanaman-hias-beracun-yang-wajib-dihindari

Menghadirkan suasana hunian yang segar dan sejuk salah satunya dapat dilakukan dengan cara meletakkan tanaman hias. Kalian dapat meletakkan tanaman hias di dalam maupun di luar rumah. Warna-warni tanaman hias yang cantik selain dapat membuat rumah semakin sejuk juga akan menambah aksen semarak pada rumah dan energi positif bagi penghuninya. Namun siapa sangka, dibalik rupa tanaman hias yang cantik, ternyata ada beberapa tanaman hias yang beracun dan berbahaya bagi makhluk hidup. Yuk, kenali 20 jenis tanaman hias beracun di bawah ini!

1. Foxglove (Digitalis Purpurea)

Source: flickr.com

Tanaman hias ini bentuknya unik, seperti lonceng dengan warna cerah nan cantik. Tapi dibalik rupanya yang cantik, foxglove merupakan salah satu jenis tanaman hias beracun. Seluruh bagain dari tanaman hias ini mengandung glikosida, zat kompleks pada tanaman yang mengandung gula. Glikosida dapat menyebabkan beberapa reaksi keracunan seperti mual, muntah, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala, hingga delirium. Ciri-ciri orang yang keracunan jenis tanaman hias ini mempunyai denyut nadi yang lemah, tremor, kejang-kejang dan bahkan dapat menyebabkan gangguan irama jantung yang mematikan.

2. Rhubarb

Source: google.com

Jenis tanaman hias yang satu ini termasuk ke dalam keluarga pohon talas atau keladi. Daun tanaman hias ini memiliki racun yang berbahaya dan bisa mematikan fungsi ginjal. Tanaman hias ini umum sekali ditanam di rumah, karena daun dan batangnya dapat diolah menjadi makanan yang enak. Tapi, kalian harus tetap berhati-hati ya!

3. Wisteria

Source: pinterest.com

Tanaman hias berwarna ungu lavender ini berasal sangat terkenal di Cina dan Jepang. Namun siapa sangka, jenis tanaman hias ini memiliki racun pada setiap bagiannya, terutama pada biji yang diproduksinya. Seluruh bagian tanaman hias ini mengandung senyawa saponin yang apabila tertelan, dapat menyebabkan pusing, kebingungan, mual, muntah, sakit perut, diare dan yang terparah pingsan.

4. Dieffenbachia

Source: flickr.com

Dieffenbachia atau daun bahagia atau lebih umum lagi dikenal dengan sebutan tanaman hias sri rejeki adalah salah satu jenis tanaman yang sempat banyak diincar oleh pecinta tanaman. Tanaman hias yang satu ini memiliki getah beracun pada bagian daun dan batangnya. Kalsium oksalat yang terkandung pada batang dan daunnya dapat menyebabkan gatal-gatal pada bibir dan lidah, serta mengakibatkan kejang-kejang.

5. Bunga Lily

Source: weekendnotes.com

Siapa tak kenal bunga lily? Tanaman hias cantik ini menjadi tanaman favorit banyak orang karena warna putihnya yang cantik dan elegan. Namun kalian harus berhati-hati, apabila bagian daun atau bunga dari tanaman ini tertelan akan mengakibatkan mulut dan tenggorokan terasa terbakar. Gejala lainnya yang diakibatkan oleh racun dari tanaman hias ini adalah muntah-muntah dan sakit perut. Tidak hanya pada manusia, apabila kucing peliharaan kalian tak sengaja menelan bunga atau daunnya, maka akan mengakibatkan gagal ginjal dan bahkan kematian.

6. Daffodil

Source: flickr.com

Daffodil atau bunga narcissus juga merupakan salah satu jenis tanaman hias beracun. Bagian umbi atau akarnya apabila termakan dapat mengakibatkan masalah pencernaan seperti muntah-muntah dan diare. Selain itu, masalah lainnya yang diakibatkan oleh racun daffodil adalah tekanan darah tinggi, tremor, dan gangguan irama jantung.

7. Hydrangea

Source: fineartamerica.com

Jenis tanaman hias yang satu ini sering sekali hadir sebagai dekorasi di dalam rumah. Jenis dan warnanya yang beragam menjadikan hydrangea menjadi tanaman hias favorit banyak orang. Namun daun tanaman hias ini mengandung senyawa glikosida sianogen dan akan mengeluarkan senyawa hidrogen sianida yang sangat berbahaya bagi tubuh apabila tertelan.

8. Oleander

Source: posterlounge.de

Tanaman hias yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan Bunga Jepun. Tanaman hias berwarna pink cerah ini memiliki seluruh bagian yang beracun. Racun oleander dapat menyebabkan muntah, diare, masalah pada saraf pusat, hingga serangan jantung.

9. Rhododenron dan Azalea

Source: commons.wikimedia.org

Ketika mekar, tanaman ini memang sangat cantik, namun jangan tertipu dengan rupanya. Seluruh bagian dari tanaman hias ini mengandung racun. Jika bunga, batang, atau daun tanaman hias ini tertelan, bisa menyebabkan sakit perut, sulit bernapas, kelumpuhan, koma, bahkan kematian.

10. Hemlock (Conium Maculatum)

Source: missouriplants.com

Sekumpulan bunga-bunga putih ini memang terlihat seperti rumput liar, namun kalian harus waspada karena jenis tanaman yang satu ini mengandung senyawa alkaloid coniine yang memiliki struktur mirip seperti nikotin.Coniine dapat mengganggu kerja sistem saraf pusat, merusak sistem pernapasan, hingga menyebabkan kematian.

11. Philodendron

Source: orangegirl.com

Tanaman hias yang memiliki daun hijau ini bentuknya hampir mirip dengan daun sirih. Bentuk daunnya melengkung dan lancip di bagian ujungnya. Namun daun tanaman hias merambat ini memiliki racun yang dapat menyebabkan bibir, lidah, dan tenggorokan membengkak.

12. Caladium (Kuping Gajah)

Source: gardeningknowhow.com

Hampir mirip dengan rhubarb, tanaman hias yang juga masuk dalam keluarga talas dan keladi ini juga beracun. Daun tanaman hias ini apabila tertelan oleh manusia ataupun hewan dapat menyebabkan pembengkakan pada mulut dan lidah. Efek jangka panjangnya juga akan mengakibatkan kesulitan bernapas.

13. English Ivy

Source: plantandflowerinfo.com

English Ivy atau daun ivy merupakan jenis tanaman hias yang sering dipakai sebagai tanaman gantung. Bagian daunnya memiliki racun yang apabila tertelan dapat mengakibatkan iritasi kulit, pembekakan di tenggorokan, dan bahkan demam tinggi. Gejala-gejala tersebut akan muncul apabila tanaman hias ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

14. ZZ Plant (Tanaman Dolar)

Source: pinterest.com

Tanaman Dolar adalah jenis tanaman hias yang sering ditempatkan di sudut ruangan. Namun seluruh bagian dari tanaman hias ini beracun. Tanaman hias ini mengandung senyawa oksalat yang dapat mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit. Jika kalian tak sengaja menyentuh daun tanaman hias ini, cepatlah mencuci tangan dengan sabun hingga bersih.

15. Sanseviera (Lidah Mertua)

Source: debra-szidon.squarespace.com

Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias populer yang banyak ditanam dalam pot di rumah. Memiliki bentuk seperti pedang, tanaman hias ini ternyata beracun. Meskipun kadar racun pada tanaman lidah mertua tidak terlalu tinggi, namun tetap saja berbahaya. Efek samping yang ditimbulkan dari racun tanaman ini adalah muntah-muntah dan diare.

16. Angels Trumpet (Kecubung)

Source: pinterest.com

Tanaman hias yang memiliki bunga cantik ini mengandung zat hallucinogen yang beracun. Zat ini dapat membuat seseorang mengalami halusinasi, karenanya tanaman hias ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis narkotika. Tanaman hias ini mengandung senyawa atropine, hyoscyamine, dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai senyawa penghilang kesadaran.

17. Gympie Gympie

Source: pinterest.com

Tanaman hias yang satu ini banyak tumbuh di hutan hujan timur laut Australia, dan Indonesia, tepatnya di Maluku. Jika tak sengaja tersentuh, tanaman ini dapat menimbulkan rasa sakit berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Daun tanaman ini berbentuk hati dan memiliki bulu halus. Bulu halus inilah yang mampu menembus kulit dan melepaskan racun moroidin.

18. Belladonna

Source: alchetron.com

Belladonna mengandung sejenis zat berupa tropane alkoids yang dapat membahayakan makhluk hidup terutama manusia. Seluruh bagian tanaman hias ini beracun, mulai dari akar hingga buahnya. Bagian paling berbahaya dari tanaman hias ini adalah buahnya, yang sekilas terlihat seperti buah berry yang enak dimakan. Gejala keracunan yang diakibatkan oleh tanaman hias ini adalah pupil mata membesar, penglihatan kabur, halusinasi, dan kegilaan. Selain itu zat racun yang berupa atropine di dalam bunga dapat mengganggu sistem saraf, gangguan pada pernafasan, berkeringat dan detak jantung tidak stabil.

19. Ranunculus

Source: flickr.com

Tanaman hias ini sekilas mirip dengan bunga mawar. Ranunculus memiliki warna-warna yang beragam, seperti merah, putih, kuning, pink, dan orange. Namun dibalik warna-warnanya yang cantik, bunga tanaman ini mengandung racun yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

20. Autumn Crocus

Source: pinterest.com

Tanaman hias beracun ini mungkin menjadi salah satu tanaman hias yang paling beracun di dunia. Racun yang terkandung pada tanaman ini berupa colchicine yang belum ada obatnya. Gejala yang ditimbulkan oleh racun tanaman ini adalah hilangnya tekanan darah serta penyakit jantung.

 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow