Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!

6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!

- Selasa, 14 Desember 2021 | 13:00 WIB
6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!

Bambu sangat banyak gunanya bagi kehidupan manusia

Pohon bambu bukanlah tanaman yang asing bagi masyarakat Indonesia. Mungkin di sekitar rumahmu ada pohon ini. Bahkan konon di zaman dulu rakyat Indonesia pernah mengusir penjajah dengan menggunakan bambu runcing. Tapi kamu mungkin gak tahu bahwa tanaman yang kelihatannya biasa-biasa saja ini ternyata punya sejumlah fakta hebat lho. Gak percaya? Ayo cek lima fakta tentang pohon bambu berikut ini.

1. Tanaman yang tumbuh paling cepat

6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!
lewisbamboo.com

Sebuah spesies bambu memegang rekor dunia sebagai tanaman yang paling cepat tumbuh di dunia. Kecepatannya adalah 35 inci atau sekitar 89 cm per hari. Artinya pohon bambu tersebut bisa tumbuh sepanjang hampir 4 cm hanya dalam satu jam saja! Selain itu, pohon bambu juga bisa tumbuh hingga sangat tinggi. Pohon bambu tertinggi yang pernah tercatat adalah spesies Dendrocalamus giganteus alias bambu raksasa Asia, yang bisa tumbuh sampai setinggi 50 meter. Wow!

2. Lebih kuat dari besi dan beton

6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!
archdaily.com

Soal massa jenis, bambu memang kalah dari besi. Bambu juga mudah terbakar, gak seperti besi. Tapi ada satu aspek yang membuat bambu lebih kuat dari besi, yaitu dalam hal kekuatan tarik atau tensile strength. Artinya, jika sebatang bambu dan sebatang besi dengan diameter yang sama ditarik dengan gaya yang sangat besar, maka besi akan lebih dulu patah daripada bambu. Selain itu, bambu juga lebih kuat dari beton lho, yaitu dalam hal menahan hantaman. Wah, luar biasa ya!

3. Memproduksi lebih banyak oksigen daripada pohon lain

6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!
unsplash/Mirko Blicke

Masih ada lagi karakteristik bambu yang membuatnya pantas disebut salah satu tumbuhan terhebat, yaitu soal produksi oksigen. Produksi oksigen pohon bambu ternyata 35 persen lebih banyak daripada pohon berkayu lain. Nah, jadi kalau mau udara dapat udara yang sejuk, menanam pohon bambu di sekitar rumah bisa jadi pilhan yang bagus lho.

4. Secara alami anti bakteri

6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!
discoveringice.com

Tahukah kamu bahwa bambu juga bisa dijadikan bahan pakaian? Ya, serat bambu bisa dibuat menjadi benang dan dipakai untuk membuat kain dan pakaian. Kedengarannya mungkin aneh, tapi ternyata pakaian yang terbuat dari serat bambu punya keunggulan tersendiri. Bambu secara alami memiliki anti bakteri. Maka pakaian yang terbuat dari serat bambu tentu lebih tahan bakteri sehingga tidak cepat bau dan tidak perlu terlalu sering dicuci. Penggunaan lain yang cocok adalah untuk membuat perban anti bakteri, sehingga bisa menutup luka tanpa khawatir terjadi infeksi.

5. Bisa dimakan

6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!
telegraph.co.uk

Seakan masih belum cukup, bambu juga punya kelebihan lain: bisa dimakan. Tunas bambu muda atau biasa disebut rebung adalah jenis sayuran yang umum diolah dan disantap di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Rebung termasuk makanan yang sehat karena rendah kalori, mengandung serat dan vitamin serta mineral. Dan bukan cuma manusia, kamu tentu tahu bahwa ada juga hewan yang menjadikan bambu sebagai santapan, yaitu panda. Hewan imut khas negara Tiongkok itu bisa makan sampai lebih dari 30 kg bambu setiap harinya. Waduh, rakus juga ya.

6. Punya banyak kegunaan untuk manusia

6 Fakta Keren Pohon Bambu, Lebih Kuat dari Besi Lho!
globalwellbeinglab.com

Dengan sejumlah kelebihan tadi, gak heran kalau bambu punya sangat banyak kegunaan bagi manusia. Misalnya, bambu sekarang mulai dipakai untuk membuat rangka sepeda. Rangka sepeda dari bambu jauh lebih ringan tapi jauh lebih kuat daripada rangka besi. Di bidang konstruksi, bambu pun sangat berguna. Pohon-pohon berkayu lain umumnya butuh waktu yang puluhan tahun sampai siap ditebang, dan reboisasinya akan memakan waktu yang sama banyaknya. Sedangkan bambu hanya butuh waktu 3-5 tahun sampai dewasa, dan setelah ditebang pun akan tumbuh kembali dalam waktu cepat.

Nah, itulah enam fakta hebat tentang pohon bambu. Ternyata pohon yang banyak tumbuh di Indonesia ini punya banyak kelebihan dan kegunaan ya. Gimana, kamu tertarik untuk menanam pohon bambu di dekat rumahmu?

Cari Artikel Lainnya