0
20
0
Rekomendasi 8 Kampus Negeri yang Membuka Program Studi Kebidanan
4 weeks 'ago'

Kebutuhan tenaga kesehatan di Indonesia terus bertambah seiring laju populasi yang meningkat. Bidan adalah salah satu tenaga kesehatan yang punya peran vital.

Bidan membantu para calon ibu dari awal kehamilan, persalinan, hingga perawatan anak pascakelahiran. Sebelum resmi bertugas di lapangan, para calon bidan harus menempuh pendidikan agar memenuhi syarat dan memahami tugasnya.

Berikut ini ada delapan kampus negeri yang membuka Program Studi Kebidanan. Rekomendasi buat kamu yang tertarik jadi bidan, nih.

1. Universitas Brawijaya

Dimulai dari Jawa Timur, Universitas Brawijaya yang berlokasi di Kota Malang membuka Program Studi Kebidanan untuk jenjang S1. Pada SBMPTN 2019 ini, Universitas Brawijaya menyediakan 44 kursi untuk Prodi Kebidanan.

2. Universitas Airlangga

Selain Universitas Brawijaya, kampus negeri lain di Jawa Timur yang membuka Prodi S1 Pendidikan Bidan adalah Universitas Airlangga Surabaya. Daya tampungnya pada SBMPTN 2019 adalah 30 kursi.

3. Universitas Sebelas Maret

Bergeser ke Jawa Tengah, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka Program Studi DIV Kebidanan Sarjana Terapan yang berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Daya tampungnya pada penerimaan mahasiswa tahun 2019 ini sebanyak 40 kursi.

4. Poltekkes Kemenkes Semarang

Politeknik Kementerian Kesehatan Semarang membuka Prodi Kebidanan untuk jenjang DIV di kampus Semarang dan Magelang. Selain itu, ada juga Program Studi Profesi Bidan di kampus Semarang.

5. Universitas Gadjah Mada

Berada dalam jajaran tiga besar kampus terbaik di Indonesia, Universitas Gadjah Mada juga membuka kelas di bidang kebidanan, yaitu Program Studi Sekolah Vokasi DIV Bidan Pendidik. Daya tampungnya pada tahun 2019 ini cukup banyak, 80 kursi.

6. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Politeknik Kementerian Kesehatan Yogyakarta memiliki dua jenjang Prodi Kebidanan, yaitu DIII dan DIV Sarjana Terapan. Kampusnya terpisah dari gedung utama, terletak di kawasan Jalan Mangkuyudan Yogyakarta.

7. Universitas Padjajaran

Jika kamu tertarik mengambil studi kebidanan di Jawa Barat, Universitas Padjajaran Bandung membuka kelas DIV Sarjana Terapan Kebidanan di bawah Fakultas Kedokteran. Pada penerimanaan mahasiswa tahun 2019 ini disediakan 30 kursi untuk Prodi Kebidanan.

8. Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Kampus Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta III membuka tiga jenjang Prodi Kebidanan. Prodi DIII Kebidanan berlokasi di kampus utama, kawasan Pondok Melati Bekasi.

Sementara itu, untuk Prodi DIV Kebidanan dan Profesi Bidan berada di kampus Pulomas, Jakarta Timur.

Ada yang sudah mendaftarkan diri di Prodi Kebidanan pada SBMPTN 2019 ini? Semoga hasilnya memuaskan, ya!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow