0
58
0
6 Buah Unik di Indonesia yang Jarang Diketahui, Ada Durian Gundul
3 months 'ago'

Image

Selain memiliki keanekaragaman budaya, Indonesia juga terkenal memiliki kekayaan flora dan faunanya. Beberapa tumbuhan endemik Indonesia juga ada yang termasuk dalam tanaman langka.

Seperti tanaman buah, beberapa jenisnya ternyata hanya bisa ditemui di Indonesia. Seperti manggis yang berwarna putih, hingga buah unik lainnya yang hanya bisa ditemukan di daerah tertentu saja.

Dihimpun oleh AKURAT.CO dari berbagai sumber, berikut ini 6 jenis buah unik endemik Indonesia

1. Kemunting

Satu Harapan

Buah bernama latin Rhodomyrtus tomentosa ini memiliki rasa yang manis dan berserat. Bila sudah matang buah ini akan berwana merah kecoklatan. Buah kemunting dapat ditemukan di dataran tinggi. Di berbagai daerah, buah ini memiliki sebutan masing-masing seperti di Sumatera Selatan buah ini disebut dengan haramonting.

2. Durian gundul

Twitter/@na_dirs

Durian terkenal dengan kulitnya yang berduri. Namun, ternyata Indonesia memiliki jenis buah durian unik yang tak memiliki duri seperti durian pada umumnya. Buah ini hanya bisa dijumpai di kawasan hutan lindung Gunung Rinjani, wilayah Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

3. Manggis putih

Masirul

Selain berwarna ungu kehitaman, buah manggis ternyata memiliki jenis berwarna putih lho. Buah ini bisa kita jumpai di daerah Lingsor, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Untuk rasa, buah manggis ini tidak jauh berbeda dengan buah manggis yang lainnya.

4. Kepel

Img Arcive

Buah Stelechocarpus burahol ini banyak ditemui di Yogyakarta. Konon, buah yang satu ini merupakan buah kesukaan Putri Keraton Jawa. Memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut, buah kepel juga merupakan flora identitas provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Gowok atau kupa

Instazu

Buah gowok atau kupa (Syzygium polycephalum) mempunyai daging buah berwarna putih dan memiliki rasa yang agak asam namun segar. Buah ini banyak tumbuh di daerah Jawa dan Kalimantan. Bentuk dan warnanya mirip dengan buah Blackberry tapi buah ini tergolong jenis Myrtaceae atau jambu-jambuan.

6. Lobi-lobi

Grid

Buah Flacourtia inermis yang biasanya dijadikan rujak dan manisan ini memiliki rasa yang asam namun sedikit manis. Buah ini dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, karena tumbuhan ini dapat ditanam dengan mudah melalui biji atau cangkok. Tanaman buah ini juga dapat tumbuh pada jenis tanah apa pun.

Itulah sederet buah unik asli dari Indonesia. Sudah pernah mencobanya?[]

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow