0
50
0
7 Efek Samping Jeruk Nipis Terhadap Tubuh
3 weeks 'ago'

Siapa yang tidak kenal dengan jeruk nipis? Buah berkulit kuning ini sering dikonsumsi oleh sebagian masyarakat sebagai minuman. Selain dikonsumsi untuk minuman pelega dahaga, jeruk nipis ini juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, dibalik segudang manfaatnya Anda harus juga tahu efek samping minum jeruk nipis setiap hari. Apa efek samping jeruk nipis?
Jeruk nipis dapat dikatakan punya banyak manfaat bagi tubuh karena didalamya terkandung beberapa nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain itu, jeruk nipis juga kaya vitamin C dan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh manusia. Jeruk nipis juga sering dimanfaatkan sebagai campuran perawatan pada wajah.

Jeruk nipis memang memiliki banyak sekali manfaat sehingga disebut sebagai salah satu minuman terbaik dari alam. Namun, ternyata jeruk nipis ini juga punya efek samping. Timbulnya efek samping dari jeruk nipis seringkali akibat mengkonsumsinya dengan takaran yang tidak tepat atau ada masalah kesehatan lainnya.

Ada banyak manfaat jeruk nipis yang bisa Anda dapatkan, tetapi pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan memberikan beberapa efek samping jeruk nipis ini untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Ketahui lebih lanjut tentang efek samping jeruk nipis dalam artikel berikut ini.

 

Efek Samping Jeruk Nipis

Apa efek samping minum air jeruk nipis setiap hari? Berikut 7 efek samping mengkonsumsi jeruk nipis yang perlu Anda ketahui.

1. GERD

GERD juga dikenal sebagai gastroesphageal reflux disoder merupakan gangguan pencernaan yang mempengaruhi otot antara kerongkongan dan lambung. GERD juga bisa disebabkan karena makanan pedas atau asam. Ketika Anda sedang mengalami GERD ini dan Anda mengkonsumsi jeruk nipis sebaiknya hentikan. Hal ini akan dapat mengiritasi lapisan kerongkongan sehingga memperburuk GERD. Gejala GERD meliputi mual, nyeri ulu hati, dan muntah.
 

2. Kerusakan gigi

Bakteri alami di mulut yang dibiarkan, maka akan berubah membentuk plak gigi. Ketika Anda jarang mencuci mulut setelah minum atau makan, maka plak akan menumpuk dan menciptakan gigi berlubang.

Bahkan konsumsi sesuatu yang berbahaya bagi enamel dapat menyebabkan kerusakan gigi. Air jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat tinggi yang bisa menyebabkan pengikisan email gigi. Ketika pengikisan email gigi ini berlanjut ke dentin, akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

 

3. Tukak lambung

Tukak lambung adalah suatu kondisi luka menyakitkan yang terjadi pada lapisan lambung atau usus kecil. Tukak lambung terjadi ketika lendir tebal yang melapisi di dalam perut menipis. Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat menyebabkan tukak lambung dan mengiritasi lapisan lambung. Gejala tukak lambung termasuk rasa sakit yang luar biasa di dalam perut, kembung, muntah dan penurunan berat badan yang drastis.
 

4. Masalah selama kehamilan

Konsumsi jeruk nipis yang berlebihan dapat memengaruhi perut, dan mungkin isa berdampak langsung pada janin. Bahkan kemungkinan tertular penyakit yang ditularkan melalui makanan meningkat selama kehamilan. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh Anda sangat lemah saat hamil. Terlalu banyak mengkonsumsi jeruk nipis saat hamil dapat menyebabkan kram perut, gangguan pencernaan, dan bahkan diare.
 

5. Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah gangguan yang menonaktifkan tubuh dari penyerapan zat besi. Hal ini mengakibatkan penumpukan garam besi dan deposisi pada jaringan yang menyebabkan komplikasi. Vitamin C dalam jeruk nipis disebut asam askorbat karena dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh. Konsumsi vitamin C yang berlebihan dapat meningkatkan jumlah zat besi yang diserap dari makanan. Selain itu, juga menghalangi tubuh menyerap zat besi dan menghasilkan penumpukan besi di dalam tubuh. Gejalanya termasuk kelelahan, kelemahan, nyeri sendi, dan gagal jantung bahkan menyebabkan kematian.

6. Mempengaruhi ginjal

Meskipun air jeruk nipis membantu mengobati batu ginjal dan baik untuk ginjal, orang yang menderita penyakit ginjal tidak boleh mengkonsumsi air jeruk nipis karena dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Hal ini karena jeruk nipis mengandung kadar kalium tinggi yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Gejalanya termasuk irama jantung yang tidak normal dan detak jantung yang lambat.

7. Gangguan asam sulfit

Asam sulfit adalah sekelompok senyawa berbasis sulfur yang keduanya terjadi secara alami serta ditambahkan ke produk makanan sebagai pengawet. Jeruk nipis mengandung sulfit, yang dapat memicu komplikasi terutama pada orang yang sensitif terhadap sulfit. Asam sulfit adalah garam anorganik yang dapat membantu memperpanjang umur simpan makanan. Gejala yang terjadi pada orang yang alergi meliputi kulit gatal, ruam, kram perut, mual, batuk, dll.
Nah, itulah tadi beberapa efek samping jeruk nipis yang bisa Anda ketahui. Jika Anda mengalami beberapa gangguan kesehatan lainnya setelah mengkonsumsi jeruk nipis ini sebaiknya segeralah konsultasikan kepada dokter.

Demikian penjelasan tentang apakah efek samping jeruk nipis yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow