0
34
0
5 Makanan Khas Lebaran yang Pasti Sering Banget Kamu Jumpai
3 weeks 'ago'

Lebaran merupakan hari raya umat Islam yang jatuh setiap tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Momen lebaran ini sering dinantikan kedatangannya karena menjadi perayaan berakhirnya bulan puasa Ramadan.

Lebaran juga merupakan hari libur panjang dimana masyarakat Indonesia memperingatinya dengan mengunjungi keluarga, kerabat, dan beberapa teman.

Saat berkumpul dengan kerabat dan keluarga, biasanya akan disajikan berbagai makanan khas lebaran. Mulai dari makanan ringan hingga yang mengenyangkan. Nah, berikut ada lima makanan yang sering banget kita jumpai saat lebaran. Apa saja?

1. Ketupat

Ketupat memang sangat identik sebagai makanan khas lebaran. Sebenarnya ketupat tidak hanya dikenal luas di Indonesia saja. Tetapi negara-negara di Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia pun jugga mempunyai tradisi ketupat saat lebaran. Ketupat paling enak dinikmati dengan aneka masakan berkuah.

Untuk membuat ketupat, gak perlu ribet kok! Ketupat yang berbahan dasar beras dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda atau kadang-kadang dari pisag. Setelah itu direbus hingga beras berubah menjadi padat.

2. Opor ayam

Makanan khas lebaran satu ini sangat populer di daerah Jawa, terutama wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tapi saat ini masakan opor ayam ini telah menjadi populer dan banyak dikenal di daerah-daereh lain di Indonesia.

Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan.

Untuk memasaknya, ayam direbus dan dimasak dengan menggunakan santan lalu ditambahkan dengan bermacam-macam bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Opor ayam menjadi sajian wajib ketika perayaan lebaran.

3. Ketupat sayur

Selain dihidangkan dengan opor ayam, ketupat juga diolah menjadi makanan ketupat sayur. Makanan satu ini begitu populer di Jakarta dan Sumatera Barat.

Ketupat sayur biasanya dimasak dengan labu siam. Tapi untuk hidangan lebaran, ketupat sayur biasanya dimasak dengan aneka isian seperti udang, telur, tempe, dan lain-lain.

Untuk resep ketupat sayur khas lebaran, diadaptasi dari masakan lontong sayur Betawi, Medan dan Padang. Untuk bumbunya sama-sama kental, hanya saja terasa lebih ringan. Kuliner satu ini enak banget dimakan bersama potongan ketupat!

4. Nastar

Selain makanan berat, saat lebaran pasti juga ada suguhan aneka kue kering. Salah satu kue kering yang pasti ada saat lebaran adalah Nastar. Makanan yang satu ini sebenarnya bukan asli berasal dari Indonesia, namun merupakan adaptasi dari kue kering khas Belanda.

Kue yang masih bersaudara dengan pineapple tart ini memang termasuk suguhan favorit saat lebaran. Rasanya yang gurih dan lembut terasa pas berpadu dengan asam manis selai nanas. Biasanya, nastar juga disajikan dengan tambahan keju.

5. Kaasstengels

Sama seperti nastar, kaasstengels juga hasil adaptasi dari kue kering khas Belanda. Kue kering yang satu ini dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Hal yang unik dari kue ini adalah bentuknya yang kecil memanjang. Panjangnya sekitar 3-4 cm dan lebarnya 1 cm.

Kue kering satu ini memang sangat terasa sekali kejunya. Keju edam di dalam adonan membuat rasanya gurih dengan tekstur yang renyah. Biasanya sebelum lebaran, ibu-ibu akan sibuk membuat kue ini di rumahnya. Kalau gak mau ribet, bisa juga membelinya di toko kue.

Nah, itulah tadi lima makanan yang selalu ada ketika perayaan lebaran. Kalau sudah ketemu makanan-makanan tersebut, gak jarang bikin kita kalap untuk memakannya. Kamu paling suka konsumsi makanan yang mana nih?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow