0
36
0
Teh Manis vs Air Putih: Mana yang Lebih Baik Diminum Saat Berbuka Puasa?
4 months 'ago'

Sudah budaya kita bahwa buka puasa di awali dengan minum teh hangat manis, dan berbagai media juga menyebarkan iklan untuk selalu mengawali berbuka puasa dengan yang manis sampai ada memenya di sosial media, contohnya “Berbukalah dengan manis, tapi yang manis belum tentu sayang,”  Namun banyak pertanyaan yang rancu, sebaiknya kita mengawali berbuka puasa itu dengan teh manis hangat atau dengan minum air putih?

Mungkin juga sebagain orang agak bingung kalau kita berbuka dengan minum air putih pasti agak heran, karena jarang dan agak kaget melihat orang yang mengawali buka puasa dengan air putih, dan dalam setiap berbuka bersama teh mannis hangat adalah menu untuk berbuka bukan untuk pemanis saja, dan hampir tidak ada air putih yang disediakan di meja makan. Saat kita berbuka bersama sangat jarang ada menu berbuka itu ada air putih, kebanyakan adalah teh manis hangat yang dijajahkan untuk mengawali berbuka puasa. Namun ada banyak pertanyaan sebaiknya, lebih baik mengawali berbuka puasa dengan teh manis hangat atau dengan air putih?

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa ada beberapa manfaat bagi tubuh kita mengenai teh manis hangat saat berbuka puasa, yaitu mampu memperkuat tulang dan gigi. Namun ada bahanya juga yang mengancam tubuh kita, bahwa minum teh terlalu banyak akan memunculkan cairan asam lambung kita naik dan itu bisa menjadi bumerang bagi kita di hari hari berikutnya, karena ada pemicu dari cairan asam lambung naik ini karena adanya kafein di dalam teh manis hangat tersebut.

Bagi yang bebuka puasa dengan air putih dan ingin memulainya, ada manfaat yang bisa menjadikan badan kita semakin sehat, walau berbeda dari budaya bulan puasa, namum manfaatnya sangat baik bagi kita. Pertama adalah mengobati sakit kepala. Setelah berpuasa hampir seharian membuat kita pusing dan juga mungkin sangat lelah dengan aktifitas kita sehari hari. Namun minum air putih saat berbuka itu membuat kita mencegah datangnya pusing tersebut dan menguragi dehidrasi sehingga badan kita kembali normal serta tidak adanya sakit pusing tersebut.

Manfaat lainnya yaitu meningkatkan fungsi otak dan energi bagi tubuh. Sama seperti sebelumnya namun ini manfaat yang kedua dimana saat kita rutin minum air putih akan meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan energi kita untuk bisa beraktifitas kembali. Saat berpuasa kita kehilangan cairan mulai dari 1-3 persen cairan atau setara dengan 0.5-2 kg hilang saat sedang beraktivitas saat berpuasa.

Jadi, lebih baik yang mana berbuka dengan teh manis hangat seperti kebanyakan orang atau berubah demi sehat namun dianggap beda oleh orang lain?

Follow Us On :
Ranking
1
Arifah
590
2
3
4
5
Lencana
Kongkow