Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Lubang Jari, Cara Sederhana Atasi Mata Minus

Lubang Jari, Cara Sederhana Atasi Mata Minus

- Minggu, 29 Mei 2022 | 08:00 WIB
Lubang Jari, Cara Sederhana Atasi Mata Minus

Anda pengguna kaca mata minus? Pernahkah Anda ketinggalan atau lupa tidak membawa kacamata? Para penderita miopi atau rabun jauh sangat tergatung kepada kacamata. Pasalnya tanpa menggunakan kacamata, penglihatan mereka akan mengalami gangguan. Mata tidak bisa melihat dengan jelas benda-benda di sekitarnya.

Itulah sebabnya, bagi penderita mata minus kacamata adalah benda yang wajib dibawa ke mana pun. Ternyata ada cara sederhana bagi penderita mata minus yang terlupa membawa kaca mata.

Tahukah Anda, bagaimana caranya?

Untuk mengatasi  kesulitan melihat benda  pada mata minus ternyata cukup dengan menggunakan jari tangan. Caranya buat lubang celah menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Gulung jari telunjung dan ibu jari hingga membentuk lubang kecil.  

Tempelkan lubang kecil tersebut di mata dan arahkan ke benda atau obyek yang ingin dilihat. Dari lubang atau celah tersebut, benda atau obyek akan terlihat lebih jelas. Cara sederhana ini diyakini bisa menjadi jalan keluar saat lupa membawa kaca mata.

Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan menggunakan karton yang dilubangi. Buat lubang dalam ukuran kecil, seperti lubang jarum atau ujung pulpen. Tusuk karton dengan jarum hingga tercipta lubang kecil.

Sebaiknya jangan gunakan kertas, apalagi kertas tipis. Pasalnya cahaya masih dapat menembus kertas yang bisa menganggu penglihatan. Untuk hasil yang lebih baik, bisa juga dengan menghitamkan daerah sekitar lubang di karton dengan spidol warna hitam.

Lalu lakukan seperti saat menggunakan jari, tempelkan lubang kecil tersebut dan arahkan ke benda atai obyek yang ingin dilihat.

Cara kerja lubang jari atau karton tersebut sebenarnya mirip dengan prinsip kerja Pinhole Camera atau Pinhole Glasses. Lubang kecil akan dapat meningkatkan depth of field. Dalam prinsip kamera atau fotografi depth of field adalah bidang atau area yang memilki ketajaman yang lebih jelas.  

Selain itu dengan membuat lubang dari jari atau karton maka jumlah cahaya yang masuk ke retina mata bisa dibatasi. Dengan cara ini maka cahaya mampu menekan retina mata dengan langsung sehingga benda atau obyek akan terlihat lebih jelas.

Menurut MinutePhysics, akun youtube berisi video pendidikan ciptaan Henry Reich dikatakan bahwa lubang jarum akan membantu memfokuskan cahaya yang masuk ke retina mata. Memang tidak memberikan hasil sempurna, namun bisa menjadi solusi dalam keadaan darurat.

Cari Artikel Lainnya