0
31
0
Jangan Dibuang Dulu! Kulit Buah Ini Ternyata Banyak Manfaatnya!
1 month 'ago'

 

manfaat kulit buah

Suka makan buah?

Semakin tinggi kesadaran akan pola hidup sehat, konsumsi buah-buahan ternyata juga semakin tinggi peminatnya lho.

Tapi, masih banyak orang yang tidak sadar kalau ternyata bagian buah yang biasa kita buang punya banyak manfaat.

Kalau kamu ternyata adalah salah satu penikmat buah, kamu harus tahu fakta ini supaya kamu bisa mendapatkan manfaat buah yang kamu makan secara utuh.

1. Kulit Apel

Kalau kamu makan apel, biasanya dimakan atau dibuang nih kulitnya?

Kalau biasa dibuang, mulai sekarang, coba yuk makan apel sekalian sama kulitnya. Karena ternyata, kulit apel mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung.

Selain itu, buat kamu yang sedang diet, makan apel bersama kulitnya akan memberikan lebih banyak kandungan serat dan vitamin untuk kamu.

Tapi, kamu juga perlu hati-hati. Beberapa apel merah yang dijual di pasaran ternyata dilapisi wax atau zat lilin supaya bisa terlihat segar dalam waktu lama.

Sayangnya, zat lilin ini tidak bisa dicerna tubuh dan justru akan berbahaya kalau kamu konsumsi.

Lalu bagaimana?

Syukurnya, lapisan lilin ini bisa kamu hilangkan dengan air hangat yang tidak terlalu panas. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan soda ke dalam air tersebut.

Selanjutnya, kamu tinggal menyikat lembut kulit apel kamu di dalam campuran air hangat itu. Dan terakhir, bilas dengan air mengalir supaya lapisan lilin tidak menempel lagi. Sekarang, apel kamu aman untuk dimakan bersama kulitnya.

2. Kulit Semangka

manfaat kulit buah

Source: She.ID

Saat cuaca mulai panas, buah semangka memang pilihan terbaik untuk kamu nikmati. Apalagi kalau buah semangka yang kamu miliki masih segar, dingin, dan berair. Aduh, pas banget lah.

Buah semangka memang paling enak dinikmati saat cuaca panas. Selain menyegarkan, daging buah semangka juga memiliki banyak manfaat. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit dan wajah kamu.

Tapi ternyata, bukan hanya bagian daging buahnya saja yang bermanfaat. Bagian semangka yang sering kamu buang, alias bagian kulit semangka ternyata juga memiliki banyak manfaat.

Mulai dari mengatasi tekanan darah tinggi, membantu proses detoksifikasi, melancarkan peredaran darah, melawan radikal bebas dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan memakan kulit semangka secara langsung, atau mengolahnya menjadi serbuk lebih dulu, lalu dilarutkan dengan air atau susu untuk diminum.

Selain itu, kamu juga bisa menempelkan kulit semangka yang sudah dicuci bersih ke area wajah. Cara ini akan membantu kamu yang ingin memiliki wajah bersih tanpa noda jerawat lho.

3. Kulit Jeruk

manfaat kulit buah

Source: arbamedia.com

Kalau kamu tahu manfaat dari kulit jeruk, mulai hari ini kamu akan berpikir dua kali untuk membuangnya!

Apalagi kalau kamu adalah seorang wanita. Kulit jeruk memiliki banyak manfaat yang sangat bermanfaat bagi kaum wanita. Mulai dari membantu menurunkan kolesterol, memutihkan gigi, mengatasi tanda penuaan, hingga mengurangi berat badan!

Tentu saja tidak mungkin kamu mau mengkonsumsi kulit jeruk secara langsung apalagi mengunyahnya. Tapi kamu tetap bisa mendapatkan manfaat kulit jeruk ini dengan berbagai cara.

Kamu bisa menyeduhnya bersama madu dan air hangat sebagai teh kulit jeruk. Selain hangat dan bermanfaat, wangi teh kulit jeruk juga akan membuat kamu merasa nyaman.

Kamu juga bisa mengolahnya menjadi bubuk dan mencampurkannya dengan sedikit madu dan oatmeal kalau kamu ingin mencoba membuat masker kulit jeruk.

Atau kamu bisa menggosokkan langsung bagian dalam kulit jeruk tersebut ke gigi kamu. Lakukan cara tersebut secara rutin dan lihat bagaimana hasil yang akan kamu dapatkan!

Jadi, masih mau buang kulit buah yang kamu makan?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow