Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 10 Tantangan Yang Dialami Wanita Karier, Kamu Salah Satunya?

10 Tantangan Yang Dialami Wanita Karier, Kamu Salah Satunya?

- Kamis, 13 Juni 2019 | 12:10 WIB
10 Tantangan Yang Dialami Wanita Karier, Kamu Salah Satunya?

Wanita masa kini telah turut menguasai dunia dan dunia karier. Bahkan, berdasarkan survei di perusahaan-perusahaan besar dunia, wanita cukup mendominasi dan memiliki kinerja yang menakjubkan.

Wanita dianggap lebih kuat, cerdas, kompeten, dan memiliki emosi yang stabil dibanding laki-laki. Bahkan, menurut riset, perusahaan yang memiliki jumlah karyawan wanita lebih banyak mendapatkan profit finansial dan produktivitas yang lebih tinggi.

Sayangnya, meski kenyataan dan riset banyak menunjukkan bahwa kehadiran wanita  di tempat kerja cukup menguntungkan, hal ini tidak serta merta memudahkan wanita. Tetap banyak tantangan yang perlu dihadapi sebagai wanita karier dalam bekerja. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

1. Isu pria vs wanita

Pria dan wanita dapat diibaratkan sebagai dua sisi dari koin yang sama. Masing-masing memiliki cara berpikir dan bertindak yang berbeda. Namun, terkadang meski sama-sama berbakat, selalu ada diskriminasi yang membedakan keduanya. Hal ini terkadang menjadi tantangan terbesar bagi seorang wanita.

Ketika pria kompeten, ia akan diakui dengan bakatnya tanpa perlu mengaitkan dengan jenis kelaminnya. Terkadang tidak demikian dengan wanita, ketika ia kompeten dengan pekerjaannya, terkadang pengakuan tersebut tidak bisa hanya datang dari bakat yang dimiliki tanpa mengaitkannya dengan jenis kelamin.

2. Bayaran yang tidak setara dengan pria

Di beberapa negara, wanita masih mendapatkan gaji yang tidak sebanding dengan pria meskipun memiliki pekerjaan dan jabatan yang sama. Padahal, hal tersebut merupakan bentuk dari diskriminasi terhadap wanita.

3. Menyeimbangkan pekerjaan dan hidup

Banyak sekali wanita pekerja yang berjuang untuk menyeimbangkan kehidupannya di rumah dengan pekerjaannya. Terkadang menjadi wanita pekerja yang sudah memiliki suami dan anak mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan hidup dan perannya sebagai karyawan, istri, dan seorang ibu.

Hal ini berarti wanita perlu menyeimbangkan tugas domestiknya di rumah dan pekerjaannya di kantor. Namun, bagi mereka yang sangat berkecukupan, hal ini mungkin bukan masalah karena mereka dapat mengurus pekerjaan domestiknya dengan membayar orang

4. Pelecehan seksual di tempat kerja

Salah satu tantangan yang banyak terjadi dan perlu dihadapi wanita karier di tempat kerja adalah adanya pelecehan seksual. Perilaku yang termasuk pelecehan di sini adalah segala bentuk tindakan mengganggu yang ditujukan ke arah seksual dengan membuat wanita berada di dalam situasi yang tidak menyenangkan.

Hal memalukan ini kadang terjadi ketika pria dengan pemikiran picik mencoba memikat wanita dengan alasan cinta dan berakhir melecehkan wanita secara seksual. Agar lebih paham, kenali penjelasan lebih lanjut mengenai pelecehan seksual di tempat kerja.

Selain beberapa di atas, banyak pria berpendapat bahwa wanita yang bekerja harus mampu berkompromi menghadapi hal tersebut saat memilih untuk bekerja. Diketahui hal tersebut jugalah yang menjadi dasar banyaknya kejadian pelecehan seksual yang dilakukan pria di tempat kerja.

5. Bias gender dan peluang kerja

Bias gender juga menjadi tantangan yang perlu dihadapi wanita di tempat kerja. Masih banyak lowongan pekerjaan yang memiliki tugas tertentu seperti sering berpergian, aktivitas lapangan, dan lain-lain yang menjadikan jenis kelamin sebagai persyaratan utama.

6. Cuti hamil

Ketika seorang wanita melahirkan, biasanya perusahaan akan memberikan kebijakan cuti selama beberapa bulan untuk memberikan waktu padanya beradaptasi menjadi seorang ibu. Namun, terkadang sekembalinya dari cuti hamil, pekerjaannya di kantor sudah tidak lagi sama dengan yang biasa ia kerjakan.

Seorang wanita mungkin perlu memulai semuanya dari nol lagi untuk kembali beradaptasi dengan kariernya pasca melahirkan.

7. Kurangnya panutan dalam dunia kerja

Meski wanita kini telah banyak terjun dalam dunia kerja, kebanyakan contoh untuk dijadikan panutan adalah laki-laki. Memang, sudah banyak pemimpin-pemimpin wanita dalam dunia kerja, sayangnya tidak demikian dengan contoh panutan.

Kurangnya figur wanita yang dijadikan contoh panutan ini terkadang membuat wanita merasa tidak dapat merasa terkait dengan tuntunan yang diberikan dalam menjalankan tugasnya.

8. Adanya gosip menerpa ketika berhasil mencapai posisi tinggi

Tantangan sedih satu ini benar-benar sering terjadi ketika seorang wanita mencapai posisi tinggi. Terkadang, akan muncul banyak pertanyaan maupun gosip yang menerpa tentang bagaimana perjalananmu sebagai seorang wanita karier telah mencapai posisi tertentu.

Beberapa hal tentang kemampuan dan sikap ramahmu terkadang mungkin saja menjadi omongan. Jika hal ini terjadi, jangan mudah emosi dalam menghadapinya, cobalah untuk tenang dan berpikir untuk menganggap hal tersebut angin lalu.

9. Adanya permainan kekuasaan di kantor

Politik kantor merupakan tantangan yang juga perlu dihadapi wanita. Tantangan ini dapat berubah menjadi sangat berat dan bahkan dapat melukai jiwa dan batinmu. Bahkan, bukan tidak mungkin hal ini akan mengganggu ketenangan mentalmu.

10. Masalah keamanan yang harus dihadapi wanita karier

Poin terakhir mungkin merupakan tantangan paling menakutkan bagi seorang wanita di lingkungan kantor adalah masalah keamanannya. Dengan banyaknya kasus penyerangan fisik dan pelecehan yang dialami wanita di lingkungan kantor, hal ini perlu ditanggapi serius oleh semua wanita yang bekerja.

Karena masalah keamanan ini, mungkin baiknya kamu sebagai wanita turut belajar seni bela diri. Menjaga diri dari serangan orang lain ketika harus pulang malam setelah lembur mungkin akan kamu perlukan. Jadi, jangan sepelekan keamanan dirimu sepulang bekerja, ya.

Itu dia beberapa tantangan yang perlu dihadapi oleh wanita karier di dunia kerja. Memang, menjadi wanita yang bekerja bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti kamu harus menyerah. Tetap semangat kejar mimpimu dan jadilah panutan para wanita, ya! Calon wanita karier yang sukses, kamu salah satunya, kan?

Cari Artikel Lainnya