0
46
0
Lakukan 6 Langkah Ini Agar Acara Buka Bersama Tidak Hanya Jadi Wacana
2 months 'ago'

Ketika telah masuk bulan Ramadan, grup-grup chating mulai ramai membahas rencana acara buka bersama atau bukber. Namun, sering juga chathing-chating tersebut hanya berujung wacana tanpa adanya realisasi.

Buka bersama memang sudah menjadi kegiatan wajib generasi mienial ketika bulan suci tiba. Buka bersama pun menjadi ajang reuni dan merayakan kebersamaan.  Agar tahun ini rencana acara buka bersama kalian tidak hanya berujung wacana, yuk coba lakukan enam langkah ini.

1. Jadi panitia secara sukarela

Penyebab utama kenapa buka bersama setiap tahunnya hanya jadi sebuah wacana adalah tidak adanya sosok yang bersedia menjadi motor penggerak. Semua hanya usul, usul, dan usul. Tidak ada yang mau action. Oleh karena itu, kalau kalian memang ingin mengadakan buka bersama, kalian harus secara suka rela menjadi panitia yang memelopori.

Panitia yang dimaksud di sini adalah orang yang mengawal dari awal mulai diskusi merencanakan acara buka bersama, sampai nanti pelaksanaan. Kamu juga harus rela untuk survei lokasi dan reservasi untuk memastikan ketersediaan tempat. Bahkan harus rela hadir lebih awal agar semua menu tersedia dengan baik.

Jangan sampai pesanan baru keluar saat azan Isya berkumandang, ya!

2. Tentukan tanggal sejak jauh-jauh hari

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tanggal pelaksanaan. Pastikan semua peserta buka bersama dapat hadir dan agenda mereka semua kosong di tanggal tersebut.

Idealnya, menentukan tanggal paling tidak harus berjarak satu hingga dua minggu. Jadi misalkan pembahasan penentuan tanggal dilakukan di minggu pertama bulan Ramadan, maka paling tidak tanggal pelaksanaan acara harus ditentukan di minggu kedua atau ketiga bulan Ramadan.

3. Pilih tempat yang mudah dijangkau, baik Jarak maupun harganya

Jarak yang jauh biasanya menjadi alasan sebagian orang untuk tidak ikut acara buka bersama. Oleh karena itu, pemilihan tempat yang mudah dijangkau menjadi poin penting.

Dalam memilih tempat, akan lebih efisien jika dipilih tempat yang dekat dari lokasi biasa kalian kumpul. Misal acara buka bersama untuk grup alumni SMA, maka carilah tempat makan di sekitar sekolah SMA kalian. Jika memang tidak memungkinkan, lebih baik mencari tempat buka bersama di tengah kota yang mudah dijangkau oleh semua orang dari penjuru kota manapun.

Jangan lupa juga periksa harga menu. Apakah cocok dengan keadaan kantong teman-teman kalian? Apa masakannya sesuai selera mereka? Agar tidak bingung, ada baiknya memilih tempat semacam pujasera yang menyediakan berbagai macam stand makanan.

Dengan demikian, peserta buka bersama bisa memilih sendiri makanan sesuai selera dan kantong mereka. Yang perlu diingat, buka bersama kan bukan tentang apa makanannya, tapi yang penting kumpul bersamanya.

4. Sebarkan kabar melalui pesan chat, jika perlu melalui voice call dan video call juga

Ketika tanggal dan tempat telah disepakati bersama, selanjutnya kalian harus menyebarkan informasi tentang acara buka bersama melalui pesan chat ke semua temanmu. Meski mereka ada di dalam grup chating, bisa jadi beberapa temanmu mengaktifkan mode mute pada grup chating.

Agar informasi tersampaikan dengan menyeluruh dan akurat, tidak ada salahnya kamu chatsatu per satu temanmu atau juga dapat melalui fitur broadcast massage.

Pastikan dalam pesan yang kamu kirim mencantumkan hari tanggal pelaksanaan, lokasi, dan yang terpenting adalah pertanyaan atas kesediaan hadir. Hal ini berguna untuk  menentukan berapa kisaran jumlah peserta saat reservasi tempat buka bersama.

Jika perlu, jangan ragu juga melakukan voice call atau video call ke teman satu per satu untuk mengabarkan acara buka bersama. Jika kabar tentang acara buka bersama tersebar dengan baik, pasti acara yang telah direncanakan juga akan berjalan dengan baik.

5. Tegas dan tanpa kompromi

Jika tanggal dan tempat sudah disepakati bersama dan telah disebar ke semua teman, kuncilah kesepakatan itu dan jangan ada kompromi. Biasanya, akan selalu ada orang yang memohon untuk diganti jadwal maupun diganti tempat setelah semua telah ditentukan.

Sebagai panitia, kalian tidak boleh goyah. Sekalipun yang memohon adalah teman terdekatmu, kamu harus tegas dan tetap mengunci tanggal dan tempat hasil mufakat diskusi bersama.

6. Niatkan untuk menjalin tali silaturahmi

Menjadi panitia buka bersama memang melelahkan. Tapi kalian harus ingat, bulan puasa adalah bulan penuh berkah. Segala niat baik akan dilipatgandakan nilai ibadahnya. Niatkan hati mengawal dan menghadiri acara buka bersama untuk menjalin tali silaturahmi.

Jadikan acara buka bersama sebagai momen merekatkan kembali hubungan pertemanan yang sudah lama terjalin. Insyaallah pahala.

Nah, itu tadi enam langkah yang setidaknya harus kamu lakukan agar acara buka bersama tidak lagi-lagi hanya jadi sebuah wacana. Ingat, kunci utamanya adalah harus ada yang rela jadi motor penggerak.

Semoga acara buka bersama kalian tahun ini sukses, ya!

Follow Us On :
Ranking
1
2
Lencana
Kongkow