Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Langka, Inilah Penampakan Bunga Mawar Hitam di Turki!

Langka, Inilah Penampakan Bunga Mawar Hitam di Turki!

- Jumat, 17 Mei 2019 | 13:14 WIB
Langka, Inilah Penampakan Bunga Mawar Hitam di Turki!

Bunga Mawar Hitam

Bunga Mawar Hitam – Siapa yang tidak kenal dengan bunga mawar? Bunga dengan ciri khas warna yang cerah dan aroma yang harum ini sering digunakan sebagai tanaman hias bunga. Selama ini mawar dikenal sebagai ratu bunga karena keindahannya. Umumnya bunga mawar populer dengan warna merah dan putih. Tetapi ada jenis lain yang jarang diketahui yakni bunga mawar hitam.

Peminat bunga mawar hitam kebanyakan menyukai kerena keunikan yang dimiliki. Banyak cerita yang beredar berkenaan dengan bunga ini, bunga mawar hitam sering dikaitkan dengan ilmu hitam atau dunia vampir. Ada juga yang mengatakan bunga mawar hitam merupakan bunga yang menjadi simbol cinta mati.

Anda ingi memiliki bunga ini? Sayang sekali bunga mawar hitam keberadaannya tidak sebanyak bunga mawar yang lain. Bunga ini hanya tumbuh di Turki, tepatnya di daerah Halfeti. Mengapa bisa ada bunga mawar hitam tumbuh di sana? Saalah satu penyebabnya adalah karena daerah Halfeti mempunyai kondisi tanah yang langka dan berbeda dengan daerah lain.

Selain itu faktor geografis di mana daerah Halfeti yang berdekatan dengan  sungai Efrat sehingga mempengaruhi iklim di sana. Hal iniah yang membuat tanaman mawar di sana berwarna magenta tua atau ungu tua mendekati hitam.

Pigmen atau zat yang mempengaruhi warna yang ada pada tanaman tersebut bernama anthocyanin. Zat tersebut juga biasanya terdapat di dalam buah raspberry dan blueberry. Bunga mawar hitam ini hanya mekar 2 kali selama setahun, lama mekarnya hanya sekitar 15 hari saja.

Bunga Mawar Hitam Langka Hampir Punah

Seperti yang di bahas di awal bahwa bunga mawar hitam ini hanya tumbuh dan berkembang di daerah Halferi. Sayangnya saat ini mawar hitam merupakan spesies yang terancam punah. Hal ini karena hampir mustahil untuk mengembangkan bunga mawar hitam di daerah lain. Hal ini semakin diperparah dengan dibangunya bendungan Birecik di Halfeti sehingga tempat ini banyak digusur dan mulai ditinggalkan oleh warganya.

Meskipun warga berusaha untuk menanam mawar hitam di daerah lain tetapi hasilnya tidak sebaik ketika ditanam di daerah asal. Di tempat baru tidak banyak bunga mawar yang bisa mekar. Oleh sebab itu pemerintah setempat juga berusaha untuk menyelamatkan mawar hitam agar bisa dinikmati oleh generasi berikutnya.

Mereka berusaha untuk mengumpulkan bibit bunga mawar hitam dan mencoba menanam di tempat baru yang dibuat mirip dengan lokasi sebelumnya. Usaha ini membuahkan hasil positif, meskipun tidak sebaik di tempat aslinya tetapi bunga mawar hitam di lokasi baru ini bisa dinikmati hingga sekarang.

Meskipun sebagian orang menyebut mawar hitam sebagi lambang kebencian dan merupakan simbol dari misteri. Tetapi bunga ini tetap memiliki keindahan dan nilai tersendiri sehingga perlu untuk dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Apabila Anda berminat untuk melihat langsung bunga mawar hitam bisa langsung mengunjungi daerah Halfeti. Tetapi untuk mengobati rasa penasaran Anda ada beberapa gambar bunga mawar hitam yang bisa Anda lihat di bawah ini.

Tanaman Mawar Hitam

Tanaman Mawar Hitam – cantik.co.id

 

Cari Artikel Lainnya