0
20
0
7 Kebiasaan Buruk Sehari Hari Yang Bisa Menghambat Kariermu
1 week 'ago'

Tahukah kamu? Bahwa ternyata meski tampak sepele, kebiasaan buruk sehari-hari dapat berdampak pada masa depanmu kariermu. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan hal ini dapat mengganggu performa dan kinerjamu.

Agar tidak mengorbankan pekerjaan dan tidak merugi di kemudian hari, di bawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang sebaiknya kamu hentikan. Salah satunya mungkin sering kamu lakukan!

1. Memulai hari dengan secangkir kopi

Memang meminum segelas atau secangkir kopi sehari adalah kebiasaan lebih dari 50 persen orang di dunia. Padahal, ternyata hal ini dapat cukup mengganggu kinerja karena kafein dapat menumpulkan kemampuan tubuh dalam meningkatkan energi di pagi hari.

Kamu termasuk seseorang yang sulit bekerja tanpa kopi? Nah, cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini. Agar tetap melek, cobalah untuk mengganti secangkir kopi dengan apel. Pasalnya, seperti kopi, apel juga dipercaya dapat membantumu mengurangi rasa kantuk di pagi hari.

2. Suka menunda-nunda pekerjaan

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dapat mengganggu produktivitas dan kinerjamu di kantor. Jika kamu adalah tipe orang yang percaya bahwa kamu dapat mengerjakan pekerjaan di menit-menit terakhir, kamu harus menyadari bahwa akan ada dampak yang diberikan dari hal tersebut.

Kebiasaanmu mengerjakan pekerjaan terlalu dekat dengan waktu deadline dapat membuatmu mudah terkena marah oleh rekan kerja yang berkaitan denganmu. Bahkan jika suatu proyek gagal karena kamu yang terlambat menyelesaikan pekerjaan, bukan tidak mungkin kamu yang akan disalahkan.

3. Seringkali kurang tidur

Ketika otakmu merasa lelah, kamu akan cenderung untuk mengambil keputusan yang gegabah. Kebiasaan ini juga akan membuat kamu terbiasa dikendalikan oleh harapan dan asumsi dalam berpikir dan bertindak.

Jadi, memberikan tubuh waktu tidur yang cukup benar-benar hal yang serius. Sebab, otak akan mampu memproses sebuah pilihan dengan lebih baik setelah semalaman beristirahat.

Cobalah untuk membuat keputusan setelah memastikan bahwa kamu mendapat cukup tidur dan istirahat, misalnya pada pagi hari.

4. Makan dengan terburu-buru

Pekerja di zaman modern ini seringkali didesak oleh waktu yang sempit dan membuat kebiasaaan makan dengan terburu-buru lumrah dilakukan. Padahal kebiasaan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan pelakunya.

Hal ini dapat menimbulkan masalah seperti kenaikan berat badan dari pelakunya. Apa lagi kebiasaan makan dengan terburu-buru juga biasanya akan membuat kamu memilih makanan fast food yang jelas saja tidak sehat.

Jadi, usahakan jangan makan dengan terburu-buru. Pastikan tubuhmu mendapatkan nutrisi yang baik dan tepat agar terhindar dari masalah kesehatan. Selalu usahakan untuk memakan makanan sehat dan luangkan waktumu untuk makan dengan waktu yang sesuai agar makanan tercerna dengan sempurna.

Kamu tidak ingin masalah kesehatan menghambat pengembangan karirmu, bukan?

5. Kecanduan media sosial

Kebiasaan buruk sehari-hari lainnya yang dapat mengganggu kinerja dan bahkan mampu membuatmu kehilangan pekerjaan adalah kecanduan media sosial. Sebab, jika kamu bisa memeriksa media sosial selama beberapa menit sekali, hal ini pastinya akan mengganggu fokus dan pekerjaanmu.

Beberapa perusahaan bahkan kini telah mampu mengukur dan memantau penggunaan media sosial dari karyawannya. Jadi, berhati-hatilah dan jangan menghabiskan terlalu banyak waktumu dengan berkunjung di media sosial dan mengorbankan pekerjaanmu.

6. Terlalu sering berkata “ya”

Ternyata, terlalu sering berkata “ya” dan tidak bisa menolak untuk setiap permintaan tolong di kantor dapat menjadi kebiasaan buruk yang menghancurkan keseimbangan karir dan kehidupan personalmu.

Jadi, cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan berani mengatakan “tidak” pada hal-hal yang dapat mengganggu kehidupan personal atau pekerjaan utamamu.

Meski begitu, bukan berarti kamu dapat mengatakan "tidak" seenaknya pada semua permintaan tolong. Kamu tetap perlu mempertimbangkan apakah permintaan tersebut menyulitkan dan merugikan atau tidak.

7. Terlalu banyak bekerja lembur

Bekerja dengan giat memang baik, namun terlalu banyak bekerja lembur untuk dianggap giat bekerja ternyata bukan hal yang baik. Sebab hal tersebut membuatmu kehilangan keseimbangan antara kehidupan personal dan pekerjaan. Hal ini bahkan dapat menurunkan produktivitas kerjamu.

Jadi, cobalah bekerja sesuai dengan jam kerja yang telah ditentukan dan berusaha disiplin pada waktu tersebut. Kamu harus mampu menjaga keseimbangan hidup dan bekerja.

Setelah membaca ketujuh contoh kebiasaan buruk sehari-hari yang dapat mengganggu kinerjamu di kantor, mulailah menghindari hal-hal di atas.

Selain beberapa kebiasaan buruk sehari-hari di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang dapat menyebabkan kinerjamu menurun, jika kamu sudah menyadarinya ubahlah perilaku tersebut.

Sebab, sesering apapun kamu membaca atau mendengarkan motivasi dan cara dalam menghilangkan kebiasaan buruk sehari-hari, tetap saja hal tersebut tidak akan hilang jika kamu tidak berusaha dari dalam diri sendiri.

Jadi, kapan kamu mau mulai berubah?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow