0
85
0
Apa Saja Ciri-Ciri Tanah Subur yang Baik?
2 months 'ago'

 

Apa Saja Ciri-Ciri Tanah Subur yang Baik

Tanah memiliki peranan yang sangat penting sebagai penunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanah juga berperan sebagai tempat tumbuh tegak tanaman, tempat persediaan udara, air dan unsur hara, serta sebagai tempat hidup organisme yang mendukung pertumbuhan tanaman.

Apa saja yang menjadi ciri-ciri tanah subur yang baik untuk aktivitas pertanian? Pertanyaan seperti ini mungkin sering muncul di dalam benak Anda. Secara umum, yang dimaksud dengan kesuburan tanah adalah suatu kondisi dan kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman dengan berbagai komponen yang ada di dalamnya.

Tanah yang subur adalah impian semua orang. Tidak ada seorangpun yang menginginkan tanah mereka tidak subur. Bagi petani, tanah yang subur merupakan media yang sangat penting karena dapat berpengaruh terhadap bentuk tanaman yang dihasilkan. Untuk itu, perlu adanya pengetahuan untuk mengenal ciri-ciri tanah yang subur. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasan berikut ini.

Kadar hara tinggi

Hara merupakan salah satu zat paling penting yang diperlukan oleh tanaman. Salah satu cara untuk mengetahui tanah tersebut mengandung hara atau tidak yaitu bisa dengan melihat warna tanah. Tanah yang mengandung banyak hara biasanya mempunyai warna khas yaitu coklat kehitaman. Akan tetapi, ini bukan patokan utama untuk menentukan tanah tersebut subur atau tidak.

Kadar PH netral

Tanah yang subur memiliki kadar PH yang netral yaitu berkisar antara 6,5-7,5. Hal ini berpengaruh terhadap ketersediaan berbagai unsur di dalam tanah. Dengan PH yang netral, tanah mempunyai kemungkinan untuk memiliki berbagai unsur kimiawi tanah yang seimbang dan akan lebih mudah menyerap ion-ion unsur hara serta menjaga mikroorganisme tanah. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi PH tanah yaitu bahan induk tanah, pertumbuhan tanaman, vegetasi alami, pengendapan, kedalaman tanah, dan pupuk nitrogen.

Lahan Pertanian

Memiliki tekstur lempung

Tanah yang subur akan bertekstur lempung yang berfungsi untuk mengikat berbagai mineral sehingga tidak mudah hanyut terbawa air. Selain itu, kandungan pasir yang cukup juga berfungsi sebagai drainase.

Terdapat organisme tanah

Organisme dalam tanah berperan sebagai pengurai unsur-unsur yang terkandung dalam tanah dan dapat dimanfaatkan oleh tanaman. Contoh organisme tanah adalah cacing. Cacing mampu membuat tanah menjadi gembur sehingga membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal.

Mengandung unsur mineral

Tanah yang subur memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tanaman. Mineral diperlukan oleh tanaman terutama untuk mengalirkan zat-zat dalam proses fotosintesis. Unsur mineral diantaranya seperti boron, kobalt, besi, mangan, zink, magnesium, klorin, molibdenum, dan sulfur.

Cocok untuk berbagai tanaman

Cara yang paling mudah untuk mendeteksi tanah subur atau tidak adalah dengan melihat secara langsung vegetasi tanaman di atas tanah tersebut. Tanah yang subur akan mudah ditumbuhi berbagai macam tanaman.


Nah, itulah 6 ciri tanah subur yang baik untuk kegiatan pertanian. Mengetahui ciri-ciri tanah yang subur sangat penting, terutama petani, karena dapat menentukan apakah suatu tanaman layak dibudidayakan atau tidak.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow