0
22
0
Demi Kebaikan, 6 Hal Buruk Ini Harus Dihindari Saat Berpuasa
2 weeks 'ago'

Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan memang penuh dengan makna. Bukan hanya tentang menahan diri dari lapar dan haus saja, melainkan kita dituntut untuk menahan diri dari berbagai hal yang kurang baik. Agar puasa kamu lebih sempurna, kamu harus menghindari enam hal buruk berikut ini.

1. Hindari perkataan yang kurang enak didengar

Untuk mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT, kita harus menjaga lisan ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Hindari perkataan yang kurang enak di dengar agar pahala puasa kita tidak berkurang sedikit pun.

2. Sebisa mungkin kita harus menahan amarah saat berpuasa

Berpuasa mengajarkan kita kepada kebaikan. Apa pun godaan ketika sedang berpuasa, sebisa mungkin kita harus menahan emosi dan amarah. Karena puasa mengajarkan kita untuk lebih sabar.

3. Jangan mengeluh, karena puasa mengajarkan kita untuk lebih kuat

Menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari memang tidak mudah. Badan akan terasa lemas karena seharian tidak ada makanan yang masuk. Namun jangan mengeluh karena puasa mengajarkan kita untuk lebih kuat. Mengeluh juga akan mengurangi pahala puasa kamu.

4. Bagaimanapun keadaannya, kita tidak boleh kufur nikmat

Tidak semua orang menjalani bulan Ramadan dengan suka cita. Karena banyak sekali orang di luar sana yang tidak punya uang dan berbuka dengan seadanya saja. Maka dari itu kita tidak boleh kufur nikmat. Bagaimana pun keadaanya kita harus tetap bersyukur kepada Allah SWT.

5. Jangan bergunjing atau membicarakan keburukan orang lain

Bergunjing atau membicarakan keburukan orang lain tidaklah baik meski sedang tidak berpuasa sekali pun. Apalagi ketika sedang menjalani ibadah puasa, tentunya hal itu akan mengurangi pahala kita. So, lebih baik hindari hal buruk tersebut, ya!

6. Jangan berbohong ketika sedang berpuasa

Jika kita menjalankan ibadah puasa dengan baik makan pahala kita akan berlipat ganda. Tetapi jika kita menjalankan ibadah puasa dan masih suka berbohong, tentunya pahala kita akan berkurang. Jadi kamu jangan berbohong ketika sedang berpuasa, oke!

Jangan sia-siakan bulan suci Ramadan. Lakukan ibadah puasa dengan sebaik mungkin agar mendapat pahala yang berlipat dari Allah SWT. Karena berpuasa tapi tidak menghindari hal buruk sama saja dengan menaruh air di ember bocor. Percuma, kan?

Follow Us On :
Lencana
Kongkow