0
11
0
7+ Wisata Sawah Ini Tak Kalah Instagenic, Kamu Wajib Kunjungi, Dears!
2 weeks 'ago'

Dears,  menikmati udara bebas merupakan hal yang menyenangkan, bukan? Setelah beraktivitas sepanjang hari, kamu bisa beristirahat untuk mengembalikan semangat dan energi yang telah terpakai. Apalagi kalau liburan atau tamasyanya bersama orang-orang tersayang. Pasti tambah menarik dan seru, ya.

Nah, mungkin kamu bosan dengan suasana liburan yang menyajikan pemandangan pantai atau gunung. Jangan khawatir, Dears, sekarang kamu bisa menikmati suasana sejuk lainnya dengan menjelajahi pematang sawah, loh.  Bukan hanya itu saja, bahkan tempat ini bisa jadi spot foto instagenicmu. Yuk, simak 8 wisata sawah berikut ini.

1. Wisata Sawah Sukorame

instagram.com/pesonaimogiri/@gunawanjir

 

Destinasi instagenic ini terletak di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul. Kamu dapat menjelajahi hamparan sawah dengan berjalan di sepanjang jembatan bambu. Suasana yang berbeda membuat destinasi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di sini juga disediakan gardu pandang untuk menikmati pemandangan sawah yang hijau. Tak hanya itu, kamu pun dapat berswafoto tanpa terkena lumpur.

 

2. Ekowisata Subak Sembung Peguyangan

instagram.com/@tudeastina

Wisata subak cocok untuk mengisi liburan kamu, apalagi saat liburan panjang. Keindahan alam di sini sangat baik buat tubuh, karena jauh dari polusi udara di kota. Dengan ditetapkannya subak sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO dapat menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke Bali. Mereka berkunjung untuk menikmati panorama sawah nan hijau dengan sistim subak. Salah satunya adalah ekowisata Subak Sembung yang berlokasi di Peguyangan, Denpasar Utara. Di kawasan ini terdapat sarana jogging track. Para pengunjung dapat ber-jogging di sini sambil menghirup udara segar dan menikmati suasana sawah yang nyaman.

 

3. Persawahan Argopuro Patemon

instagram.com/@uswahhfaroeq310118

 

Sawah yang sangat unik ini bakal cocok untuk destinasi liburan kamu, loh. Seorang pemuda dari Desa Patemon telah mengubah sebuah sawah menjadi tempat wisata yang indah. Tepatnya di Jalan Kramat Sukoharjo, Patemon, Tanggul, Jember. Sawah Argopuro ini pas untuk memanjakan mata dan berswafoto. Konsep yang artistik membuat sawah Argopuro terlihat indah. Bukan hanya sebagai spot wisata yang menarik, tetapi persawahan ini bisa juga dipakai untuk mendorong banyak orang beraktivitas di luar rumah.

 

4. Wisata Sawah Desa Pujon Kidul

instagram.com/@farie_adie

 

Suasana sawah dengan konsep yang berbeda ini menghadirkan pemandangan yang indah. Berlokasi di kota Apel, tepatnya berada di Desa Pujon Kidul. Kawasan ini di kelilingi pegunungan yang hijau, cocok menjadi spot cantik untuk berswafoto. Tidak hanya berfoto saja, kamu pun bisa menikmati fasilitas yang ada seperti persewaan ATV dan menunggang kuda. Bukan seperti wisata sawah lainnya, di sini juga terdapat wisata edukasi pertanian. Oh ya, kamu tak perlu khawatir dengan keindahan wisata sawah ini. Sungguh, tempatnya asyik sekali. Ada taman nan bagus untuk bersantai sambil menikmati panorama alam terbuka.

 

5. Sawah Art Village

instagram.com/@infotripjog

 

Salah satu destinasi yang mengusung konsep sawah ini terletak di Dusun Bleber Lor, Sumberharjo, Prambanan, Sleman. Sawah ini dikelola begitu kreatif. Sering mendengar seni lukis Tanbo Art ala Jepang? Seni ini merupakan seni melukis di sebidang tanah pertanian sebagai pengganti media kanvas. Nah, Sawah Art Village ini disulap menjadi seni Tanbo Art dengan gaya sederhana. Kamu bisa menikmati ribuan padi dengan berbeda warna yang berbentuk pola binatang, benar-benar menawan. Di tempat ini juga tersedia gardu pandang untuk berfoto sesuka hati.

 

6. Wisata Tengah Sawah (Wates)

instagram.com/@noviovi_

 

Lokasinya masuk ke daerah Somawangi, Mandiraja, Banjarnegara. Pengelola menyediakan gardu pandang berbentuk menara untuk menikmati hamparan sawah yang hijau. Kamu bisa berswafoto di bangunan yang terbuat dari rangkaian bambu. Selain itu, ada jembatan bambu yang menambah keindahan tempat wisata ini. Apalagi ketika musim tanam padi, pemandangan hijau nampak begitu indah. Di tempat ini kamu akan merasakan ketenteraman yang luar biasa.

 

7. Wisata Umo Teluk

instagram.com/@sac_image

Umo Teluk yang terletak di Desa Muaro, Jambi ini menjadi destinasi yang cukup indah di dekat candi Muaro Jambi. Hamparan sawah ini disulap dengan konsep yang cukup menarik hingga menjadi tempat yang instagramable. Banyak pernak-pernik seperti orang-orangan sawah dan akar pohon yang dibentuk bermacam-macam model. Tak hanya itu, di Umo Teluk ada juga tempat bermain untuk anak-anak. Dears, kamu bisa mengambil berbagai spot foto instagenic dengan latar belakang areal persawahan yang lucu dan unik. Yang pasti, tak kalah keren dengan objek wisata lainnya.

 

8. Desa Wisata Melung

instagram.com/@gojavacam

Wisata alam mulai banyak diminati, baik generasi muda maupun tua. Salah satunya kawasan wisata ini, berada di Desa Melung, Kedungbanteng, Banyumas. Bermodalkan keasrian alamnya dengan hamparan sawah berbentuk terasering dan bebatuan yang khas. Daerah ini layaknya sebuah tempat wisata persawahan di Bali. Kamu bisa menikmati keindahan hamparan sawah sambil merasakan kesejukan udara pegunungan. Selain itu, kamu juga bisa camping di atas bukit.

Liburan tak harus berada di tempat yang mahal, kan, Dears? Jelajah pelosok desa dengan menikmati hamparan sawah pun bisa membuat liburan kamu jadi seru. Nah, 8 wisata sawah tadi bisa kamu jadikan spot instagenic dan destinasi berikutnya. Tapi ingat, pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak mengganggu liburanmu, ya. Happy Traveling!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow