0
49
0
Hati-Hati! Kegiatan Ini Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan
2 months 'ago'

Setiap orang umumnya memiliki kegiatan yang sering mereka lakukan setelah makan. Dan biasanya kegiatan tersebut bergantung dengan waktu atau jam makan hingga dengan jenis makanan tertentu. Makan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan manusia yang bertujuan untuk memberikan energi serta nutrisi kepada tubuh. Akan tetapi terkadang kita kerap terburu-buru saat makan karena ingin melakukan kegiatan yang lain. Tanpa disadari, ternyata banyak aktiviitas yang dilakukan setelah makan malah berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah makan:
1. Merokok

Banyak sekali orang yang merokok usai makan. Padahal menurut penelitian dengan menghisap satu batang rokok setelah makan sama dengan menghisap rokok sebanyak 10 batang sehingga dampak bahayanya akan meningkat 10 kali lebih tinggi pada kesehatan Anda.

2. Mengendurkan ikat pinggang
Membesarnya ukuran perut sesudah makan memang menjadi hal yang wajar dan membuat begah. Tidak heran jika sebagian orang kerap mengendurkan ikat pinggangnya usai makan. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ternyata hal ini akan mengganggu kerja sistem pencernaan di mana usus akan menjadi terbelit

3. Minum air es
Meminum air es usai menyantap hidangan memang sangat menyegarkan. Akan tetapi dibalik kesegarannya, ternyata air es memicu gangguan pada sistem pencernaan makanan. Air es yang dingin dapat membekukan makanan, terutama makanan berlemak. Akibatnya lemak yang membeku akan tertimbun di dalam usus yang memicu terjadinya penyempitan pada saluran pencernaan sehingga mengakibatkan kegemukan serta kembung pada perut. Sebaiknya minumlah air hangat setelah makan sebagai solusinya.

4. Mengkonsumsi buah-buahan
Selama ini banyak sekali orang yang beranggapan bahwa buah adalah pencuci mulut yang baik usai makan. Padahal dengan mengkonsumsi buah usai makan akan memicu kembung para perut karena sifatnya yang memfermentasi makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari buah, maka Anda bisa memakan buah 1 jam sebelum atau sesudah makan agar nutrisi yang terdapat di dalamnya dapat diserap dengan baik oleh tubuh

5. Tidur
Rasa ngantuk memang kerap datang usai makan. Akan tetapi Anda harus menahan godaan untuk tidur usai makan. Hal ini dipercaya akan menggangu pencernaan serta membuat perut kembung karena makanan tidak dicerna dengan baik. Selain itu, tidur sesudah makan juga memicu kerusakan pada organ pencernaan seperti infeksi pada usus dan lambung.

Nah bagaimana, apakah Anda sering melakukan kebiasaan di atas setelah makan? Jika sering, Anda harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow