0
26
0
7 Tanaman Pot untuk Panen Buah Segar di Rumah
3 weeks 'ago'

 

Lihat ke www.dekoruma.com

Bukan cuma berkebun sayuran atau menanam bunga, merawat tanaman pot berupa tanaman berbuah yang memberikan hasil tentu bisa menjadi alternatif hobi yang sangat produktif. Tahukah kamu bahwa tanaman berbuah dapat dikembangbiakkan dalam pot, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar?

Yuk, coba simak berbagai tanaman pot dengan hasil buah yang tentu dapat menyuplai keperluan kudapan bergizi bagi keluarga.

Tomat

tanaman pot berupa tanaman tomat kecil merah dan hijaugreenhousepeople.co.uk

Tidak perlu sering mengunjungi pasar lagi kalau kamu memutuskan untuk memiliki tanaman tomat di rumah. Cara menanam tanaman pot ini pun tidak sulit.

Tentukan lokasi di rumah yang terpapar sinar matahari selama minimal enam jam setiap hari sebagai tempat menaruh tanaman pot ini. Pilih bibit tomat yang berkualitas dan pot tanaman yang berdiameter sekitar 40 cm. Siapkan media tanam dengan baik, terutama karena tanaman pot tomat cukup rentan terhadap hama.

Rutinlah menyiram dan membasmi hama, dijamin tanaman pot ini akan dapat menyuplai keperluan tomat untuk masak-memasak di dapur.

Jeruk

tanaman pot berupa jeruk dalam pot ukiran tanah liatkindery.co

Siapa yang tidak kenal dengan jeruk, buah manis yang menjadi favorit masyarakat Indonesia? Tentu tanaman jeruk dapat menjadi pilihan bagi tanaman pot di rumah.

Pilihlah pot dari plastik, porselen, atau tanah liat, lalu isi dengan campuran tanah dan pupuk. Semaikan bibit jeruk khusus dan tempatkan tanaman pot ini di areal rumah yang mendapatkan sinar matahari.

Ingatlah bahwa tanaman jeruk membutuhkan sistem drainase yang baik, jadi penyiraman harus dalam jumlah secukupnya, tetapi rutin dilakukan.

Alpukat

biji alpukat ditanam di pot putih dan tumbuh tunasavoseedo.com

Buah tropis dengan segudang nutrisi, alpukat disukai karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat. Siapa sangka kalau buah favorit ini bisa dijadikan tanaman pot yang mudah dikembangbiakkan?

Cukup rendam biji alpukat hingga berkecambah, lalu pindahkan ke media tanah dalam pot. Rata-rata, tanaman pot ini akan berbuah setelah 3-4 tahun atau lebih.

Belimbing

tanaman pot belimbing mudashutterstock.com

Buah berbentuk bintang ini pasti punya penggemarnya tersendiri. Tanaman belimbing adalah salah satu tanaman tropis yang bisa tumbuh hingga 5 meter dan bercabang-cabang.

Untuk menjadikan belimbing sebagai tanaman pot yang panennya berhasil, pilih pot yang berukuran agak besar sekitar 30-50 cm. Walaupun perawatan tanaman pot ini tergolong cukup standar, kamu harus menggunakan media tanam yang cenderung ringan dan gembur supaya daya serap air mencukupi agar tanaman pot belimbing ini tumbuh besar.

Semangka

tanaman pot semangka dan daun hijauaromastar.club

Jangan tertipu bentuknya yang bulat besar, sebenarnya semangka juga bisa dijadikan tanaman pot asalkan kamu mengetahui cara menanamnya yang benar. Walaupun bersifat layaknya tanaman merambat, semangka dapat menjadi tanaman pot yang tumbuh secara vertikal.

Pilih pot yang cukup dalam dan berukuran besar dengan diameter sekitar 60 cm. Semailah bibit tanaman semangka, lalu tempatkan tanaman pot ini di areal rumah yang terpapar sinar matahari.

Jika kamu memiliki teralis sebagai pagar rumah atau sebagai pembatas di depan teras rumah, menempatkan tanaman pot ini di depan teralis akan menyokong perambatannya sehingga semangka dapat tumbuh secara vertikal.

Mangga

tanaman pot berbuah mangga muda hijaublog.nurserylive.com

Siapa sih yang tidak doyan buah mangga? Penuh aroma dengan daging buah yang lembut dan manis, mangga cocok disajikan sebagai hidangan pencuci mulut yang penuh gizi. Tanaman mangga membutuhkan iklim tropis agar dapat tumbuh besar. Tidak heran jika kamu sering melihat tanaman ini di pekarangan perumahan sekitarmu.

Walaupun mangga dapat menjadi tanaman pot, pada dasarnya, ia memerlukan lahan dengan luas tertentu untuk bisa dikembangkan. Pot yang digunakan pun disarankan agar berukuran besar dan dibuat dari bahan yang kokoh dan tidak mudah pecah. Dari masa penyemaian hingga dewasa, tanaman pot ini akan berbuah mangga setelah ia tumbuh selama sekitar 5-8 tahun.

Stroberi

tanaman pot stroberi dalam pot tanah liat dengan dekorasi lebah menempelplantinstructions.com

Stroberi adalah salah satu tanaman pot yang paling cocok ditanam di dalam rumah. Tergolong sebagai tanaman pot yang mudah dikembangbiakkan, stroberi tidak membutuhkan pot atau ruang yang terlalu besar dan perawatannya juga cukup mudah.

Pastikan kalau tanaman pot ini tetap terkena sinar matahari secara teratur, minimal 6 jam setiap hari. Saat ini sudah banyak varietas bibit stroberi yang bisa tumbuh ranum, besar, dan manis, sehingga kamu tidak perlu khawatir mencari bibit stroberi yang kamu inginkan di pasaran.

Saat membicarakan tanaman pot, tentu kamu akan berpikir bahwa tidak mungkin tanaman berbuah akan bisa ditanam di pot. Namun, dengan persiapan dan perlengkapan bertanam yang tepat, ketujuh tanaman pot ini tentu dapat tumbuh subur.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow